Kanker Kulit dan Pencegahannya

Kanker kulit adalah kanker yang sebagian besar dan penyebab utamanya adalah dari radiasi sinar matahari.

Kanker kulit diklasifikasikan menjadi tiga jenis kanker kulit yaitu kanker sel basal, kanker sel skuamosa, dan melanoma. Dua jenis pertama disebut sebagai non-melanoma, yang jarang menyebar ke bagian lain dari tubuh. Melanoma adalah bentuk yang paling parah. Hal ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan bahkan menyebabkan kematian. Di antara tiga bentuk kanker kulit, kanker sel basal adalah bentuk paling umum. Telah diamati bahwa dalam kebanyakan kasus, kanker sel basal diakibatkan terkena sinar matahari – sebagian besar wajah. Kanker jenis ini jarang menyebar dan dapat disembuhkan dengan operasi. Kanker sel skuamosa, dibandingkan dengan karsinoma sel basal, menyebar ke bagian lain dengan cara yang sangat lambat. Hal ini diyakini bahwa kanker kulit disebabkan oleh matahari. Penyebab lainnya termasuk usia tua, infeksi, dll. Mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker kulit juga beresiko.

Pencegahan Kanker Kulit


Penyebab paling umum untuk kanker kulit adalah sinar matahari, terjadinya penyakit ini dapat dicegah sampai batas tertentu dengan melindungi kulit anda dari sinar berbahaya dari matahari.

  • Hindari terkena sinar matahari secara langsung, terutama selama jam 09:00-04:00.
  • Jangan biarkan anak-anak untuk pergi keluar di bawah sinar matahari, karena kulit mereka lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Membatasi kegiatan di luar ruangan anak anda.
  • Setiap kali anda pergi ke luar pada siang hari, kenakan pakaian pelindung, dan memakai topi, dll.
  • Pakailah kacamata gelap untuk melindungi mata anda dan oleskan lip balm pada bibir anda.
  • Oleskan krim tabir surya, yang dapat melindungi anda dari radiasi ultraviolet dari matahari.
>>  Penyebab dan Tips Mengatasi Kulit Kepala Kering

Sebagian besar sinar matahari dapat menembus awan dan kabut. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa anda juga dapat terkena sengatan matahari pada cuaca berawan.

Pestisida dan herbisida dengan arsenik organik berhubungan dengan kanker kulit, lebih baik hindarilah produk tersebut. Menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh dengan pola makan yang seimbang yang kaya akan antioksidan. Konsultasikan dengan dokter, jika anda melihat bentuk tidak teratur dan perubahan warna pada kulit.

 
  Incoming Keywords: cara mengatasi kanker kulit, cara untuk mencegah kangker kulit, pencegahan untuk penyakit kanker kulit, tips cara mengatasi kanker kulit

,

Comments are closed.