Buah Semangka, Manfaat & Kandungan Nilai Gizi

B uah semangka termasuk keluarga cucurbitaceae dan memiliki berbagai jenis. Struktur dasar semangka terdiri dari daging yang tebal dengan rongga biji. Semangka dikenal dengan rasa yang unik, manis dan berair. Dalam memakan buah semangka, biji semangka perlu dihilangkan sebelum dimakan. Manfaat buah semangka menguntungkan kesehatan anda karena mengandung berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Kandungan gizi semangka

Buah semangka yang khas mengandung gula sekitar 10% dan berat air 90%. Kulit bagian dalam semangka juga mengandung banyak nutrisi. Umunya, 14 gram lemak dikandung dari tiap 100 gram buah semangka. Setiap 14 gram buah semangka mengandung 1,5 gram lemak jenuh, 9,3 gram tak jenuh ganda dan 2,7 gram adalah lemak tak jenuh tunggal. Dalam 100 gram semangka, 7 gram terkandung protein. Hampir 5 gram terkandung karbohidrat. Semangka memiliki banyak mineral dan vitamin, berisi 1 mg sodium, 0,6 mg mangan, 200 mg fosfor, 0,5 mg tembaga, 100 mg magnesium, 195 mg potasium dan 17 mcg selenium. Terlepas dari nutrisi yang diberikan, 100 gram semangka mengandung 14 mg vitamin E, asam folat 64 mcg dan 1,9 mg asam pantotenat. Kalori dalam semangka dari bobot 100 gram terdapat antara 14 – 50 kalori.

Manfaat semangka untuk kesehatan

Berbagai nutrisi dan kalori semangka memberikan banyak manfaat kesehatan. Semangka mengandung hampir 90% air, zat yang membantu dalam mendorong buang air kecil. Dengan demikian, semangka membantu dalam membersihkan ginjal. Semangka juga mengandung kalium. Kalium berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Semua sifat-sifat kalium menghadirkan manfaat buah semangka untuk mengurangi resiko penyakit ginjal dan pembentukan batu ginjal di dalamnya.

  • Manfaat buah semangka memperlambat proses penuaan
    Semangka kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang sangat bagus. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dengan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Seiring bertambahnya usia, tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Sebagai contoh; penglihatan yang memburuk dengan bertambahnya usia. Cara mudah untuk menjaga gangguan penglihatan ini adalah dengan konsumsi vitamin C, yang ditemukan secara berlimpah pada buah semangka.

  • Khasiat buah semangka melindungi tubuh dari kanker
    Lycopene adalah karotenoid yang mempunyai sifat anti kanker dan juga merupakan konstituen penting dari semangka. Penelitian menunjukkan bahwa likopen yang rendah dalam darah menyebabkan seseorang mudah terserang kanker prostat. Penelitian juga membuktikan bahwa likopen dapat bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker paru-paru dan usus besar. Oleh sebab itu konsumsi buah semangka harian akan dapat mencegah penyakit kanker.


  • Manfaat buah semangka terhadap kesehatan jantung
    Apakah anda tahu semangka termasuk dalam daftar makanan jantung sehat? Manfaat kesehatan dari semangka tidak terbatas pada pencegahan kanker. Untuk kesehatan jantung, asupan likopen sangatlah penting. Untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan dosis harian dari lycopene, ditambah bersama dengan sayuran seperti tomat, kita juga dapat memakan buah semangka setiap hari. Buah semangka ini dapat melindungi jantung dari berbagai macam penyakit.

  • Manfaat buah semangka untuk meningkatkan stamina
    Mengkonsumsi buah semangka akan membuat anda merasa lebih berenergi. Ini disebabkan karena buah semangka juga kaya akan kandungan vitamin B. Sebagai obat lelah, konsumsi vitamin B dapat mengisi energi kembali. Jika tubuh kekurangan vitamin B maka akan menyebabkan mudah lemas. Maka itu sebagai cara alami yang terbaik, buah semangka mempunyai manfaat untuk meningkatkan stamina.

Semangka mengandung karotenoid yang secara ilmiah telah terbukti untuk mencegah pengerasan dinding arteri dan vena. Karotenoid yang ditemukan dalam semangka adalah lycopnene. Hal ini dikenal untuk meningkatkan fungsi jantung. Mengkonsumsi semangka secara teratur juga dapat mengurangi resiko bahaya terserang stroke.

Menurut pengamatan umum, penderita diabetes seringkali tidak merasa puas dengan makan. Hal ini mungkin semangkakarena asupan terbatas kuantitas makanan dan kalori. Penderita diabetes merasa rendah energi dan sering merasa lapar. Bagi mereka dan orang-orang dengan kondisi yang sama, semangka adalah obatnya. Karena kandungan air dan serat, memberikan rasa puas. Bagi penderita diabetes, semangka akan memberikan kalium dan magnesium. Dengan demikian, manfaat buah semangka bagi kesehatan membantu dalam menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh.

Buah semangka mengandung asam amino, yang disebut arginin, yang meningkatkan dampak insulin pada gula darah. Arginin juga dikenal untuk menyembuhkan disfungsi ereksi. Semangka mengandung vitamin C, yang mengurangi kolesterol dan menjaga jantung tetap sehat. Selain itu memberi perlindungan pada mata anda dari degenerasi makula dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan penuaan seperti glaukoma.

Khasiat biji semangka bagi kesehatan

Sambil memakan semangka mungkin saja anda akan menelan bijinya. Nutrisi yang terkandung dalam biji semangka tidak diserap jika benih tidak dikunyah atau rusak sebelum ditelan. Manfaat gizi dari biji semangka berhubungan dengan vitamin dan mineral. Biji semangka kaya akan zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, tembaga, seng, dan mangan. Kalsium dan fosfor membantu memperkuat gigi dan tulang. Besi dan tembaga akan membantu dalam meningkatkan kualitas darah yang akan membuat fungsi organ tubuh berjalan dengan baik. Beberapa mineral ini membawa sifat antioksidan yang membantu menahan efek radikal bebas pada tubuh. Kalium, seng, magnesium, dsb membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Biji semangka yang kaya akan vitamin B juga akan membantu dalam meningkatkan fungsi sistem saraf. Vitamin B membantu metabolisme karbohidrat dan protein. Asam folat menjaga kesuburan dan membantu mencegah cacat struktural pada bayi. Biji semangka bermanfaat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Seperti halnya buah semangka, manfaat biji semangka untuk kesehatan sangatlah banyak.

Meski banyak orang menyadari manfaat buah semangka, tidak terlalu banyak orang yang mengetahui manfaat biji semangka. Biji semangka tinggi akan kalori dan lemak, maka itu harus dikonsumsi dalam jumlah moderat. Jika anda mengkonsumsi dengan berlebihan maka justru akan menyebabkan bertambahnya berat badan dan penyakit jantung.

Ini adalah beberapa fakta mengenai kalori semangka, manfaat buah semangka dan bijinya, serta nilai gizi buah semangka. Sekarang, anda harus memahami betapa penting akan manfaat buah semangka untuk kesehatan. Dengan memakan semangka secara teratur akan membuat badan tetap sehat dan bugar.

 
  Incoming Keywords: apakah mineral itu semangka, zat terkandung dalam semangja

, , , , ,

Comments are closed.