Cara Menulis Metodologi yang Baik dan Benar

Cara menulis metodologi yang baik dan benar menjadi sulit bagi sebagian besar mahasiswa pada saat menulis skripsi atau disertasi. Kita akan melihat beberapa informasi yang akan membantu seseorang memahami pokok-pokok yang akan membantu membuat bab metodologi penelitian yang baik.

Siswa harus mengirimkan skripsi atau disertasi ketika mereka menulis tesis mereka. Sebagian besar makalah penelitian mengikuti format yang sama. Ada bagian yang berbeda dan bab yang mereka butuhkan ketika menulis sebuah skripsi. Siswa selalu tersandung ketika mereka masuk ke bab metodologi penelitian untuk tesis mereka. Kita akan melihat-lihat bagaimana menulis metodologi untuk sebuah makalah penelitian dalam paragraf berikut dan mempelajari cara yang benar untuk melakukannya.

Apa yang dimaksud dengan Bab Metodologi

Ketika anda menulis sebuah skripsi atau disertasi, ada lapisan umum atau format makalah penelitian yang harus diikuti. Ini berarti anda perlu untuk membuat bab berikut saat menulis proposal anda:

Judul Halaman
Daftar Isi
Bab I – Pendahuluan
Bab II – Latar Belakang
Bab III – Metodologi
Bab IV – Hasil
Bab V – Kesimpulan dan Rekomendasi
Referensi
Lampiran

Setiap bab dibagi menjadi sub judul atau isi. Siswa tahu bagaimana menulis bagian pendahuluan, tetapi mungkin merasa sulit untuk menjelaskan metodologi penelitian mereka. Ini adalah bagian paling penting dari makalah penelitian, karena anda akan memberikan wawasan kepada pembaca anda tentang bagaimana anda melakukan penelitian dan datang dengan kesimpulan. Dalam bab metodologi penelitian, anda harus memberikan pembaca dengan gambaran singkat dari informasi serta bahan yang anda kumpulkan. Bab ini adalah di mana anda perlu menyertakan teknik untuk mengumpulkan data. Hal ini berarti menjelaskan survei, data, wawancara dan percobaan anda mungkin telah dilakukan untuk menyusun kesimpulan. Dan juga termasuk prosedur untuk analisis data seperti formula analisis. Anda juga harus mampu untuk membenarkan metode untuk memberikan kredibilitas yang lebih. Hal ini benar, terutama bagi siswa yang sedang menulis sebuah makalah penelitian ilmiah. Metodologi adalah titik paling krusial dan harus disajikan secara menyeluruh dan dalam cara yang ringkas.

Cara Menulis Metodologi

Jika anda ingin membuat penelitian anda tampil lebih kredibel tidak ada pilihan kecuali memahami secara rinci, bagaimana menulis metodologi. Sebuah metodologi penelitian akan membantu anda menampilkan pengetahuan menggunakan metode alternatif yang membantu dalam menyajikan topik penelitian yang lebih valid. Cara terbaik untuk menunjukkan penelitian adalah dengan menggunakan proses penelitian kualitatif atau kuantitatif.

Tips Menulis Metodologi yang Baik

Ketika anda menulis metodologi, perlu diingat bahwa anda harus menjelaskan rencana penelitian dasar. Anda perlu mulai dengan beberapa pengantar yang menyatakan kembali tujuan anda untuk penelitian. Hal ini baik untuk menggunakan frase dasar dan pernyataan yang digunakan untuk bab Pendahuluan. Maka anda perlu untuk mulai menulis informasi berikut untuk bab metodologi anda:

Peserta/ sampel
Ini adalah bagian di mana anda menjelaskan penelitian dasar, dilakukan dengan menggunakan sampel populasi atau pertimbangan. Anda perlu mendefinisikan populasi atau sampel yang telah dipertimbangkan. Kemudian anda perlu menjelaskan berapa banyak peserta atau sampel dimasukkan dalam penelitian dan cara anda memilih mereka.

