Gejala Alergi Parfum, Penyebab dan Pengobatan

alergi parfum

Alergi Fragrance atau alergi terhadap parfum mengacu pada reaksi alergi yang pada beberapa individu yang sensitif oleh bau wewangian yang kuat dari produk tertentu.

Alergi dapat dianggap sebagai gangguan dari sistem kekebalan tubuh, di mana seseorang menjadi hipersensitif dan merasakan zat-zat berbahaya seperti debu sebagai benda asing dan berbahaya. Untuk melenyapkan alergi, sistem kekebalan tubuh menyerang dan dalam proses melepaskan zat kimia seperti histamin, yang menghasilkan reaksi alergi dan gejala penyebab seperti bersin, hidung tersumbat, sakit kepala, asma, gatal-gatal dan ruam kulit. Gejala dapat dialami oleh beberapa orang terhadap bau yang kuat atau wewangian, yang dikenal sebagai alergi aroma wewangian atau parfum. Jadi ini jenis alergi yang khusus mengacu pada gejala alergi yang dipicu oleh aroma ditemukan dalam berbagai produk termasuk parfum, sabun, deterjen, lilin, produk rambut, kosmetik, lotion kulit dan makanan.

Penyebab alergi Parfum

Banyak ahli percaya bahwa hal itu sebenarnya disebabkan oleh bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi wewangian tersebut. Namun sangat sulit untuk menentukan apakah kombinasi tertentu atau bahan kimia yang berbeda menyebabkan alergi tersebut. Sedangkan banyak ahli juga percaya bahwa banyak bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan produk wangi tersebut menyebabkan iritasi. Jadi, ruam kulit serta masalah pernapasan, adalah karena iritasi yang disebabkan oleh bahan kimia tersebut dan bukan gejala alergi.

Dari sejumlah besar bahan kimia, hanya beberapa diantaranya diduga sebagai penyebab sebagian besar alergi. Bahan kimia tersebut, terutama digunakan dalam parfum, deodoran, kosmetik, sabun, deterjen, pasta gigi, obat kumur, cologne, produk kebersihan, krim dan lotion. Bahkan penyegar udara dapat menyebabkan reaksi alergi pada seseorang yang rentan terhadap penyakit pernapasan. Selain bahan kimia seperti aseton, benzil asetat, benzil alkohol, benzaldehida, kamper, etanol dan etil asetat, juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan saluran pernapasan.

>>  Alergi Jagung, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Gejala Alergi Parfum

Gejala yang umum adalah seperti bersin, hidung meler, sakit kepala, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, iritasi kulit, gatal-gatal dan eksim. Hal ini juga dapat menyebabkan mual dan pusing, kesulitan bernapas, gejala asma dan iritasi mata dan hidung. Bagi sebagian orang, gejala-gejala hilang begitu bau aroma tertentu atau di luar jangkauan, sementara yang lain mungkin mengalami lebih sering, gejala berkepanjangan dan parah.

Cara terbaik untuk mencegahnya adalah menghindari zat tertentu. Seiring dengan produk wewangian, produk tidak beraroma juga dapat menghasilkan gejala alergi, karena sering mengandung sejumlah bahan kimia untuk menutupi aroma sebenarnya. Oleh karena itu, penting untuk mencoba produk baru di sepetak kecil dari kulit selama beberapa hari untuk melihat apakah itu akan dapat menyebabkan alergi. Tetapi jika anda sangat sensitif terhadap produk wewangian, lebih baik untuk mengunjungi dokter kulit untuk mengetahui lebih banyak tentang meredakan alergi dan tindakan pencegahan yang harus diikuti untuk pencegahan.

 
  Incoming Keywords: cium parfum kepala pusing, gejala alergi parfum, penyakit pernapasan karena aroma kimia, pusing karena aroma

,

Comments are closed.