Alasan Kenapa Makan Daging

Akhir-akhir ini, kita mendengar banyak berita mengerikan tentang efek kesehatan dari konsumsi daging. Menurut keterangan dari para ahli kesehatan bahwa mengkonsumsi daging merah akan cenderung lebih mudah untuk terserang penyakit kanker payudara, pencernaan, dan ginjal.

Mengacu pada hal ini maka membuat banyak orang yang beralih menjadi vegetarian. Kebanyakan orang menganggap diet dengan sayuran dan buah-buahan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Mereka beranggapan bahwa untuk mengkonsumsi protein nabati atau sayuran dianggap lebih aman daripada protein hewani.

Jika anda memang berpikir demikian maka itu belum sepenuhnya benar. Bagaimanapun juga mengkonsumsi daging masih tetap diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi vital tubuh metabolik, selain itu juga untuk menghasilkan banyak energi.

Di bawah ini adalah manfaat mengkonsumsi daging bagi kesehatan

1. Daging mengandung sejumlah protein dengan kadar tinggi yang penting untuk tubuh. Protein dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, selain itu juga berpengaruh pada peningkatan dan perkembangan jaringan tubuh, serta memproduksi antibodi yang akan melindungi tubuh dari infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Intinya, karena daging mengandung asam amino esensial-sumber protein yang terbaik.

2. Selain kaya akan nutrisi, daging adalah sumber zat besi, seng dan selenium. Besi dalam hemoglobin memiliki fungsi penting yang membantu membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh. Adapun seng, akan membantu pembentukan jaringan dan metabolisme. Sedangkan kandungan selenium akan memecah lemak dan bahan kimia dalam tubuh.

3. Vitamin adalah nutrisi yang penting dan dapat dicukupi melalui asupan makanan. Vitamin A, B dan D sebenarnya dapat ditemukan dalam daging. Manfaat vitamin-vitamin tersebut tidak hanya berguna untuk kesehatan mata, gigi dan tulang yang kuat saja, tetapi juga mendukung sistem kerja saraf pusat yang juga mempengaruhi kesehatan mental. Bukan hanya itu, konsumsi daging juga bisa membuat kulit kita akan menjadi lebih sehat.

,

Comments are closed.