Sebagai contoh
Populasi yang dipertimbangkan untuk studi ini kurang lebih misalnya; Jumlah pasien rawat jalan yang telah melakukan pembelian dari apotek rumah sakit dalam kurun waktu ini.

>>  Mencari dan Menulis Topik Esai yang Menarik

Anda dapat menjelaskan populasi yang hanya menggunakan satu pernyataan atau penjelasan singkat. Namun ketika sampai ke prosedur sampling, anda perlu menjelaskan secara rinci. Anda juga harus menjelaskan dengan detail bagaimana anda memilih sampel, tempat, waktu, nama-nama tertentu(jika mungkin atau diperlukan), jumlah peserta atau sampel dipertimbangkan, dll. Jangan lewatkan pada detail apapun karena sangat penting untuk menjelaskan representasi kepada pembaca.

Instrumentasi
Bagian instrumentasi adalah di mana anda menjelaskan perhitungan, teknik, prosedur, plot kalibrasi dan peralatan yang digunakan,  dan mana yang berlaku. Jika anda telah melakukan survei, menjelaskan bagaimana, kapan, mengapa anda melakukan itu dan jika anda menggunakan survei yang dilakukan oleh orang lain, pastikan anda menyatakan sumber. Anda harus menyertakan salinan asli dari survei dalam lampiran.

Periode waktu dan Prosedur
Aspek penting dari metodologi adalah untuk menjelaskan ketika anda mulai melakukan penelitian dan waktu berakhir atau akan berakhir. Anda juga harus menjelaskan prosedur apa pun yang anda diikuti saat melakukan penelitian seperti mengisi formulir persetujuan.

Analisa
Sekarang sampai pada bagian yang paling penting dari menulis metodologi. Anda perlu menganalisis data yang diperoleh secara rinci. Anda harus menjawab setiap pertanyaan atas penelitian. Lakukan uji statistik khusus yang membantu mengidentifikasi variabel dependen dan independen dalam data(jika ada). Anda bahkan dapat menjelaskan mengenai software komputer yang digunakan untuk membantu anda sampai pada kesimpulan.

Penaksiran
Dalam kasus instrumen yang telah digunakan untuk penelitian, misalnya survei, anda perlu membuktikan validitasnya serta keandalan. Validitas adalah akurasi pengukuran anda. Anda perlu menyertakan validitas survei anda, validitas yang mencakup topik dan validitas yang mengacu pada teori-teori yang telah digunakan untuk mengeksplorasi survei.

Asumsi
Jelas ketika anda menulis sebuah makalah penelitian, anda akan perlu untuk mengusulkan asumsi. Anda akan perlu untuk secara khusus menyatakan asumsi yang berbeda, yang dibuat untuk mendukung pertanyaan penelitian anda.

Batasan dan Ruang lingkup
Batasan dan ruang lingkup adalah bagian tak terpisahkan dari setiap penelitian. Lingkup adalah sejauh mana penelitian dapat diperluas dan keterbatasan termasuk keterbatasan waktu.

Saat menulis metodologi, berikan informasi rinci untuk penelitian anda, sehingga peneliti lain dapat menggunakannya untuk percobaan. Jangan menyertakan informasi yang tidak perlu atau hasil yang tidak memegang relevansi cukup. Pastikan anda mengoreksi kertas penelitian sebanyak yang anda bisa, untuk meminimalkan jumlah kesalahan, kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa. Semoga informasi di atas akan membantu menjawab pertanyaan anda bagaimana cara menulis metodologi penelitian secara rinci.

 
  Incoming Keywords: contoh metodologi penelitian, cara membuat metode penelitian, contoh isi metode penelitian, contoh membuat metodologi penelitian, contoh metodelogi artikel, contoh metodologi, contoh metodologi makalah, contoh pembuatan metode pada makalah, contoh penulisan metodologi penelitian pada makalah

, , ,

Comments are closed.