Bahan Obat Herbal Mencegah & Mengobati Alergi

Alergi dapat disebut sebagai gangguan yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, di mana sistem kekebalan tubuh menjadi hipersensitif terhadap zat tertentu, yang disebut alergen. Biasanya sistem kekebalan melindungi tubuh dari kemungkinan invasi zat-zat yang berbahaya seperti bakteri, virus, parasit, dll dengan memproduksi antibodi untuk menghancurkan mereka. Namun pada alergi, sistem kekebalan tubuh bereaksi bahkan ketika kontak dengan zat-zat berbahaya, seperti  debu atau kotoran, makanan tertentu, obat-obatan dan gigitan serangga. Alergi biasanya kelainan bawaan, meskipun kadang-kadang faktor lingkungan seperti polusi, perubahan pola makan dan penyakit menular pada usia dini dapat memainkan peran penting untuk beresiko terkena alergi.

Menangkal Alergi dengan Obat Herbal

Alergi makanan dan eksim adalah beberapa jenis umum dari alergi. Alergi biasanya diobati dengan obat-obatan antihistamin, kortikosteroid, dll. Namun beberapa obat herbal juga dapat terbukti bermanfaat dalam melawan reaksi alergi dengan membangun resistensi terhadap alergen.

Chamomile dikenal karena sifat anti inflamasi, antispasmodic dan antihistamin, digunakan dalam teh. Ini adalah obat herbal yang sangat baik untuk alergi, terutama untuk demam. Antihistamin melawan efek histamin(senyawa yang dikeluarkan oleh sistem kekebalan tubuh selama reaksi alergi) dan dengan demikian mengurangi hipersensitivitas.

vitamin c brokoliVitamin C, yang juga memiliki sifat antihistamin dan karenanya, konsumsi buah yang mengandung jumlah yang cukup vitamin C dapat terbukti efektif dalam mengurangi meluasnya alergi. Buah-buahan, seperti lemon, jeruk, anggur, paprika, buah plum, yang merupakan sumber yang kaya vitamin C, dapat membantu juga dalam mencegahnya. Bayam dan brokoli juga merupakan sumber signifikan dari vitamin ini.

Eucalyptus memiliki sifat ekspektoran dan minyak yang diperoleh dari kayu putih dapat digunakan memperingan gejala dari reaksi alergi. Hal ini juga membantu dalam membersihkan hidung tersumbat. Selain itu, dapat melonggarkan dahak dan melindungi dari gigitan serangga.

>>  Gejala Alergi Gandum pada Anak & Bayi

Licorice adalah ramuan lain yang untuk pengobatan alergi dan asma. Akar tanaman mengandung asam glycyrrhizic, yang memiliki efek anti alergi dan anti inflamasi dan sebagainya, hal ini terutama efektif dalam demam, alergi rhinitis, asma bronkial dan konjungtivitis. Ini juga merupakan ekspektoran yang kuat dan karenanya, dapat digunakan untuk mengobati batuk.
Jahe dikenal untuk anti mikroba. Jahe juga mencegah sekresi kelebihan histamin dan dengan demikian mengurangi gejala alergi.

Madu dapat membantu anda dengan menambah daya tahan tubuh terhadap alergen. Bawang putih adalah decongestant dan karenanya dapat digunakan dalam mengurangi masalah yang disebabkan oleh alergi.

Untuk meringkas, alam telah memberikan kita dengan banyak tanaman obat herbal untuk alergi dan untuk menyembuhkan sejumlah penyakit penyakit lainnya. Namun sama pentingnya juga untuk menghindari zat-zat tertentu tertentu yang dapat menyebabkan gejala alergi. Selain itu, alergi yang parah terhadap obat-obatan tertentu dan makanan dapat menimbulkan kondisi yang mengancam jiwa. Pada alergi seperti ini, kita harus selalu berkonsultasi dengan dokter.

 
  Incoming Keywords: obat alergi alami

, , ,

Comments are closed.