Sejarah Singkat Perjalanan Buah Pisang

Buah pisang, buah yang berwarna kuning, sangat kaya akan vitamin dan mineral, adalah salah satu buah favorit di seluruh dunia. Pisang dikenal sebagai makanan yang mengandung nutrisi penting. Hal ini juga dianggap eksotis bagi orang-orang yang tinggal di negara-negara beriklim dingin, karena pada dasarnya buah tropis. Pisang adalah buah dari tanaman herba, terkait dengan keluarga anggrek.

Sejarah Buah Pisang

Buah pisang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan menjadi salah satu buah yang paling populer di dunia. Para ahli yang berpendapat bahwa budidaya buah pisang  mendahului budidaya padi. Hal ini diyakini bahwa domestikasi pertama buah ini terjadi di dataran tinggi Papua Nugini.

Bukti tertulis paling awal tentang keberadaan pisang ditemukan dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 SM, yang menunjukkan bahwa mereka telah mencapai India saat itu. Pisang yang ada saat ini, sebenarnya merupakan strain mutan, ditemukan pada tahun 1836 oleh Jean Francois Poujot di Jamaika.

Pada 327 SM, Alexander Agung dan pasukannya menemukan pisang dalam perjalanan mereka di India dan memperkenalkan buah pisang ke dunia barat, khususnya ke negara-negara Mediterania.

Sejarah pisang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan pelaut Portugis yang tiba di Eropa dari Afrika Barat pada awal abad ke-15. Pada 1482, pisang dibawa oleh para penjelajah Portugis ke Canary Island dan Hindia Barat. Cina adalah negara pertama yang membudidayakan tanaman buah pisang secara terorganisir.

Buah pisang diperkenalkan kepada masyarakat Amerika hampir pada saat yang sama, oleh dua orang secara terpisah, yaitu; Lorenzo Dow Baker dan Minor Keith. Lorenzo adalah seorang kapten laut yang mencapai Jamaika di schooner yang tertarik dan mengamati buah kuning yang aneh di pasar. Karena penasaran, dia membeli beberapa tandan dan membawanya ke Amerika dan menjualnya di pasar buah New Jersey. Pada saat yang sama, Keith Minor, yang membangun jalan kereta api di Kosta Rika, menanam pohon pisang di dekat jalur kereta api. Ketika pembangunan jalan kereta api selesai, buah-buahan diangkut ke pelabuhan dengan kereta api dan kemudian, diekspor ke Amerika. Setelah itu pisang menjadi makanan populer di Amerika Serikat.

>>  Apa Saja Manfaat Labu Botol

Potensi pemasaran pisang ditemukan pada tahun 1870 oleh pengusaha Amerika dan Eropa. Mereka berpikir tentang mengekspor buah dan perusahaan yang didirikan untuk perkebunannya. Secara bertahap, seluruh industri muncul di Amerika Tengah dan Amerika Selatan untuk perkebunan dan ekspor buah pisang. United Fruit Company adalah yang pertama kali untuk memulai produksi komersial mereka.

Saat ini, pisang merupakan salah satu buah yang paling dicari-cari di dunia. Hal ini dibudidayakan di lebih dari 170 negara dan memainkan peran penting dalam perekonomian negara-negara berkembang. Buah pisang rendah kalori dan lemak, kaya akan vitamin B6, dan mudah dicerna. Pisang juga mengandung serat, vitamin C, kalium dan magnesium, dan karena itu disebut sebagai makanan holistik. Mereka bisa menjadi sangat efektif untuk pasien yang menderita anemia, tekanan darah, sembelit, depresi, nyeri ulu hati, stres, radang usus, dll. Pisang juga  bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan otak.

Buah pisang dapat dimakan mentah, digoreng, dipanggang, dibakar, tumbuk atau panggang dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan manis seperti puding, makanan penutup, kue dan karamel. Tidak peduli dengan cara bagaimana anda mengkonsumsinya, buah pisang membantu anda tetap sehat dan bugar.

, ,

Comments are closed.