Deskripsi dan Tugas Pokok dari Asosiasi Marketing

Sebuah asosiasi marketing adalah yang bertanggung jawab untuk menangani berbagai tanggung jawab dan tugas-tugas di departemen pemasaran. Banyak aspek dari pekerjaan pemasaran untuk menyertakan riset pasar yang efektif, perencanaan pasar, iklan, dan bekerja di bawah kepala pemasaran untuk membuat berbagai program yang berhubungan dengan pemasaran produk.

Pengertian Marketing

Ada berbagai tugas dan kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan ini. Sebuah asosiasi marketing harus melaksanakan berbagai tugas dan beberapa tanggung jawabnya sbb;

Melakukan analisis pasar
Sebuah asosiasi marketing bertanggung jawab untuk menganalisis karakteristik penting dari pasar seperti ukuran pasar, peluang pertumbuhan, tren pasar, daya tarik pasar, pesaing, harga, kegiatan penjualan, analisis, keinginan dan fitur lain dari pasar. Hasil analisisnya muncul setelah studi yang mendalam tentang tren pasar.

Melakukan tugas pemasaran
Dengan bekerja sama dengan perusahaan periklanan, asosiasi marketing  dapat meningkatkan prospek keberhasilan produk. Seperti contoh; penempatan iklan di koran dan di website merupakan tugas rutin. Selain itu, marketing juga mengkoordinasikan kegiatan yang berhubungan dengan promosi melalui event management dan vektor lainnya.

Otentikasi
Asosiasi marketing harus proaktif dalam memastikan bahwa informasi yang berkaitan dengan produk dan fitur-fiturnya yang disebutkan dalam program yang otentik. Hal ini menambah banyak tanggung jawab untuk asosiasi marketing, karena harus menyadari berbagai kode etik yang ditetapkan oleh badan pengawas untuk pemasaran produk.

Perencanaan dan penelitian
Ini tidak berarti bahwa rencana pemasaran hanya merancang untuk memastikan keberhasilan dari program pemasaran. Setelah menganalisa ancaman dan peluang di pasar, perencanaan pasar yang efektif merupakan bagian integral dari deskripsi kerja asosiasi marketing. Menggunakan berbagai alat pemasaran memastikan bahwa waktu, uang dan sumber daya akan dapat digunakan secara efektif.

>>  Cara Marketing dalam Menjalankan Pemasaran yang Baik

Hubungan dengan pelanggan
Marketing bertanggung jawab untuk menangani kegiatan dan tugas yang berkaitan dengan informasi pelanggan produk. Dengan menyelenggarakan seminar dan acara, marketing harus langsung dan tidak langsung menginformasikan kepada pelanggan tentang efektivitas produk. Membuat pelanggan akrab dengan produk juga merupakan bagian dari program pemasaran.

Menjadi Marketing

  1. Carilah sarjana atau gelar asosiasi atau pascasarjana dalam pemasaran atau administrasi bisnis yang serupa. Pengetahuan tentang keuangan juga penting.
  2. Pengalaman kerja atau magang selama kuliah sangat membantu.
  3. Sertifikasi online sambil terus bekerja juga sangat membantu.
  4. Harus memiliki keterampilan komunikasi yang efektif.
  5. Harus menyadari etika bisnis dan berurusan dengan klien dan pelanggan.
  6. Kemampuan yang sangat baik untuk menangani teknologi dan komputer.
  7. Harus memiliki keterampilan kepemimpinan untuk memimpin tim dan juga harus menjadi pemain baik.

Dalam beberapa tahun terakhir, internet marketing telah berkembang sebagai alat yang hebat untuk produk iklan dan pemasaran, sepertinya pemasaran online telah menjadi posisi menguntungkan di banyak perusahaan. Tugas yang terkandung dalam deskripsi pekerjaan pemasaran online termasuk menangani semua masalah yang berkaitan dengan pemasaran produk melalui internet. Karir peluang di bidang marketing banyak dan jika anda menyelesaikan sekolah dengan baik dan bekerja keras maka dapat membantu anda sukses.

 
  Incoming Keywords: asosiasi marketing, tugas marketing iklan koran

,

Comments are closed.