Wawancara Kerja Lewat Telepon, Pertanyaan + Jawaban

Wawancara kerja lewat telepon saat ini disukai oleh sebagian besar perusahaan untuk calon karyawan. Hal ini adalah bagian penting dari proses pencarian kerja. Pertanyaannya tidak berbeda dari pertanyaan yang diajukan selama wawancara tatap muka. Anda harus siap untuk berdiskusi dengan calon bos anda melalui telepon. Siapkan dengan baik  tentang apa yang akan anda bicarakan, mungkin tentang keahlian anda, pengalaman, latar belakang, harapan, dll, dengan menggunakan tips yang diberikan di bawah ini.

Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja Lewat Telepon

Dalam wawancara apapun, ada beberapa pertanyaan dari perekrut anda.

  • Berapa penghasilan anda di tempat kerja sebelumnya. – Berikan angka yang sebenarnya tentang pendapatan anda, menambahkan angka akan mendiskualifikasi anda, karena mungkin saja perekrut nantinya akan memverifikasi tentang pendapatan anda melalui slip gaji.
  • Beritahu mengenai situasi yang menantang anda yang pernah anda temui, bagaimana anda menangani? – Anda harus spesifik tentang hal ini. Anda dapat menginformasikan perekrut tentang suatu masalah dan bagaimana anda menyelesaikannya. Misalnya, karena beberapa masalah dalam kebutuhan klien, proyek ini sekitar untuk mendapatkan tertunda. Sebagai manajer proyek, saya termotivasi tim saya untuk bekerja lembur selama seminggu untuk memenuhi tenggat waktu.
  • Apa peran dan tanggung jawab anda? – Anda dapat menyebutkan tentang peran dan tanggung jawab yang relevan dengan deskripsi pekerjaan. Ini akan meningkatkan kesempatan anda menjadi kandidat yang kuat untuk posisi itu.
  • Mengapa anda mencari perubahan? – Berikut ini adalah tip penting untuk anda. Tidak pernah berbicara apapun atau memfitnah perusahaan anda sebelumnya. Itu hanya akan membuat hal-hal buruk untuk anda. Jangan pernah mengatakan bahwa kompensasi yang sangat rendah atau profil pekerjaan yang mengerikan. Anda hanya bisa mengatakan bahwa anda sedang mencari peran yang lebih menantang, atau sedang mencari kesempatan di daerah ini.
  • Selain pertanyaan-pertanyaan seperti ‘mengapa anda tertarik untuk pekerjaan’ dan ‘apa yang anda ketahui tentang kami’, perekrut akan bertanya ‘berapa lama anda berencana untuk bekerja dengan kami?’. Perekrut ingin menilai durasi anda bekerja untuk perusahaan mereka. Banyak orang memiliki kecenderungan untuk pindah kerja hanya karena kenaikan gaji yang ditawarkan sebagai kompensasi. Yakinkan bahwa bos anda mencari karir jangka panjang dan anda mengharapkan pertumbuhan dari pekerjaan ini.
  • Perekrut, berikutnya akan meminta anda tentang gaji yang diharapkan. Selalu bersikap realistis tentang gaji. Anda dapat meneliti sedikit tentang gaji yang ditawarkan untuk posisi tertentu di daerah anda dan dengan angka yang realistis. Berdasarkan pengalaman dan keterampilan, anda bisa bernegosiasi untuk kenaikan gaji.

Pertanyaan anda kepada perekrut

Ada beberapa hal yang harus anda tahu tentang calon atasan anda. Ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin anda ingin tanyakan kepada perekrut anda.

  • Boleh saya tahu tentang tanggung jawab saya?
  • Apa kekuatan dalam tim saya?
  • Berapa lama saya diharapkan untuk bergabung, jika saya ditawari pekerjaan?
  • Bagaimana frekuensi bepergian/ perjalanan?
  • Dapatkah saya berpindah posisi di masa depan?
  • Apa kriteria untuk kemajuan/ kenaikan?
  • Apa pun yang anda ingin tahu tentang saya?

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mempersiapkan diri.

  • Siapkan pensil atau pulpen dan kertas, bersama dengan CV anda untuk menulis catatan. Lebih baik jika anda memiliki rincian lowongan pekerjaan yang lain juga.
  • Mirip dengan wawancara tatap muka, anda dapat memperkenalkan diri dan memulai percakapan kecil hanya untuk membuat diri anda nyaman. Tak perlu dikatakan, anda akan mengikuti etiket dengan mulai menyapa perekrut.
  • Sebuah senyum kecil akan membantu anda ketika berbicara melalui telepon dengan perekrut. Tersenyum suara membuat banyak perbedaan. Ini menunjukkan antusiasme anda dan memberikan sedikit gagasan tentang sikap anda.
  • Anda harus meyakinkan perekrut anda bahwa anda adalah kandidat terbaik untuk posisi itu dengan berbicara tentang keahlian dan pengalaman anda.
  • Salah satu keuntungan adalah bahwa anda dapat mempersiapkan catatan untuk percakapan. Namun, perekrut tidak harus merasa bahwa anda membaca catatan. Hindari gangguan dan berkonsentrasi pada apakah perekrut bertanya.

Jika anda diharapkan untuk mempersiapkan sebuah wawancara kerja lewat telepon, maka tips dan saran yang diberikan dalam artikel ini harus terus anda manfaatkan dengan baik.

,

Comments are closed.