Membuat Proposal Sponsor untuk Kegiatan Sosial

Jika mungkin anda ingin mengadakan acara untuk tujuan sosial, hal pertama yang anda butuhkan adalah mengatur pembiayaan untuk acara, atau dengan kata lain anda membutuhkan sponsor. Dalam hal ini anda perlu juga untuk membuat dan mengajukan proposal sponsor. Apa yang perlu anda pahami adalah sebuah proposal bisnis. Anda menjual ide untuk sebuah bisnis, dan para sponsor juga mendapatkan keuntungan dari itu. Sebuah proposal sponsor adalah undangan yang anda berikan untuk memberikan dana pada acara tersebut, memberikan informasi tentang acara anda dan orang-orang yang akan menghadirinya, total anggaran, keuntungan dari mensponsori.

Proposal sponsor

Salah satu hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memutuskan tentang acara. Kemudian berpikir tentang jenis usaha yang mungkin akan tertarik untuk mensponsori anda. Anda dapat mengukur sesuai dengan jenis target yang anda miliki untuk acara tersebut. Misalnya, jika anda berencana untuk mengadakan sebuah fashion show, mungkin para usahawan pakaian secara alami akan tertarik untuk ikut mensponsori. Jika anda mengadakan kegiatan olahraga, mungkin para usahawan dari merek peralatan olahraga adalah orang-orang yang harus anda dekati. Adalah penting bagi anda untuk siap dengan rincian acara, jumlah uang yang anda butuhkan untuk sponsor dan kerangka waktu untuk acara tersebut. Buatlah daftar merek dan bisnis yang akan tertarik dan mulai membuat proposal sponsor.

  • Pelajari merek atau bisnis yang akan anda dekati, untuk uang sponsor dan perlu untuk mengetahui apakah mereka juga pernah memberikan untuk hal yang sama. Tahu tentang jenis kegiatan yang pernah disponsori oleh mereka dan mendapatkan informasi tentang format proposal sponsor yang tepat. Memberikan informasi tentang acara anda secara singkat dan menekankan mengapa acara ini akan mendapatkan keuntungan dari sponsor.
  • Memberikan informasi yang lengkap mengenai acara, durasi dan lokasi bersama dengan informasi tentang penonton yang akan hadir. Berikan perkiraan biaya sponsor secara jelas, bagaimana anda berencana untuk menggunakan uang mereka.
  • Pada bagian berikutnya, berbicara tentang bagaimana mensponsori acara anda, apakah sejalan dengan tujuan bisnis mereka. Memberikan informasi tentang fasilitas iklan dapat mereka sediakan selama acara, seperti spanduk dan outlet untuk promosi produk mereka.
>>  Tips Menulis Puisi

Membuat proposal sponsor yang baik adalah tentang menjual acara untuk sponsor dan  bagaimana mereka mendapatkan keuntungan dari investasi ini. Kuncinya terletak dalam mengidentifikasi jenis bisnis yang akan mendapatkan keuntungan dari mensponsori dan iklan pada acara. Mendekati bisnis yang tepat, sesuai dengan sifat acara adalah suatu hal yang wajib. Membuat permintaan yang wajar, memberikan kesempatan iklan sebagai kesepakatan akan memberikan peluang agar pengajuan proposal sponsor diterima.

,

Comments are closed.