Proses Pencernaan Makanan dalam Tubuh Menghasilkan Energi

Untuk tubuh anda, makanan merupakan energi yang potensial. Tetapi untuk mewujudkan potensi itu, ada sejumlah proses pencernaan secara kompleks yang terjadi tanpa anda sadari.

Kebanyakan orang tidak berpikir banyak tentang makanan yang mereka makan. Proses pencernaan sebenarnya cukup menarik. Tubuh anda pada dasarnya adalah sebuah pabrik yang menggunakan makanan sebagai bahan baku untuk memproduksi energi. Seperti halnya mesin, tubuh anda hanya berfungsi secara optimal jika terpelihara dengan baik.

Proses Pencernaan

Mulut
Proses pencernaan sebenarnya dimulai setelah makanan menyentuh lidah anda. Mengunyah makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil memungkinkan enzim pencernaan bekerja lebih efisien. Mengunyah juga memicu pelepasan air liur, yang berisi enzim yang disebut amilase.

Perut
Setelah anda makan, makanan berjalan turun melalui kerongkongan ke perut anda, yang berfungsi sebagai tangki pengolahan. Karena anda makan lebih cepat daripada mengosongkan perut, maka perut harus mampu untuk menyimpan makanan sementara waktu. Dinding perut menjadi melar dan menampung cukup banyak makanan.

Perut mencampur makanan dan enzim untuk dibuat semacam bubur. Bahan kimia dalam bubur mulai bekerja lebih lanjut dan kemudian enzim mulai memecah protein ke dalam komponen asam amino.

Dinding perut memiliki lapisan lendir tebal yang melindungi dari proses pencernaan. Beberapa orang mungkin tidak menghasilkan cukup lendir ini, sehingga dapat menderita asam lambung atau keluhan serupa lainnya ketika cairan pencernaan mengiritasi lapisan lambung.

Usus kecil
Akhirnya, perut anda mulai mengosongkan bubur makanan dan asam ke dalam usus kecil. Pankreas mengirimkan enzim yang disebut lipase. Bersama dengan lipase, enzim dari usus kecil memecah makanan menjadi nutrisi kimia.

Penyerapan
Setelah makanan di usus kecil anda telah dipecah, maka akan diserap ke dalam aliran darah. Karbohidrat adalah yang paling cepat dihasilkan, yang dipecah menjadi glukosa, dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Beberapa di antaranya digunakan untuk menyediakan energi instan, dan sisanya disimpan sebagai glikogen dalam hati dan otot. Glikogen merupakan cadangan energi yang akan muncul ketika glukosa berjalan rendah.

>>  Makanan Untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

Protein akan dipecah menjadi asam amino, yang cukup kecil untuk diserap melalui dinding usus. Kemudian memasuki aliran darah dan dibawa ke seluruh tubuh untuk membantu dalam perbaikan sel.

Lemak – dipecah menjadi asam lemak dan kolesterol dalam usus kecil dan kemudian diserap. Lemak juga digunakan sebagai sumber energi, terutama bila glikogen kurang.

Tubuh anda juga menyerap vitamin dari makanan yang anda makan dengan cara yang sama. Setelah terserap melalui dinding usus anda, maka akan diangkut melalui aliran darah ke manapun dibutuhkan.

Gerakan usus
Buang air besar terdiri dari apa pun yang anda makan, dan tubuh anda tidak dapat menyerapnya. Tubuh tidak bisa menyerap serat, karena molekul yang terlalu besar untuk dipecah.

,

Comments are closed.