Penyebab & Gejala Kekurangan Vitamin K

kekurangan vitamin k Vitamin K sangat bermanfaat untuk pembekuan darah. Kekurangan vitamin K ini dapat menyebabkan gejala seperti pendarahan. Seperti kita ketahui, setiap vitamin melakukan fungsi spesifik di dalam tubuh dan karenanya sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan. Demikian pula fungsi yang paling penting dari vitamin K adalah pembekuan darah. Ketika seseorang mengalami pendarahan, vitamin K memainkan peran penting dalam pembekuan darah yang mengurangi dan menghentikan pendarahan dan kehilangan darah. Vitamin K juga penting untuk perkembangan tulang dan mengatur penyerapan kalsium dalam tubuh. Wanita hamil juga disarankan untuk menyertakan makanan yang tinggi vitamin K dalam makanan mereka, karena ini juga diperlukan untuk perkembangan janin.

Penyebab Kekurangan Vitamin K

Seperti disebutkan di atas, tidak mengatur pola makan yang baik adalah salah satu penyebab utama kekurangan vitamin K dan semua kekurangan vitamin. Semua vitamin penting dan dibutuhkan oleh tubuh yang ditemukan dalam makanan yang diperoleh dari sumber nabati maupun hewani. Oleh karena itu, jika seseorang memiliki pola makan yang tidak tepat, yang tidak mengandung makanan sehat atau makanan yang mengandung vitamin K, maka orang tersebut mungkin kekurangan vitamin K. Di sisi lain,  penggunaan antibiotik dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin K. Demikian pula obat-obatan tertentu cenderung menurunkan kadar vitamin K dalam tubuh yang dapat menyebabkan defisiensi.

Gejala Kekurangan Vitamin K

Gangguan tulang dan perkembangan tulang juga ditemukan pada anak-anak yang menderita kekurangan vitamin K ini. Perlu dicatat bahwa anemia merupakan salah satu gejala yang paling menonjol dari kekurangan vitamin K pada wanita. Seperti halnya vitamin K mempengaruhi fungsi sel-sel darah, ada kemungkinan menyebabkan anemia dalam hal ini. Namun secara khusus ditemukan juga bahwa overdosis vitamin K pada anak-anak yang baru lahir dapat menyebabkan anemia. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa vitamin K dan anemia terkait satu sama lain. Berikut ini adalah tanda-tanda kekurangan vitamin K dan gejala pada anak-anak dan orang dewasa:

  • Sulit dalam pembekuan darah
  • Perdarahan pada gusi dan hidung
  • Perdarahan berlebih saat menstruasi
  • Perdarahan di saluran pencernaan
  • Mudah sekali memar
  • Rentan terhadap patah tulang
  • Osteoporosis
  • Osteopenia
  • Darah dalam urin
>>  Vitamin C untuk Mengobati Jerawat

Jika mengalami gejala-gejala seperti ini, ada baiknya agar berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosa kondisi. Sebagian besar sayuran seperti kubis, brokoli, dll merupakan sumber yang kaya vitamin K dan karenanya, harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari. Ada juga suplemen yang tersedia yang dapat membantu memperbaiki kekurangan vitamin. Namun suplemen hanya digunakan jika dalam keadaan yang parah saja dan harus diminum di bawah pengawasan dokter.

 
  Incoming Keywords: gejala kekurangan vitamin K, kekurangan Vit K dapat menyebabkan

,

Comments are closed.