Penyebab, Gejala dan Pengobatan Infeksi Kulit Selulitis

Selulitis adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit kulit ini menyebabkan peradangan dan pembengkakan kulit. Kata ‘selulitis’ berarti peradangan dari jaringan tubuh, khususnya yang berada di bawah kulit, dan berhubungan dengan pembengkakan serta rasa nyeri. Kondisi ini mencakup iritasi pada jaringan yang terletak di bawah kulit. Bakteri penyebab penyakit selulitis akan menempati daerah kulit yang terlihat pecah-pecah, kulit dalam kondisi terluka baik itu luka bakar, akibat gigitan serangga, dan luka bedah. Kemudian hal ini mulai menyebar persis di bawah kulit atau di bagian kulit itu sendiri. Dalam situasi semacam ini, maka akan timbul infeksi, yang menyebabkan iritasi pada sel, eritroderma, dan hidrops. Infeksi ini dapat mempengaruhi setiap bagian tubuh, wajah, kulit, dan betis yang biasanya rentan sekali terhadap hal seperti ini. Infeksi mulai menyebar dari daerah kecil, kemudian membengkak, dan akhirnya terjadi peradangan pada kulit.

Penyebab infeksi selulitis

Beberapa jenis bakteri menyebabkan selulitis, tetapi ada dua bakteri yang paling sering menyebabkan infeksi ini, yaitu bakteri streptococcus dan bakteri staphylococcus. Bakteri ini sudah terdapat pada kulit, tetapi akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Dalam arti yang lain, bakteri tersebut masuk dan bekerja dari celah-celah kulit yang pecah, dan tidak terlihat dengan mata telanjang. Kondisi yang memungkinkan bagi bakteri untuk dapat masuk ke dalam kulit diantaranya mencakup;

  • Gigitan serangga atau gigitan hewan lainnya
  • Ruam kulit
  • Luka dari bekas operasi bedah yang baru
  • Bisul pada kulit

Bakteri streptococcus memiliki kemampuan untuk menyebar dengan cepat, karena bakteri ini melepaskan enzim yang menyebabkan infeksi. Pneumococcus adalah jenis bakteri yang menyebabkan infeksi kulit selulitis yang parah dan juga disertai kondisi kulit bernanah. Dalam kebanyakan kasus, selulitis muncul di daerah kulit yang rusak pada tubuh. Hal ini juga dapat mempengaruhi daerah di sekitar bisul atau pada luka bedah.

Gejala selulitis

Ada banyak gejala selulitis seperti kulit yang terlihat memerah dan menyebabkan peradangan yang kemudian menyebar, bersama dengan penyebaran infeksi. Gejala lain termasuk ruam kulit, gemetar, kelelahan, dan nyeri pada otot. Seseorang yang menderita infeksi ini juga mungkin mengalami mual dan muntah, serta rambut rontok pada daerah sekitar kulit yang terinfeksi. Dalam kasus yang parah akan gangguan ini, garis-garis merah dapat dilihat bergerak ke atas dari daerah yang terkena. Pembengkakan menyebar sangat cepat, dan kulit yang terkena menjadi panas dan mungkin menjadi bopeng.

>>  Benjolan di Bawah Dagu

Pengobatan selulitis

Pengobatan yang banyak digunakan untuk selulitis adalah penggunaan antibiotik, yang dapat menghentikan penyebaran infeksi dan analgesik yang mengurangi rasa sakit. Obat antibiotik seperti penisilin, flukloksasilin, cefuroxime, dan eritromisin, biasanya akan dianjurkan untuk mengatasi infeksi kulit ini. Jika pasien memiliki alergi penisilin atau sefalosporin, maka dapat digunakan klindamisin dan vankomisin, yang termasuk obat antibiotik yang efisien. Amoksisilin dan asam klavulanat dapat digunakan dimana pengobatan antibiotik yang lebih luas diperlukan, seperti pasien penderita diabetes dengan ulkus kaki. Untuk mencegah komplikasi kulit, kita harus mengenakan pakaian dengan lengan panjang dan celana panjang, serta harus sangat menjaga kebersihan agar kulit selalu dalam kondisi bersih.

Ketik di browser pilemnajis.de.vc

Jika selulitis tidak diobati pada waktunya maka dapat menyebabkan komplikasi parah yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Jika salah satu gejala terkait didiagnosis, seseorang harus segera berkonsultasi dengan dokter kulit, yang akan memberikan obat-obatan yang diperlukan atau menyarankan beberapa perawatan untuk mengobati penyakit kulit selulitis.

 
  Incoming Keywords: selulitis adalah, selulitis, penyakit selulitis, penyebab selulitis, akibat infeksi kulit wajah, infeksi selulitis, penyakit selulitis pada kaki, obat sakit selulitis, penyakit kulit selulitis, pengertian selulitis

, , ,

Comments are closed.