Berpikir Kritis dalam Menulis Sebuah Karya

Berpikir kritis dalam menulis adalah sama pentingnya dengan dalam bidang kehidupan lainnya. Ini membantu anda dalam memberikan dasar struktur pada menulis, padat dan juga logika yang jelas.

Menulis adalah seperti seni. Menulis sebuah konten dan dipahami oleh mata pembaca. Salah satu aspek yang sangat penting seperti dalam menulis adalah berpikir kritis. Ada kemungkinan minimal dia menjadi sukses dalam dengan sesuatu yang tidak hanya masuk akal untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk para pembacanya.

Cara Berpikir Kritis dalam Menulis

Sebelum kita menggali lebih dalam tentang bagaimana berpikir kritis dapat diterapkan secara tertulis, kita harus mendapatkan pemahaman singkat tentang apa pemikiran kritis sebenarnya. Berpikir kritis dapat dikatakan memeriksa aspek dari setiap topik dengan hati-hati, menganalisis secara logis, menimbang pro dan kontra, dan kemudian membentuk suatu kesimpulan tentang hal itu. Langkah-langkah ini menjadi sangat penting, terutama ketika anda diberi tugas untuk menulis tentang topik tertentu. Tidak ada yang bisa anda sajikan dalam sebuah laporan, makalah, penelitian, atau bentuk lain dari dokumen tertulis, jika anda belum menyelesaikan langkah-langkah yang disebutkan di atas. Mari kita lihat beberapa langkah dasar yang harus diingat yang mencakup berpikir kritis.

✍ Tujuan
Tidak ada yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan seseorang yang tidak memiliki gagasan tentang apa tujuan yang ia tulis. Apa yang akan anda tulis? Apa alasan yang anda menulis tentang topik tertentu? Sekarang bahwa anda telah memilih topik, apa aspek yang anda akan fokuskan dalam topik? Apa masalah yang anda pelajari, analisis dan mencapai kesimpulan? Setelah anda menjawab semua pertanyaan ini, anda tahu persis apa yang anda lakukan.

>>  Tips Menulis Blog yang Baik untuk Pemula

✍ Pemikiran
Menulis kadang-kadang bisa menjadi alat yang berbahaya. Hal ini karena melalui tulisan, kita memberikan orang wawasan dan persepsi tentang kejadian tertentu. Persepsi ini akan tetap bersama mereka untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, menjadi penting untuk memiliki kontrol yang tepat atas apa yang kita tulis.

✍ Logis
Salah satu langkah penting lainnya bahwa anda tidak mengabaikan logika. Anda perlu mengembangkan keterampilan yang penting dengan memakai logika untuk segala sesuatu yang anda pelajari. Menjadi logis membantu anda untuk tidak hanya kritis menganalisis topik tertentu secara rinci, tetapi juga membantu anda untuk memiliki pikiran terbuka.

✍ Referensi
Yang terakhir tetapi tentu bukan langkah yang paling tidak penting dari semua adalah untuk memberikan bagian yang anda tulis. Dengan menggunakan referensi dan kutipan dalam tulisan akan memberikan kredibilitas yang lebih. Hal ini juga memperkuat bahwa anda adalah seorang pelajar yang telah mengambil mengacu dari pelajar lain dan para ahli dan membentuk studi terstruktur tentang topik tertentu.

Semua yang dibutuhkan untuk pemikiran kritis dalam menulis adalah rasa mengetahui apa yang perlu dilakukan, menerapkan logika sederhana dan dasar untuk itu. Ketika seseorang menulis sesuatu, dia akan memiliki kepercayaan diri sepenuhnya dalam karyanya.

,

Comments are closed.