Manfaat Vitamin B6, Kandungan dan Akibat Kekurangan Vitamin B6

Vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah salah satu vitamin B kompleks yang penting. Secara kimia sifatnya larut dalam air(bukan lemak). Ada tiga bentuk utama vitamin B6, yaitu piridoksin, piridoksal, dan pyridoxamine.

Ada beberapa manfaat dari vitamin B6, yang sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Mengingat ini, kita harus menyertakan makanan yang kaya pyridoxine dalam makanan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kandungan gizi yang dianjurkan dari vitamin B6 untuk orang dewasa adalah 1,3 mg/ hari. Namun demikian, diperlukan dalam jumlah yang lebih tinggi bagi wanita hamil dan menyusui. Selama kehamilan adalah 1,9 mg/ hari, sedangkan untuk ibu menyusui adalah 2 mg.

Sumber vitamin B6manfaat vitamin b6

Tubuh manusia tidak dapat mensintesis vitamin B6, maka hanya dapat diperoleh dari makanan dan minuman. Sumber makanan dari vitamin B6 meliputi berbagai buah, sayuran, kacang-kacangan, sereal, ikan, unggas, dan daging. Beberapa makanan yang kaya vitamin ini meliputi pisang, alpukat, kenari, tomat, kentang, kedelai, kacang-kacangan, bayam, gandum. Selain sumber makanan, suplemen vitamin B6 yang tersedia harus diberikan dalam dosis yang tepat. Jika tidak, asupan suplemen vitamin dosis tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Manfaat vitamin B6

Vitamin B6 memainkan peran utama dalam koordinasi proses metabolisme tubuh. Secara keseluruhan, memastikan fungsi normal dari sistem saraf, regulasi hormon, memperbaiki jaringan, pertumbuhan sel, dan pembentukan sel darah merah, asam nukleat, dan asam amino. Berikut ini beberapa manfaat dan penggunaan vitamin B6.

Nutrisi kompleks
Salah satu penggunaan piridoksin utama adalah nutrisi kompleks seperti protein, karbohidrat, dan lemak menjadi bentuk yang lebih sederhana, yang dapat dengan mudah diasimilasi oleh sel-sel tubuh dan jaringan.

Meningkatkan gizi
Peningkatan asupan vitamin B6 membantu dalam asimilasi yang lebih baik dari suplemen dan obat lain. Ini adalah alasan, pyridoxine digunakan bersama dengan vitamin B lainnya untuk formulasi vitamin B-kompleks.

Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin B6 membantu dalam sintesis limfosit (sejenis leukosit) dan antibodi, yang berugas untuk mekanisme ketahanan tubuh. Dalam istilah sederhana, vitamin yang larut dalam air meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mereka yang menderita defisiensi vitamin B6 mewujudkan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Mengurangi Edema
Salah satu manfaat kesehatan vitamin B6 mengurangi retensi air atau edema, yang mengakibatkan pembengkakan bagian tubuh. Umumnya, vitamin B kompleks yang mengandung kandungan tertentu dari vitamin B pyridoxine dan lainnya direkomendasikan untuk pengobatan edema.

Pengobatan untuk rambut rontok
Manfaat vitamin B6 untuk rambut termasuk mencegah rambut rontok dan untuk pertumbuhan rambut. Selain ini, hal ini membantu dalam mengobati dermatitis seboroik atau ketombe. Banyak orang mendapat hasil cepat setelah menggunakan vitamin B6 untuk pengobatan gangguan kulit seperti eksim dan jerawat psoriasis.

>>  Konsumsi Vitamin E Berlebih

Sindrom pramenstruasi
Menurut penelitian medis, vitamin B6, dan terjadinya sindrom pramenstruasi saling terkait satu sama lain. Hal ini ditemukan bahwa peningkatan vitamin B6 dalam makanan efektif untuk mengendalikan fluktuasi hormonal, sehingga memerangi gejala sindrom pramenstruasi.

Mual di pagi hari
Berbagai penelitian telah dilakukan sehubungan dengan vitamin B6 dan kehamilan. Dalam studi kasus, ditemukan bahwa vitamin B6 dapat digunakan untuk pengobatan mual, muntah, dan gejala lainnya, yang banyak dialami wanita mengalami selama bulan-bulan awal kehamilan.

Mencegah batu ginjal
Pyridoxine, dalam kombinasi dengan magnesium, bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan pembentukan batu ginjal. Kombinasi tersebut menurunkan kadar oksalat dalam urin, yang berakibat membentuk batu ginjal.

Mengatur tekanan darah
Manfaat lain dari vitamin B6 adalah menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam cara yang sehat. Hal ini menunjukkan bahwa vitamin B6 secara tidak langsung membantu dalam mencegah masalah sirkulasi darah.

Manfaat lain
Selain itu, vitamin B6 menunjukkan hasil positif mengenai masalah yang terkait dengan kekurangan magnesium, autisme, skizofrenia, depresi. Cukup asupan makanan yang mengandung pyridoxine mengurangi kemungkinan terkena penyakit parkinson dan mencegah penyakit jantung.

Akibat kekurangan vitamin B6

Seperti telah dibahas, pyridoxine sangat penting untuk proses metabolisme tubuh. Dengan demikian, tingkat rendah vitamin B6 untuk jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang beragam. Biasanya, kekurangan vitamin B-kompleks terjadi pada orang yang memiliki pola makan buruk dan mereka yang sedang dalam pengobatan yang spesifik. Penyalahgunaan alkohol berada pada risiko lebih tinggi mengalami gejala kekurangan vitamin B6 daripada yang lain. Hal ini karena obat-obat tertentu dan alkohol mengganggu asimilasi normal vitamin B6 dari makanan dan minuman.

Beberapa gejala kekurangan vitamin B6 adalah terserang masalah kulit, lidah sakit (glossitis), sariawan, anemia, temperamen, bingung, depresi, dan kejang. Untuk memerangi gejala insufisiensi, seseorang harus meningkatkan asupan vitamin B6 atau mengkonsumsi suplemen vitamin B.

 
  Incoming Keywords: manfaat vitamin b6, fungsi vitamin b6, vitamin b6 adalah, kegunaan vitamin b6, fungsi b6, vitamin b6 berguna untuk, manfaat vit b6, vit B6, vit b 6, kasiat vitamin b6

, , , ,

Comments are closed.