Langkah Awal Mengajari Anak Belajar Membaca

anak membacaKetika tiba saatnya mengajari anak-anak untuk membaca, tidak semua orang tua akan mudahnya dengan pekerjaan itu. Beberapa orang tua mungkin merasa bahwa mereka tidak cukup mampu untuk menyerap keterampilan membaca pada anak-anak mereka karena mereka tidak pernah mengajarkannya kepada siapa pun sebelumnya. Namun dalam tujuan untuk mengajar anak-anak untuk membaca, semua yang diperlukan adalah kemampuan untuk membaca sendiri. Jika semuanya siap, langkah berikutnya adalah mengikuti beberapa strategi yang efektif pada pengajaran anak untuk membaca. Di bawah ini adalah beberapa tips yang paling berguna tentang cara untuk membuat anak meningkatkan pemahaman membaca.

Berlatih dan Belajar Membaca

Yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah apakah anak anda siap untuk itu. Ada juga anak-anak yang mencapai usia di atas dua tahun mereka siap untuk belajar membaca. Tapi tentu saja setiap anak berbeda. Seringkali anak dapat mulai bisa membaca pada usia empat atau lima tahun atau mungkin enam. Cara yang baik untuk mengetahui apakah anak anda siap untuk belajar membaca adalah mengamati dirinya. Apakah anda melihat dia membalik-balik halaman buku? Atau apakah dia merasa antusias ketika anda mengajarinya mengenal huruf?.

Duduklah dengan anak anda dan ambil buku cerita atau buku anak-anak apa pun. Bacalah kata-kata dengan keras dan letakkan jari anda pada kata-kata saat anda membacanya. Anak akan melihat kata-kata dicetak dan akan mencoba untuk mengasosiasikannya dengan suara mereka. Melihat anda membaca akan membangkitkan minat dalam menanamkan kebiasaan dalam dirinya.

Ketika anak-anak belajar bahasa, untuk membentuk kata-kata, mereka menggabungkan dengan bunyi ucapan dari huruf(ejaan). Cara pengajaran yang efektif adalah dengan menekankan pada bunyi huruf atau suku kata; misalnya, jika anda melihat ikan, tunjukkan kepadanya dan katakan, “iiii ikan” atau “poo pohon”. Satu hal yang perlu diingat saat mengajarinya adalah mengajari satu huruf per hari. Anak-anak perlu waktu untuk belajar hal-hal baru sehingga tidak membingungkan anak anda dengan mengajar dia dua tiga huruf dalam sehari.

>>  Tips Memilih Perguruan Tinggi

Penelitian telah menunjukkan bahwa jika anak-anak diajarkan membaca dan menulis berdampingan, hal itu membuat lebih mudah bagi mereka untuk membaca. Ketika anak-anak menggabungkan menulis dan membaca, huruf dan kata-kata bisa terukir dalam memori mereka. Jadi bersama dengan membaca sambil mengajarkan anak anda bagaimana menulis juga.

Mengajar anak-anak untuk membaca harus menyenangkan sehingga mereka tidak merasa stres melakukan hal itu. Cara yang baik untuk melakukan ini adalah mengajarkan seorang anak untuk membaca dengan buku anak-anak. Ada banyak gambar dari kata-kata yang digunakan dalam buku-buku cerita. Bacakan buku-buku cerita untuk anak-anak anda dan menekankan pada bunyi ejaan. Beberapa cara kreatif lainnya untuk membuat membaca jadi menyenangkan adalah untuk menyanyikan huruf dan kata-kata untuk anak-anak. Anda mungkin juga dapat menggunakan mainan anak seperti balok-balok huruf untuk membuat anak lebih mengenalnya.

Ketika mengajari anak-anak untuk melakukan sesuatu, kuncinya terletak pada praktek. Hal yang sama berlaku untuk membaca juga. Strategi pengajaran yang efektif pada awalnya adalah berlatih mengenal bunyi dari ejaan. Bersabar dan memberinya waktu untuk belajar dan menyerap setiap huruf atau kata baru. Dengan praktek belajar membaca yang terus menerus, dia akhirnya akan belajar bagaimana membaca dengan lancar.

 
  Incoming Keywords: cara mengajar anak membaca yang efektif, cara mengajari anak belajar membaca dan menulis, tips mengajari anak membaca, cara mengeja untuk anak, cara mengajarkan anak supaya cepat bisa membaca, cara mengajari anak membaca dan menulis, cara mengajari anak membaca, cara mengajari anak bisa membaca, cara medidik anak agar bs membaca, belajar membaca dg mudah

Comments are closed.