Seberapa Penting Keahlian Menulis dalam Komunikasi

Keahlian menulis adalah salah satu keterampilan dasar yang dapat diperoleh di sekolah. Menulis adalah sarana yang vital dalam komunikasi. Sayangnya, keterampilan ini sering diabaikan. Jika seseorang ingin mencapai tujuan, seni penulisan yang unggul sangat penting. Ada berbagai metode untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan menulis dengan baik.

Pentingnya keahlian menulis

Ekspresi
Keahlian menulis adalah salah satu cara penting untuk mengekspresikan pikiran, mengkomunikasikan ide-ide dan pandangan kepada orang lain. Beberapa orang memiliki bakat lahiria untuk menuangkan pikiran mereka dalam kata-kata. Menulis lebih bermanfaat, khususnya bagi mereka yang emosional dan tidak dapat mengungkapkannya secara verbal. Alat ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan gagasan, pikiran atau kondisi mental mereka yang sudah ada. Orang-orang mengekspresikan diri dengan menulis novel, cerpen, menulis blog, biografi, dan bahkan buku harian, dll.

Penilaian
Seringkali seseorang akan dinilai dari kualitas tulisan yang dia buat. Baik itu sekolah, perguruan tinggi, pekerjaan atau masyarakat. Keahlian menulis telah menjadi tolok ukur penting untuk menilai pengetahuan seseorang dan intelektualitas. Ketika kita bertemu dengan seseorang yang sopan, kita dapat membuat kesan bahwa orang itu berhati-hati. Demikian pula, jika menulis tanpa kesalahan, kita cenderung untuk menciptakan kesan yang baik tentang penulis.

Fleksibilitas dan kedewasaan
Keahlian menulis adalah seni yang dapat dikembangkan selama periode waktu. Praktek ini akan membuat lebih matang sebagai penulis, karena secara bertahap mulai dapat menempatkan diri ke arah pembaca. Semakin banyak anda menulis, pikiran anda menjadi lebih fleksibel terhadap tuntutan dari pembaca.

Kemampuan untuk menjelaskan
Dalam menulis, kita harus memperhatikan tata bahasa, ejaan, dll, sehingga pembaca dapat mengartikan apa yang dimaksudkan. Ketika kita menulis sesuatu, ada kecenderungan untuk membaca konten secara berulang, untuk kemungkinan kesalahan yang dibuat. Dengan melakukan ini, kita benar-benar memahami apa yang kita tulis, dan bagaimana kita dapat memperbaikinya, untuk menjelaskan kepada pembaca dengan cara yang sederhana dan ringkas, apa yang kita coba sampaikan.

>>  Menulis Kata Pengantar yang Menarik

Berfungsi sebagai rekaman
Keterampilan menulis adalah penting untuk menulis ide-ide dan pengalaman untuk referensi di masa depan. Sebagai contoh: pengetahuan ilmiah dan teknologi tidak dapat dikomunikasikan secara verbal, tetapi harus disajikan dalam format tertulis, seperti jurnal ilmiah.

Tips untuk menulis yang baik

  • Membuat kalimat yang sederhana dan tepat tanpa berlebihan.
  • Jangan menggunakan bahasa yang rumit.
  • Perhatikan tata bahasa dan ejaan.
  • Jangan menuliskan berulang-ulang.

Dalam generasi saat ini, anak-anak lebih memilih untuk lebih sering membaca buku. Komunikasi lisan mereka memang sangat baik namun komunikasi tertulis mereka kurang. Akibatnya terjadi penurunan dalam standar kemampuan komunikasi tertulis.

 
  Incoming Keywords: menulis adalah komunikasi, penting nya konten dalam menulis

,

Comments are closed.