Keterampilan Manajemen Dasar di Tempat Kerja

Keterampilan manajemen dasar di tempat kerja adalah salah satu keterampilan penting yang diperlukan untuk menjadi karyawan yang baik. Sebagian besar dari kita perlu mengerjakan pekerjaan yang berbeda pada waktu yang sama. Setiap pekerjaan akan memiliki tujuan yang berbeda dan tenggat waktu yang terpisah. Orang yang kurang terorganisir dan kurang dapat mengatur diri mungkin kebingungan dalam pekerjaan-pekerjaan yang berbeda, yang dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Satu-satunya solusi untuk melakukan pekerjaan secara efisien di kantor adalah dengan menjadi orang yang terorganisir dan teratur.

Menjadi Teratur

Menata meja
Banyak orang memiliki kebiasaan menumpuk meja mereka dengan berbagai jenis file, kertas dan dokumen. Karena ini, mereka mungkin harus menghabiskan setengah dari waktu kerja mereka untuk mencari apa yang mereka inginkan. Selain itu, akan sangat mudah untuk kehilangan dokumen yang berharga ketika meja yang berantakan. Oleh karena itu, langkah pertama untuk mengatur pekerjaan anda adalah membersihkan dan menata. Hal ini penting untuk menempatkan surat-surat dan dokumen ke dalam arsip yang tepat secara teratur. Setiap hal harus memiliki tempat tertentu, dan harus dimasukkan kembali ke tempat semula setelah digunakan. Dengan cara ini, anda tidak perlu membuang waktu anda dalam mencari hal-hal penting. Sebaliknya, ketika semua hal sudah tersedia, anda benar-benar akan dapat bekerja lebih cepat dan menyelesaikan pekerjaan anda tepat waktu.

Mengatur informasi
Di tempat kerja, anda akan harus berurusan dengan berbagai macam dokumen yang berisi informasi penting. Meskipun anda memiliki kebiasaan meletakkan dokumen-dokumen ke dalam arsip, pastikan bahwa anda tidak melakukannya dengan cara yang serampangan. Ada berbagai metode di mana anda dapat melakukan hal ini. Anda dapat menggunakan pengikat untuk memilah-milah semua informasi penting. Bahkan jika anda menggunakan komputer, buatlah folder terpisah untuk file data yang berbeda untuk menghindari membuang-buang waktu dalam mencari informasi nantinya. Pastikan untuk membagikan nomor unik untuk setiap file atau folder. Anda dapat membuat indeks pada komputer anda dan memberikan rincian nomor file dan isinya. Ini akan membantu anda memilih file yang benar pada waktu tertentu hanya dengan menjalankan pencarian di komputer anda untuk mencari dokumen. Pada dasarnya, anda dapat membuat cara unik sendiri dengan mengorganisir informasi yang anda temukan.

Keterampilan di Tempat Kerja

Perencanaan
Setelah anda menata meja anda dan semua informasi, langkah berikutnya adalah untuk merencanakan pekerjaan. Perencanaan merupakan salah satu keterampilan yang paling penting di tempat kerja. Sebelum anda memulai hari anda di kantor, penting untuk merencanakan setiap aspek dari pekerjaan anda. Namun, ada banyak orang yang berpikir bahwa pengorganisasian dan perencanaan adalah proses melelahkan dan memakan waktu. Tapi, apa yang tidak mereka sadari adalah bahwa perencanaan pekerjaan mereka akan memberikan gambaran umum tentang apa yang harus mereka lakukan sepanjang hari. Anda dapat membuat jadwal yang akan mengingatkan anda tentang segala kegiatan yang harus anda lakukan. Dengan adanya jadwal, anda dapat membuat daftar hal-hal yang harus anda lakukan, serta juga target anda.

>>  Tugas Resepsionis Rumah Sakit

Waktu
Keterampilan lain yang sangat penting tidak hanya di tempat kerja, tetapi juga dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu manajemen waktu. Ada banyak orang yang mengeluh karena tidak memiliki waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Meskipun tidak mungkin untuk mengubah jumlah jam yang kita miliki dalam sehari, sebaliknya, adalah mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik dengan mengelola waktu yang tersedia. Untuk ini, anda harus merencanakan dengan baik tentang bagaimana anda akan menghabiskan hari anda. Dengan cara ini, anda akan dapat menyelesaikan pekerjaan anda tepat waktu dan kadang-kadang sebelum waktunya juga.

Komunikasi

Hal ini penting untuk memiliki keterampilan komunikasi yang memadai di tempat kerja. Berkomunikasi dengan bos, rekan atau bawahan, kita harus memastikan bahwa informasi yang anda berikan adalah jelas dan tepat. Komunikasi yang buruk dapat menyebabkan beberapa kesalahpahaman, kemudian mengarah pada penurunan kinerja karyawan, yang secara langsung akan mempengaruhi perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus menggalakkan komunikasi yang efektif di tempat kerja antara karyawan. Untuk ini, perlu diadakan pertemuan secara teratur sehingga karyawan dapat berbicara tentang kinerja mereka dan masalah yang mereka hadapi. Mereka juga harus meminta saran yang dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Ada banyak cara untuk belajar keterampilan manajemen bekerja yang berbeda untuk orang yang berbeda. Apa yang harus anda lakukan adalah untuk menemukan cara yang cocok. Setelah anda belajar, anda akan dapat menyerap keterampilan terbaik yang akan membantu karir anda dengan cara yang positif.

Comments are closed.