Membangun Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Rasa percaya diri yang tinggi merupakan refleksi seseorang dalam hal penilaian diri. Dalam hidup kita, penting untuk tetap bekerja dan mempertahankan rasa percaya diri yang tinggi.

Menurut Abraham Maslow, seorang psikolog Amerika, kebutuhan untuk percaya diri muncul dari kebutuhan kita akan cinta, penghargaan, persahabatan, dan pengakuan, dan tergabung dalam jiwa seseorang. Percaya diri yang tinggi dikaitkan dengan perasaan kemampuan, kapasitas kompetensi, dan independensi. Tingkat percaya diri membawa pengakuan dan penghormatan dari orang lain, dan juga memaksimalkan potensi penuh. Teori modern tentang percaya diri menjelaskan bahwa manusia  selalu lebih termotivasi untuk mempertahankan menjunjung tinggi untuk diri mereka sendiri.

Membangun Rasa Percaya Diri

Membangun percaya diri diri adalah proses panjang yang membutuhkan banyak usaha, keberanian dan kesabaran, karena hidup seperti grafik, naik dan turun. Di lain sisi terdapat harga diri yang membutuhkan banyak kepercayaan diri untuk membangunnya. Hal ini ditandai dengan kompetensi internal dan rasa nilai pribadi.

Menerima diri apa adanya
Cara yang paling penting untuk membangun rasa percaya diri adalah menerima diri anda apa adanya. Belajarlah untuk mengenali kekuatan dan kelemahan. Setelah anda telah menerima diri anda, sekarang saatnya untuk bersikap kritis terhadap kemampuan dan kapasitas. Ada perbedaan tipis antara menjadi kritis dan mengkritik, yang menjadi sarana penting dalam mengevaluasi diri untuk memperbaiki diri, memperkuat nilai positif, dan bekerja untuk menghilangkan unsur negatif. Mengkritik lebih tentang kesalahan, alasan untuk tidak melakukan sesuatu, dan percaya diri yang memiliki nilai kecil atau tidak sama sekali. Tegaskan diri anda secara positif dengan pernyataan positif, tindakan dan perbuatan, melakukannya sehari-hari dan melihat perubahan dalam diri anda dalam waktu yang singkat.

>>  Motivasi Diri dalam Menurunkan Berat Badan

Penilaian Positif
Untuk menilai dan komparatif tentang diri sendiri dan orang lain adalah sifat dasar manusia. Meskipun, kita tidak bisa menghindarinya, kita bisa mengubahnya untuk memastikan hasil yang positif untuk diri kita sendiri. Ketika kita membandingkan diri kita terus-menerus untuk mereka yang lebih baik, tanpa membuat upaya untuk berbuat lebih baik, kita merendahkan diri kita sendiri.

Berhenti Mengeluh
Mengeluh hanya akan membawa efek negatif. Ada banyak cerita yang terjadi dalam hidup kita, bahwa kita tidak memiliki kekuasaan atas sesuatu. Melepaskan  emosional adalah penting untuk membangun kepercayaan diri. Berhenti menyalahkan orang lain dan keadaan anda.

Contoh Tindakan Membangun Kepercayaan Diri

  • Menunjukkan rasa terima kasih terhadap keluarga, teman, kesehatan, dan setiap aspek positif lain dari kehidupan anda.
  • Bekerja menuju masa depan yang lebih baik daripada mengkhawatirkan tentang hal itu.
  • Memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang tidak dapat diperbaiki.
  • Sebuah kegiatan yang sangat baik dalam kelompok seperti liburan dengan keluarga dan teman-teman, atau menjadi bagian dari organisasi zakat.
  • Tetapkan tujuan yang realistis, dan menyadari potensi anda.

Harga diri yang tinggi adalah tentang mempercayai diri sendiri dan belajar untuk mengatasi tantangan dalam hidup. Ketahuilah bahwa setiap orang layak akan kebahagiaan dan kesuksesan!

,

Comments are closed.