Motivasi Kerja & Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Motivasi kerja mengacu pada strategi yang digunakan untuk meningkatkan hubungan pengusaha dan pekerja dalam suatu perusahaan. Motivasi adalah kekuatan pendorong untuk karyawan dimana mereka berusaha untuk mencapai target dan tujuan  guna memenuhi harapan perusahaan. Ada beberapa teori yang berbeda dari motivasi dan penting bagi bos dan karyawan untuk menyadarinya.

Faktor motivasi kerja karyawan

Banyak pengusaha percaya bahwa pekerja akan termotivasi jika mendapatkan pendapatan setinggi mungkin. Faktor motivasi yang paling dasar dan utama dari manusia adalah keuntungan maksimum. Dalam hal ini pengusaha dapat memotivasi kerja mereka melalui peningkatan gaji, pembayaran tambahan melalui evaluasi kinerja dan keuntungan finansial lainnya seperti tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, dsb.

Faktor lain yang dapat memotivasi orang adalah sosialisasi di tempat kerja. Menurut manajemen yang baik, pengusaha harus memperhatikan kebutuhan karyawannya. Manajer harus selalu berusaha untuk menjadi koordinator atau pemandu. Dan kelompok kerja dan tim kerja akan meningkatkan hubungan manusia yang baik dalam perusahaan. Hal ini akan mengakibatkan peningkatan efisiensi pekerja dan kepuasan kerja. Melakukan kegiatan sosial yang memberikan kesempatan bagi karyawan dan staf manajemen untuk kumpul-kumpul dan berinteraksi satu sama lain dapat diakui dalam kategori ini. Beberapa kegiatan umum lain yang mendorong interaksi agar semakin termotivasi adalah seperti festival tahun baru, perjalanan tahunan, olahraga dan acara-acara kebudayaan.

Pemenuhan diri dapat dilihat sebagai kekuatan pendorong utama di balik beberapa pekerja. Karyawan tersebut mengharapkan kebanggaan tertentu pada tantangan kerja, dan tanggung jawab di tempat kerja. Mengenali karyawan atas kontribusi khusus mereka kepada perusahaan akan membantu untuk membangun kebanggaan di tempat kerja. Hal ini dapat dilakukan secara individu atau tim. Penghargaan seperti karyawan terbaik bulanan, penjualan terbaik, dapat diberikan kepada pekerja untuk memotivasi mereka.

Tapi jenis faktor motivasi harus selalu membangun perlakuan yang sama antara angkatan kerja. Memperlakukan semua pekerja dengan sama merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan kerja. Jika satu pekerja atau kelompok pekerja didiskriminasikan maka strategi manajemen sumber daya manusia perusahaan tersebut akan menjadi gagal total.

>>  Pentingnya Memiliki Hobi Positif dalam Hidup

Faktor lain motivasi kerja yang efektif adalah komunikasi dua arah. Para buruh harus memiliki kesempatan untuk menginformasikan hal-hal dan masalah mereka kepada manajemen, sementara manajer harus menginformasikan dan menjelaskan kepada tenaga kerja tentang keputusan yang dibuat mengenai perusahaan. Mempromosikan komunikasi baik atas dan ke bawah dalam sebuah perusahaan dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan antara karyawan dan bos dalam mengurangi jumlah perselisihan yang timbul di tempat kerja.

Dalam tujuan mempertahankan hubungan kerja yang baik, pelatihan dan pengembangan keterampilan karyawan dapat digunakan. Beberapa perusahaan mungkin berpikir bahwa pelatihan dan pengembangan keterampilan tenaga kerja merupakan biaya yang tidak diinginkan bagi perusahaan. Tapi karena hal ini akan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pekerja, itu akan membantu untuk mengurangi biaya produksi dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Bos harus mengidentifikasi pentingnya pelatihan karyawan untuk keterampilan mereka agar lebih tinggi.

Rencana motivasi yang paling baru-baru ini dikembangkan adalah kegiatan kesejahteraan. Menyediakan pinjaman perumahan, asuransi dan sumbangan kematian adalah kegiatan yang paling umum dilakukan. Menyediakan makanan bergizi, fasilitas transportasi, beasiswa anak karyawan, dan fasilitas penitipan anak juga termasuk kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan yang dapat membantu untuk meningkatkan motivasi kerja.

Konsep tanggung jawab sosial perusahaan ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan kerja dalam perusahaan. Mengevaluasi kinerja pendidikan dari anak-anak pekerja, memberikan cakupan pelayanan kesehatan bagi seluruh keluarga  menjadi kegiatan motivasi di bawah tanggung jawab sosial perusahaan.

Comments are closed.