Interview Kerja Melalui Telepon

Interview kerja melalui telepon telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk memilih karyawan mereka. Hal ini bisa menjadi rumit dan sulit, tetapi jika benar dalam menanganinya maka dapat membuat anda sukses. Selain itu hal ini juga dapat sedikitnya menilai kualitas calon pekerja secara sekilas.

Pernahkah anda menghadapi wawancara kerja lewat telepon? Meskipun, tampaknya lebih mudah daripada duduk di depan pewawancara dan menjawab pertanyaan wawancara, namun ini sangat rumit dan bisa lebih sulit dari yang anda harapkan, karena ketidaktahuan terhadap persiapan pasti bisa mengacaukan pembicaraan. Selanjutnya, anda bisa kehilangan kesempatan emas atas pekerjaan hanya karena panggilan telepon. Tentu saja, pertanyaan dan jawaban anda akan tidak berbeda dari orang-orang dalam kasus wawancara biasa. Jadi, tips interview kerja tetap berlaku meskipun dalam kasus interview via telepon.

Wawancara ini digunakan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi berbagai fitur kandidat. Cara ini dipakai untuk menghemat waktu atau meminimalkan biaya yang terkait dalam wawancara para calon pekerja, terutama yang tinggal di luar kota. Alasan yang bervariasi dan selalu lebih baik, dipersiapkan untuk wawancara saat anda aktif dalam mencari pekerjaan. Anda tidak pernah tahu kapan perekrut mungkin memberikan panggilan dan membuka percakapan dengan anda.

Tips interview kerja via telepon

  • Memperbaiki tempat di mana anda akan mendapatkan panggilan telepon sewaktu-waktu. Pastikan tempat ini tenang dan tidak ada gangguan dalam jaringan. Suara eksternal dan gangguan bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu selama wawancara.
  • Selalu menyiapkan alat tulis dan catatan.
  • Nonaktifkan sistem panggilan yang lain.
  • Jika pewawancara akan menelepon anda dan waktu yang dijadwalkan telah berlalu, tunggulah panggilannya satu hari dan kemudian anda dapat memanggil mereka kembali.

Sebagian besar hal di atas ini dapat dilakukan hanya jika panggilan wawancara sudah dijadwalkan. Jadi, bagaimana jika anda tiba-tiba mendapat telepon dari seorang perekrut untuk lowongan pekerjaan? Mungkin itu adalah panggilan wawancara yang tepat atau hanya untuk memperbaiki sebuah wawancara, tetapi anda harus sama baiknya saat menjawab. Ingat, percakapan dua menit juga dapat dapat berpengaruh jika anda tidak menanganinya dengan baik.

Larangan selama interview kerja lewat telepon

  • Jangan makan atau merokok selama panggilan.interview kerja
  • Jangan berbicara sangat lambat atau terlalu cepat. Jadilah cukup keras dan berbicara dengan tenang sehingga pewawancara dapat dengan mudah memahami apa yang anda bicarakan.
  • Jangan takut dan berbohong, katakan bahwa anda tidak tersedia dan meminta untuk menelepon kembali nanti. Ini mungkin kesempatan terakhir dan perekrut mungkin mengerti.
  • Kejelasan suara sangat penting.
  • Dengarkan pewawancara dan jangan menyela.
  • Ambil alat tulis dan kertas segera setelah anda mendapatkan panggilan, anda mungkin diminta untuk datang ke perusahaan untuk interview lebih lanjut. Jadi alamat kontak dan nama pewawancara anda harus dicatat dengan benar, bukan anda yang memanggil mereka kembali nanti untuk hal yang sama.
>>  Pertanyaan Wawancara Kerja yang sering Ditanyakan

Teknik wawancara

  • Meskipun anda diwawancarai melalui telepon, cobalah untuk menciptakan suasana sebuah wawancara. Ini akan meningkatkan tingkat kenyamanan antara anda dan pewawancara.
  • Membuat nada yang layak selama percakapan.
  • Dengarkan baik-baik dan selalu meminta untuk mengulangi pertanyaan jika anda tidak dapat memahaminya. Ini lebih baik daripada memberikan jawaban yang tidak relevan tanpa memahami pertanyaan.
  • Berpikir dan menjawab, tidak menjawab tergesa-gesa.
  • Berikan jawaban singkat dan mengambil jeda yang tepat. Menggunakan kalimat panjang tanpa jeda akan membuat sulit bagi pewawancara untuk menafsirkan apa yang anda katakan.
  • Jangan mengacu pada catatan saat menjawab. Pikirkan dengan baik, pewawancara dapat dengan mudah mengetahui bahwa anda membaca sebuah teks tertulis.
  • Selalu ingat untuk berterima kasih kepada pewawancara untuk panggilan dan waktu.
  • Dalam hal jika anda benar-benar sibuk dan tidak bisa menerima telepon, jelaskan situasi itu kepada pewawancara dan meminta lain waktu. Jangan mengakhiri panggilan. Jika anda benar-benar tidak bisa menerimanya, kirim pesan permintaan maaf dengan alasan yang tepat dan menelepon kembali setelah anda bisa.

Tips yang disebutkan di atas pasti akan membantu anda mengatasi percakapan wawancara lewat telepon. Sebuah wawancara yang diadakan melalui telepon dapat menjadi kesempatan besar untuk mengesankan perekrut dengan suara yang penuh percaya diri, nada yang layak dan pendekatan yang tenang. Ingat, panggilan durasi pendekpun dapat menjadi proses seleksi. Jangan bodoh dan ketakutan tentang wawancara tersebut, satu panggilan dapat membawa anda satu langkah ke depan, menuju tujuan karir anda.

 
  Incoming Keywords: wawancara di telephone, wawancara by phone dan cara menjawab, tes wawancara via telepon, cara interviu lewet teepon, pertanyaan interview lewat telephone, percakapn wawancara via telp, panggilan interview lewat telepon, di interview lewat telefon, contoh panggilan interview via telepon, wawancara via telephone

, ,

Comments are closed.