Beda antara Blogging & Jurnalistik

Blogging adalah tren yang mekar dalam beberapa tahun terakhir. Kedua alat ini kuat di media dan blogging mungkin menjadi hal besar berikutnya untuk mengambil alih jurnalisme. Perdebatan tentang jurnalisme vs blogging masih menyala. Blogger menyatakan blog mereka merupakan sumber yang kaya informasi serta hiburan di internet dan sesuai dalam pedoman jurnalistik.

Apa itu Blogging?

Blogging adalah proses membuat tulisan di blog, yang dapat diperbarui secara berkala dan memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan konten di internet. Blog juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan umpan balik instan dari pembaca. Blogging juga menyimpan catatan kronologis dari tulisan yang diupload oleh blogger di blog secara teratur. Blogging adalah memberikan informasi, hiburan dan juga merupakan sarana lebih lanjut untuk jejaring sosial.

Jenis Kategori Blog

Konsep blogging adalah mengambil cepat secara online, dan hal itu sudah menjadi fenomena besar dan banyak orang yang anda tahu memiliki blog sendiri. Blog ini dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian berdasarkan konten, media yang digunakan atau kepentingan para blogger juga.

Blog personal
Membuat sebuah blog pribadi atau personal adalah seperti memiliki buku harian online. Pengguna sering menuliskan pendapat pribadi mereka dan pikiran, atau hanya menulis tentang rutinitas mereka di blog pribadi. Blog pribadi merupakan cara yang sangat baik bagi orang untuk melampiaskan emosi mereka dari pengalaman sehari-hari disamping memiliki catatan kronologis online. Bahkan mereka dapat membuat blog yang dapat diakses oleh semua pembaca secara online, sehingga orang-orang dapat menemukan blog yang menarik atau berbagi masalah yang sama atau juga dapat berbagi ide.

Blog perusahaan
Mengingat popularitas blogging, organisasi perusahaan telah membuat blog mereka yang unik. Sebuah blog korporat memungkinkan interaksi antara pengusaha, karyawan dan klien.

Blog pemasaran
Blog yang dibuat sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu yang dapat disebut sebagai blog marketing. Blog pemasaran menjadi semakin populer karena munculnya internet sebagai media pemasaran yang luas dan global.

Blog Selebriti
Sebuah blog selebriti adalah sebuah platform bagi masyarakat untuk membahas selebriti tertentu yang mereka suka atau tidak suka. Blog milik selebriti dapat bertujuan untuk promosi mereka sendiri dan tidak membiarkan konten yang merusak atau cenderung merusak citra publik mereka.

Blog fashion
Blog tentang fashion yang sangat populer di internet. Hal ini juga merupakan cara yang bagus bagi orang-orang untuk membahas tren terbaru dalam mode, para desainer terpanas dan peristiwa terkait lainnya.

Blog musik
Blog yang memungkinkan orang untuk berbagi musik serta berinteraksi dengan pecinta musik lainnya. Blog musik juga memungkinkan pengguna untuk meninjau musik dan berbagi preferensi mereka.

Foto blogging
Blog foto adalah blog yang mencakup foto-foto sebagai konten utama. Sebuah blog foto adalah cara terbaik untuk berbagi foto di web.

>>  Contoh Format Surat Peringatan untuk Karyawan

Blog video
Blog video adalah blog yang mencakup video klip sebagai konten utama.

Mobile blog
Blog yang dibuat melalui ponsel disebut sebagai blog mobile atau mo-blog.

Apa itu Jurnalisme?

Secara tradisional didefinisikan sebagai proses pengumpulan, editing analisis, dan penyebaran berita. Konvensional jurnalisme seharusnya berfokus pada penyebaran berita, namun seiring berjalannya waktu kemudian berkembang pula informasi dan hiburan, sehingga menimbulkan suatu konsep yang disebut infotainment.

Kategori dalam Jurnalisme

Media cetak
Media cetak meliputi surat kabar, majalah, brosur atau bahkan leaflet. Media cetak meskipun dianggap usang karena munculnya televisi dan internet, memiliki pembaca yang cukup besar. Media cetak berusaha untuk menemukan kembali dirinya dengan penggunaan warna dan gambar yang lebih, dan juga dengan mencoba membuat format surat kabar lebih akrab.

Penyiaran
Sektor penyiaran dibanjiri dengan sejumlah saluran berita secara live. Portal berita di internet juga termasuk dalam kategori ini, sebagian besar dari mereka menjadi portal kantor berita, saluran berita atau publikasi berita.

Etika dan Hukum

Sejauh etika media dan hukum yang bersangkutan, para blogger berada di bawah pengawasan publik yang konstan dan harus sangat berhati-hati tentang keaslian dan kredibilitas konten mereka mengenai hal yang sangat sensitif. Ada beberapa kasus di mana blogger dituntut atas konten yang dilarang di blog mereka. Di sisi lain, praktisi jurnalisme memberitakan objektivitas lengkap ketika melaporkan berita, yang berarti memiliki pandangan yang objektif. Wartawan sendiripun sebagai jurnalis juga sering menghindari celah tersebut.

Hal ini dapat diakui bahwa tidak semua blog dapat diakreditasi sebagai sumber informasi yang otentik, namun sebagian besar dari mereka memberikan informasi berdasarkan pengalaman pribadi, yang dapat dianggap sebagai salah satu hiburan, informasi ataupun infotainment. Dalam hal di mana jurnalisme sedang berjuang untuk menjaga keseimbangan antara berita dan hiburan, serta meminta partisipasi publik melalui jajak pendapat, maka blog dapat ditandai sebagai sumber infotainment yang benar-benar masuk ke dalam bingkai jurnalistik. Bagi mereka para blogger yang ingin menaikkan trafik, mereka dapat melihat-lihat tajuk rencana di media cetak dan seperti cerita cabul, sebagai karya untuk menghasilkan pembaca yang maksimal.

Jurnalisme adalah tentang bercerita, baik anda atau orang lain. Selama ada jutaan orang, maka akan ada jutaan cerita menunggu untuk diberitakan. Bukan masalah apakah anda meletakkannya di blog atau media lain, selama masih ada orang yang membaca.

,

Comments are closed.