Tips Teknik dalam Promosi Penjualan

Promosi penjualan(sales promotion) merupakan kegiatan yang sangat penting dan merupakan bagian integral dari proses pemasaran. Lingkungan bisnis saat ini telah menjadi sangat kompetitif karena meningkatnya jumlah perusahaan yang menawarkan produk mereka.  Dengan menjadi sadar akan beberapa strategi penjualan, manajemen dapat mencapai tujuan yang nyaman dan meningkatkan popularitas produk mereka untuk sebagian besar.

Macam Teknik Promosi Penjualan

Menawarkan produk gratis
Menawarkan produk perusahaan secara gratis untuk jangka waktu tertentu seperti beberapa hari atau bulan, bisa menjadi salah satu alat terbaik dari promosi penjualan. Dalam periode ini, pelanggan dapat menggunakan dan menguji produk perusahaan dan memutuskan sendiri apakah produk tersebut berguna atau tidak. Para pelanggan membayar untuk produk selanjutnya, dan memberikan umpan balik kepada manajemen perusahaan tentang kualitas produk. Hal ini juga dapat disebut tes pemasaran suatu produk.

Mendistribusikan sampel gratis
Acapkali, ketika anda pergi ke toko untuk membeli beberapa produk penting, anda diberi barang gratis oleh pemilik toko. Sebagai strategi promosi, anda bahkan dapat menerima barang-barang tanpa membeli barang yang berkualitas tinggi di toko. Distribusi sampel tersebut adalah salah satu teknik untuk memperkenalkan produk ke pasar dan untuk mendapatkan ide dari harapan pelanggan.

Pameran/ event
Ini adalah salah satu teknik pemasaran terbaik yang sukses untuk barang yang telah diperkenalkan serta juga untuk peluncuran barang baru. Contoh; Pameran dapat diatur di lokasi utama di kota, umumnya di daerah yang paling populer untuk menarik pelanggan secara maksimum. Untuk metode ini, perusahaan perlu untuk mengiklankan pameran di media yang berbeda dan memberikan gambaran tentang jenis barang yang akan dipamerkan dan dijual.

Kompetisi/ kontes
Kompetisi dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk mempromosikan produk. Anda dapat mengatur kompetisi online atau anda mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan produk anda. Anda dapat memberikan penghargaan bagi pemenang dengan piala, sertifikat atau hadiah berupa produk anda untuk meningkatkan pemasaran.

Diskon
Jika perusahaan ingin berhasil dalam mencapai target penjualan, maka memahami psikologi pembeli adalah sangat penting. Pembeli selalu mencari diskon dan selalu tertarik pada skema yang menawarkan produk-produk berkualitas dengan harga menarik dibandingkan dengan harga pasar yang berlaku. Jadi, mendistribusikan kupon atau voucher diskon dengan mempublikasikannya di surat kabar, majalah terkemuka, atau menyerahkan secara pribadi kepada pelanggan akan menjadi ide yang baik untuk meningkatkan penjualan produk yang tertentu. Penawaran diskon dapat membantu anda menarik pelanggan yang belum membeli produk anda sebelumnya.

>>  Membangun Reputasi di Internet yang Baik untuk Usaha Kecil

Jaminan uang kembali/ garansi
Ketika pembeli membayar anda untuk barang yang dibeli, mereka mengharapkan produk yang tahan lama. Namun ada kalanya mereka menemukan bahwa ada beberapa kesalahan teknis dalam produk atau tidak berguna seperti yang ditunjukkan dalam promosi atau iklan, pembeli akan merasa dicurangi. Untuk menghindari perasaan negatif, anda dapat meyakinkan pelanggan bahwa perusahaan anda akan melihat kesalahan dan memperbaikinya segera. Menawarkan beberapa tahun garansi (lebih dari apa yang ditawarkan oleh pesaing) dapat berguna untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Bursa
Dalam tawaran atau bursa, pelanggan bisa mendapat produk tertentu dengan harga yang kurang dari harga sebenarnya. Penawaran tersebut dapat membantu penjualan anda ‘dalam jumlah besar’ dari pelanggan yang tertarik untuk membeli produk-produk berteknologi maju dan baru.

Anda harus memastikan bahwa kegiatan promosi penjualan yang disebutkan di atas dijalankan secara profesional, dan perusahaan tidak menyimpang dari tujuannya dengan cara apapun.

 
  Incoming Keywords: Teknik promosi, Cara mempromosi dan apa tekhnik mempromosikan?, teknik yang digunakan promosi, cara promotion, teknik teknik promosi, salah satu cara dalam promosi penjualan, metode sales promotion, contoh teknik promosi penjualan, contoh sales promotion, contoh promosi penjualan barang

, ,

Comments are closed.