Mengatasi Gelisah & Gugup Selama Wawancara Kerja

Banyak telah dituliskan tentang mengatasi rasa gelisah, gugup dan ketegangan sebelum dan selama wawancara kerja, tetapi bagaimana kita bisa bersantai dan tetap tenang selama wawancara?

Menghadapi wawancara kerja adalah sebuah tantangan, anda harus terkesan baik di hadapan perekrut atau calon bos anda. Terlepas dari kualifikasi anda, mungkin perilaku dan jalan pikir selama wawancara adalah faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan nasib anda. Tetap tenang ketika sedang dibombardir dengan pertanyaan-pertanyaan tidaklah mudah, tetapi mereka yang berhasil terasa dingin dan menjawab tanpa meraba-raba.

Karakteristik mendasar dari wawancara apapun adalah ketidakpastian. Anda tidak pernah bisa memprediksi secara akurat pertanyaan yang akan dihadapi. Kenyataan ini mungkin dapat membuat anda gelisah.

Persiapan dalam wawancara kerja

Persiapan
Bersiaplah sebelum anda mulai wawancara kerja – ini adalah klise yang anda tidak bisa abaikan. Bagaimana bisawawancara kerja seseorang sepenuhnya siap untuk wawancara, ketika pertanyaan dalam sebuah wawancara tidak dapat diprediksi? Jika anda berpikir bahwa anda siap, maka hal ini akan memberi anda kepercayaan diri untuk menghadapi wawancara. Setelah anda memiliki keyakinan, anda tidak akan ragu-ragu untuk menjawab pertanyaan dan tetap tenang.

Mengatur nafas
Spontanitas adalah baik, tetapi anda mungkin cenderung untuk membuat poin yang tidak valid, dan ketika anda mengatakan hal-hal yang tidak relevan maka pewawancara akan memiliki ekspresi yang tidak menyenangkan di wajahnya, dan jika anda melihatnya maka anda akan kehilangan rasa percaya diri dan menjadi gelisah. Sebelum anda menjawab pertanyaan, ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Hal ini akan memberikan pasokan oksigen yang cukup ke otak anda, dan juga akan memberi anda waktu untuk menyusun jawaban anda.

Jadilah diri sendiri
Anda sedang diwawancarai sehingga pewawancara anda dapat memahami kepribadian sejati anda. Jika anda berpura-pura menjadi orang lain, maka anda akan berada di bawah tekanan ketika mencoba untuk menekan karakter diri anda sebenarnya. Di sisi lain, jika anda menjadi diri anda sendiri maka anda akan lebih santai.

>>  Alasan Berganti-ganti Pekerjaan dalam Wawancara Kerja

Posisi badan
Posisi badan adalah indikasi yang jelas dari tingkat kepercayaan. Mengubah posisi terus menerus adalah tanda gelisah. Jika anda mempertahankan posisi tubuh yang benar selama wawancara, anda akan merasa lebih santai. Anda menjadi lebih gugup jika anda terus-menerus sadar tentang posisi badan anda.

Percaya diri
Percaya pada diri sendiri, dan menyadari bahwa jika anda memiliki potensi sejauh ini, anda pasti dapat bergerak maju dan mencapai tujuan. Bila anda memiliki keyakinan penuh dalam kemampuan anda, anda akan memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi situasi yang menantang dan ini akan membuat anda tenang.

Bukan akhir cerita
Sadarilah bahwa wawancara kerja ini bukanlah akhir dari hidup anda, anda pasti akan menemukan lebih banyak kesempatan di masa depan, bahkan jika anda kehilangan yang satu ini. Wawancara anda mungkin menjadi kesempatan sekali dalam seumur hidup, dan anda mungkin ingin tampil baik di dalamnya. Jangan menempatkan terlalu banyak tekanan pada diri sendiri bahkan jika anda salah pada titik tertentu dalam wawancara anda. Yakinkan diri sendiri bahwa anda akan melakukan lebih baik dalam wawancara kerja yang tersisa. Ini akan membantu anda untuk tetap tenang.

Selain ini, setiap individu biasanya memiliki cara unik untuk meredakan ketegangan. Jika diperlukan, gunakan metode pribadi anda untuk bersantai, tetapi pastikan bahwa pewawancara tidak menyadarinya. Ketakutan dan kecemasan yang anda alami ketika menghadapi wawancara adalah normal. Kecemasan ini akan lebih, jika itu adalah wawancara kerja pertama anda, atau jika anda menghadapi wawancara setelah waktu yang lama. Apapun mungkin terjadi, tips yang disebutkan di atas akan terbukti menguntungkan dan membantu anda tetap tenang selama wawancara kerja.

Comments are closed.