Keterampilan Dasar dari Manajemen yang Efektif

Manajemen terdiri dari lima proses, yaitu, perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, koordinasi dan mengendalikan. Manajemen pada dasarnya merupakan kegiatan perusahaan untuk mencapai keberhasilan.

Keberhasilan memerlukan perencanaan yang cermat dan perencanaan yang efektif mengarah ke masa depan dengan baik. Di samping itu, kita harus menyadari setiap resiko yang mengancam dan bersiap untuk melawannya. Dengan adanya resiko ini maka dibutuhkan pentingnya seorang pemimpim untuk memimpin tim dan membimbing anggota tim menuju kesuksesan. Sementara itu dalam mengorganisir dan memimpin sekelompok orang, manajemen memainkan peran penting dalam mencapai koordinasi antar anggota dan dalam menjalankan fungsi pengendalian. Manajemen adalah suatu subjek yang luas sehingga menjadi sulit untuk membatasi definisi manajemen untuk beberapa proses. Bagi beberapa orang, manajemen diartikan sebagai ‘semua yang manajer lakukan’. Tapi apakah yang manajer lakukan? Seorang manajer bertanggung jawab atas keberhasilan pelaksanaan proses bisnis untuk menggunakan keterampilan manajemennya. Seorang manajer yang baik harus mematuhi prinsip-prinsip dasar manajemen dan menunjukkan keterampilan dasar manajemen.

Dasar  Keterampilan Manajemen

Kepemimpinan: Ini adalah salah satu keterampilan manajemen yang paling penting. Kepemimpinan organisasi terdiri dari sumber daya yang efisien dalam mencapai tujuan perusahaan. Kepemimpinan melibatkan manajemen sumber daya manusia dengan menilai kekuatan dan kelemahan masing-masing anggota tim.

Membangun Tim: Ini adalah keterampilan manajemen dasar yang mencakup hubungan dengan orang-orang, sumber daya yang paling penting dari sebuah organisasi. Untuk membangun sebuah tim, kita perlu menumbuhkan semangat di semua anggota tim. Agar tim merasa termotivasi untuk bekerja, penting bagi seorang manajer untuk memenuhi harapan mereka, mengenali kekuatan mereka dan memahami di mana kekurangan mereka.

Komunikasi dan Presentasi: Seorang manajer harus terbuka, agar dapat didekati dan bersedia untuk berkomunikasi. Seorang manajer harus bisa menerima kritik yang konstruktif. Hal ini penting bagi manajer untuk berkomunikasi dan menerima masukan anggota tim. Komunikasi merupakan kegiatan dua arah dan manajer harus memiliki keterampilan untuk mendengarkan.

>>  Keterampilan Anak-anak dalam Mengelola Keuangan

Keputusan: Keputusan cepat harus diambil. Dalam kasus seperti itu, menjadi penting bagi manajer untuk memahami situasi, berpikir tentang apa yang bisa dilakukan dan menganalisis konsekuensi dari keputusannya. Pendekatan pemecahan masalah juga dianggap sebagai salah satu keterampilan manajemen dasar. Untuk melihat situasi, seseorang perlu memiliki pendekatan terhadap pemecahan masalah. Seorang manajer harus menjadi pemikir cepat.

Penugasan: Melibatkan hal untuk menugaskan sesuatu ke orang yang tepat dalam sebuah tim. Ini berarti bahwa seorang manajer sangat menyadari kekuatan dan kelemahan anggota tim dan tahu persis manakah pekerjaan yang dapat dilakukan dengan baik dari anggota tim. Individu yang diberikan tugas mendapat kesempatan untuk memahami tanggung jawab yang lebih besar untuk mengembangkan dirinya.

Singkatnya, keterampilan manajemen adalah tentang mengambil keputusan yang tepat. Dengan demikian, keterampilan manajemen menyangkut semua hal dari keprofesionalan atas dasar manajemen yang efektif.

 
  Incoming Keywords: Keahlian dasar, Keterampilan manajemen, dasar manajemen efektif, keahlian dasar management, keahlian dasar manajemen, managemen ketrampilan

, ,

Comments are closed.