Manfaat Vitamin K bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, tetapi tidak sebagaimana biasanya dianggap zat kimia tunggal. Vitamin K ini adalah keluarga dari zat kimia yang disebut naphthoquinones, yang kemudian dikategorikan menjadi tiga jenis dasar vitamin K; phylloquinones – dibuat oleh tanaman, menaquinones – yang dibuat oleh bakteri dan menadione – sintetik buatan. Untuk orang awam, keluarga vitamin K disebut vitamin K1, K2, dan vitamin K3.

Manfaat vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk memastikan kelancaran fungsi sistem tubuh kita. Hal ini disimpan dalam jaringan lemak dari tubuh manusia, dan memberikan tubuh dengan nutrisi yang memadai yang diperlukan untuk mensintesis vitamin lain juga. Berikut ini adalah beberapa alasan seperti mengapa vitamin ini penting.

Pembekuan Darah: vitamin k mempercepat pembekuan darah. Hal ini membantu dalam produksi prothrombin, suatu protein plasma yang diproduksi di hati dan diubah menjadi trombin, yang sangat penting untuk pembekuan darah.

Kesehatan Tulang: mencegah tulang dari menjadi rentan terhadap patah tulang. Hal ini membantu untuk mencegah atau memperlambat serangan osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh. Hal ini juga membantu dalam pembentukan tulang, dan mempercepat perbaikan jaringan.

Mencegah Kalsium berlebih: selain lemak, pembuluh darah juga bisa mengeras dengan penumpukan kalsium. Kondisi ini dikenal sebagai kalsifikasi. Vitamin K memberikan manfaat baik mencegah kalsifikasi, yang mengurangi munculnya penyakit kardiovaskular.

Manfaat vitamin K lainnya: meningkatkan fungsi hati yang sehat dengan membantu usus untuk mengubah glukosa menjadi karbohidrat. Selain itu juga membantu dalam pengolahan sistem syaraf otak.

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan seseorang kehilangan banyak darah melalui perdarahan menstruasi yang berat, perdarahan internal, atau perdarahan disebabkan melalui luka, sehingga terjadi pendarahan dan anemia. Penurunan kepadatan mineral tulang merupakan masalah lain yang berhubungan dengan kekurangan vitamin ini. Seseorang yang menderita penyakit hati, cystic fibrosis, dll di mana lemak tidak bisa diserap secara memadai atau benar, atau seseorang yang minum antibiotik untuk waktu yang lama (obat dapat menghancurkan bakteri dalam usus kita) akan lebih rentan kekurangan vitamin K.

>>  Vitamin K Menghilangkan Lingkar Hitam pada Mata

Vitamin K ditemukan dalam sayur-sayuran seperti kubis, kembang kol, bayam, kangkung, brokoli, dan buah-buahan seperti alpukat dan buah kiwi.

 
  Incoming Keywords: fungsi vitamin K, manfaat vit k, Apa manfaat vitamin k pada tubuh manusia, manfaat vitamin k pada tubuh manusia, mamfaat vitamin k pada tubuh, khasiat vitamin k, kegunaan vitamin k untuk menjegah penyakit, kegunaan vitamin k untuk mencegah penyakit apa, kegunaan pembekuan darah bagi tubuh kita, fungsi vit k

,

Comments are closed.