Meredakan Gejala Alergi Rumput yang Mengganggu

Alergi rumput sering dialami oleh banyak orang setelah kontak dengan rumput, atau dengan menghirup serbuk sari dari rumput.

Banyak orang yang rentan terhadap alergi yang disebabkan oleh rumput, setelah berada di sekitarnya atau langsung kontak dengan rumput. Ini berarti mereka tidak bisa menikmati kegiatan di luar ruangan seperti halnya orang lain.

Alergi rumput sangat umum pada anak-anak, meskipun mungkin terjadi pada usia berapa pun. Bahkan orang tua tiba-tiba dapat terkena alergi rumput. Penelitian telah menunjukkan bahwa alergi rumput mungkin disebabkan oleh keturunan.

Gejala Alergi Rumput

Reaksi alergi rumput terutama disebabkan ketika sistem kekebalan tubuh sensitif, dan setiap kontak dengan alergen menyebabkan beberapa kondisi, yang dikenal sebagai gejala alergi tertentu. Gejala alergi rumput serupa dengan yang dialami ketika seseorang menderita asma atau demam.

Macam-macam gejala alergi:
Gatal pada mata: Ini berarti bahwa jika anda memiliki alergi rumput, anda juga akan cenderung untuk terkena konjungtivitis. Ini akan menyebabkan mata membengkak, dan menjadi gatal.
Kesulitan bernafas: mengi, bersin, pilek atau hidung tersumbat semua bisa terjadi.
Kelelahan: Karena reaksi tersebut, anda mungkin mengalami kelelahan, bersama dengan sakit kepala dan demam.
Batuk yang parah: Batuk kering adalah salah satu gejala yang paling menonjol dari alergi rumput, mengakibatkan tenggorokan gatal yang menyebabkan banyak iritasi.
Kulit gatal: Termasuk gatal-gatal, bengkak dan benjolan di seluruh tubuh, sehingga kulit menjadi kemerahan adalah gejala alergi rumput.

Penyebab Alergi Rumput

Gejala alergi rumput terutama dipicu oleh serbuk sari pada rumput. Fase ini adalah yang paling umum selama bulan-bulan musim kemarau. Serbuk pada rumput tidak terlihat dengan mata telanjang, dan dengan mudah dapat dihirup tanpa kita menyadarinya. Dalam beberapa kasus, kontak fisik dengan rumput dapat menyebabkan gejala-gejala tersebut. Seperti disebutkan sebelumnya, jika tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat sensitif, maka akan timbul reaksi dari tubuh terhadap adanya zat asing yang dianggap berbahaya bagi tubuh dan memicu gejala-gejala ini.

>>  Pentingnya Vitamin D yang Penting dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Tindakan Pencegahan

alergi rumputMereka yang menderita alergi rumput harus menghindari kontak dengan rumput. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah timbulnya gejala-gejala yang mengganggu. Selain itu, memasang alat pembersih udara untuk menjaga udara di rumah bersih dan murni adalah cara yang baik untuk memastikan serbuk sari tidak berada di udara dalam rumah.

Pereda alergi juga dapat diberikan obat antihistamin, semprotan hidung dan tetes mata, termasuk suntikan, yang dimaksudkan untuk mengurangi gejala alergi rumput. Apakah dicatat bahwa obat tersebut digunakan hanya untuk menyingkirkan gejala dan bukan alergi itu sendiri. Satu-satunya cara untuk mengobati alergi adalah dengan menjalani prosedur yang disebut immunotherapy, yang menyerang akar penyebab alergi rumput. Itu berarti sejumlah kecil alergen disuntikkan ke dalam tubuh, dan kemudian perlahan-lahan meningkat, sehingga tubuh menjadi kebal terhadap alergen, dan tidak menimbulkan reaksi alergi yang biasanya dialami setelah terkena rumput.

Namun, ini adalah prosedur berkepanjangan, satu-satunya cara untuk menghindari gejala alergi rumput adalah menghindari rumput dan segera membersihkan badan sehabis terkena rumput.

 
  Incoming Keywords: ramuan tradisional alergi rumput

,

Comments are closed.