Manfaat dan Sumber yang Kaya Vitamin B12

Vitamin dibagi menjadi 6 jenis: vitamin A, B, C, D, E dan K. Di antaranya, vitamin B adalah vitamin yang kompleks(dikenal sebagai B kompleks) yang dapat dibagi lagi menjadi beberapa subtipe seperti B1(tiamin), B2(riboflavin), B3(niasin), B6(pyridoxine), B9(asam folat), dan vitamin B12(cobalamin). Vitamin B kompleks sangat penting untuk memproduksi energi.

Manfaat Vitamin B12

Vitamin B12, juga dikenal sebagai cobalamin atau cyanocobalamin, adalah vitamin yang larut dalam air, dan salah satu jenis yang paling penting dari vitamin B kompleks. Vitamin ini sering digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B kompleks. Vitamin B12 memainkan peran penting dalam berfungsinya sistem saraf. Selain ini, ada beberapa manfaat kesehatan lain dari vitamin B12, meliputi:

  1. Memainkan peran penting dalam memproduksi sel-sel darah merah yang sehat.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh dan juga untuk meningkatkan stamina secara keseluruhan dari seseorang.
  3. Hal ini membantu dalam mempertahankan selubung myelin yang digunakan untuk melindungi serat syaraf.
  4. Vitamin ini memainkan peran penting dalam pembentukan, pemeliharaan dan perbaikan berbagai sel dalam tubuh. Vitamin B12 juga penting untuk pembentukan DNA dalam tubuh.
  5. Vitamin B12 membantu dalam mengobati kehilangan ingatan dan penyakit Alzheimer. Hal ini juga digunakan untuk mengobati anemia pernisiosa.
  6. Sebuah pola makan yang tinggi kadar vitamin B12 dapat membantu dalam pengobatan eksim, psoriasis dan penyakit kulit lainnya.
  7. Manfaat lain B12 dalam penggunaannya adalah pencegahan kanker payudara, hati dan penyakit ginjal.

susu kedelai vitamin b12Kekurangan gizi vitamin B12 dapat menyebabkan anemia megaloblastik dan anemia pernisiosa. Selain itu, vitamin B12 yang sangat penting untuk sistem saraf, jika kurang bisa menyebabkan masalah gangguan tidur, perubahan suasana hati dan gangguan emosional. Di sisi lain, lemah, lesu, pusing, kurang nafsu makan, penurunan berat badan, masalah pencernaan, dll, adalah beberapa gejala defisiensi vitamin B12 secara umum. Kekurangan B12 yang parah juga dapat menyebabkan gangguan mental. Oleh karena itu untuk mencegahnya, adalah penting untuk menyertakan vitamin B12 dalam makanan secara teratur.

Sumber Vitamin B12

Vitamin B12 ditemukan di hampir semua sumber hewani seperti hati sapi, salmon, telur, ayam, ikan, ginjal domba, tiram, tuna, dll. Sumber vitamin B12 juga termasuk susu, yogurt, dan keju. Susu kedelai dan beberapa sayuran kaya akan vitamin B12. Dosis harian vitamin B12 untuk orang dewasa adalah 2,4 mikrogram per hari yang dapat dengan mudah dipenuhi oleh termasuk salah satu makanan yang disebutkan di atas dalam pola makan secara teratur. Jika tidak, anda bisa untuk mengkonsumsi suplemen vitamin yang tersedia. Namun, anda harus ingat bahwa orang tua, orang yang menderita penyakit kronis, dan wanita hamil harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin.

 
  Incoming Keywords: cyanocobalamin adalah, cyanocobalamin injeksi, fungsi cyanocobalamin, pengertian cyanoco balamin, cianocobalamine, cyanokobalamin adalah, kandungan cyanocobalamine, obat cyanocobalamin

, ,

Comments are closed.