Alergi Debu, Penyebab, Gejala & Pencegahan

Alergi debu adalah masalah yang umum terlihat pada banyak orang. Banyak orang menderita masalah kesehatan seperti batuk dan pilek sepanjang tahun. Hal ini terutama disebabkan karena alergi debu. Tungau debu yang ada di setiap sudut rumah dan kadang-kadang saat pembersihan debu ini bisa mengakibatkan reaksi alergi pada tubuh anda.

Penyebab & Gejala Alergi Debu

Beberapa gejala alergi debu hampir mirip dengan gejala alergi terhadap hewan peliharaan. Anda akan melihat bahwa sebagian besar gejala mengintensifkan saat anda membersihkan rumah.

Tungau, organisme mikroskopis yang hidup di tempat lembab, lingkungan yang hangat dan memakan sel kulit mati manusia, dianggap menjadi penyebab utama alergi debu. Ketika dilihat dengan mikroskop, mereka terlihat seperti laba-laba.

Mata gatal dan berair adalah salah satu gejala yang paling umum dari alergi debu. Bersin berulang kali juga merupakan salah satu gejala yang parah. Gejala ini berkali-kali dapat dialami setelah anda bangun. Gejala lain yang akan anda perhatikan adalah gatal pada hidung, batuk, dan iritasi pada tenggorokan. Asma atau kesulitan bernafas juga bisa menjadi gejala kemungkinan alergi debu. Berikut adalah daftar gejala lain yang mungkin anda alami:

  • Mata merah
  • Eksim
  • Alergi serbuk bunga
  • Pembengkakan kulit di bawah mata Anda
  • Mengi

Pencegahan

Menghindari atau meminimalkan kontak dengan debu adalah pengobatan terbaik untuk alergi debu. Dengan rutin membersihkan rumah, seseorang dapat meminimalkan menghirup partikel debu. Menjaga lingkungan tetap bersih dapat mengendalikan gejala alergi debu. Anda dapat menggunakan hygrometer untuk mengetahui tingkat kelembaban di rumah anda. Pengurangan kelembaban dalam ruangan akan membantu untuk mengurangi populasi tungau debu.

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menyingkirkan tungau debu adalah menjaga rumah anda bersih. Secara teratur membersihkan tempat tidur, selimut, karpet dan pakaian. Anda dapat memilih deterjen berkualitas baik untuk mencuci pakaian dan perabotan. Menggunakan pembersih udara akan membantu agar tungau debu menjauh. Menempatkan karpet dan tempat tidur yang tidak dicuci di bawah sinar matahari juga akan membunuh tungau debu. Hal ini sangat penting bahwa anda menggunakan masker berkualitas baik saat membersihkan rumah anda, karena ini adalah waktu yang paling rentan terhadap reaksi alergi.

>>  Perhiasan dari Nikel Penyebab Alergi

Secara rutinlah untuk mengikuti tips membersihkan rumah yang disebutkan di atas yang akan membantu mengusir tungau debu.

 
  Incoming Keywords: alergi debu pada kulit, pencegahan penyakit alergi

,

No comments yet.

Leave a Reply