Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan

Ginseng, salah satu tanaman yang paling populer yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini juga dianggap efektif sebagai adaptogen. Hal ini diyakini bahwa tanaman ginseng ditemukan 5000 tahun yang lalu, di daerah pegunungan Cina utara. Awalnya digunakan untuk keperluan memasak. Tanaman ini telah digunakan untuk tujuan pengobatan, selama 3000 tahun terakhir. Menurut catatan medis Cina kuno, ginseng dapat menyegarkan tubuh dan jiwa, juga bermanfaat dalam menyembuhkan banyak penyakit dan gangguan lainnya.

Ginseng berasal dari kata Cina yaitu renshen, yang berarti akar manusia. Hal ini karena bentuk yang bercabang dari akar ginseng, yang dibandingkan dengan kaki manusia. Daunnya juga digunakan untuk ramuan tertentu, namun daun hasil ramuan ini tidak begitu efektif. Ada banyak minuman energi yang mengandung ginseng. Teh ginseng juga sangat populer. Bahkan beberapa kosmetik mengandung ramuan ini. Beberapa orang menggunakan akar bersama dengan daging ayam untuk membuat sup.

Tanaman ginseng

Ginseng adalah tanaman yang tumbuh dengan lambat dengan akar berdaging. Tanaman ini biasanya tumbuh di lereng jurang. Tanaman ini memiliki satu tangkai daun, bunganya putih kehijauan. Akar tanaman ginseng yang lebih tua (lebih dari 100 tahun) yang sangat paling dicari, karena diyakini lebih bermanfaat.

Ginseng biasanya ditemukan di daerah yang beriklim dingin seperti Cina utara, Korea, dan Siberia. Ada berbagai jenis ginseng dan Asiatic ginseng(Panax Ginseng) adalah yang paling populer, disusul oleh ginseng Amerika(Panax quinquefolius). Asiatic ginseng diproses dan membentuk ginseng Korea atau ginseng merah. Jadi, ginseng Korea bukanlah jenis lain. Sedangkan ginseng Siberia(Eleutherococcus senticosus) adalah jenis yang berbeda.

Manfaat ginseng

Akar ginseng pada umumnya untuk dijual dalam bentuk kering. Tanaman ini juga dijual dalam bentuk teh dan merupakan bahan aktif dalam berbagai kosmetik dan suplemen herbal. Orang-orang Cina kuno menggunakan ginseng untuk tujuan pengobatan. Mereka menggunakannya untuk kekuatan dan kejantanan, serta untuk mengobati berbagai kondisi medis lainnya. Meningkatnya permintaan untuk ramuan ini mengakibatkan budidaya komersial, yang kini dilakukan di berbagai belahan dunia.

  1. Sesuai penelitian modern, ramuan ini diklasifikasikan sebagai adaptogen, yang mengacu pada zat yang meningkatkan daya tahan tubuh terhadap rasa lelah, trauma dan stres.
  2. Ginseng banyak digunakan dalam pengobatan diabetes, terutama  diabetes tipe II.
  3. Hal ini juga direkomendasikan sebagai afrodisiak dan stimulan. Digunakan untuk menyembuhkan disfungsi seksual pada pria dan diyakini untuk meningkatkan libido.
  4. Ginseng diyakini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.
  5. Tanaman ini sangat populer sebagai obat anti penuaan. Diyakini sangat efektif dalam mencegah beberapa efek utama penuaan.
  6. Ginseng bermanfaat untuk melawan flu dan batuk. Tanaman ini juga efektif dalam memerangi rematik, asam urat, neuralgia, anemia, stres, insomnia dan sakit kepala.
  7. Meningkatkan memori dan meningkatkan stamina, digunakan juga untuk menormalkan siklus menstruasi.
  8. Ginseng juga sebagai stimulan untuk sistem kekebalan tubuh karena memicu produksi senyawa kimia yang melawan virus.
  9. Melindungi hati dari efek negatif obat-obatan dan membantu dalam mencegah pembentukan pembekuan darah dalam tubuh.
>>  Manfaat Teh Hijau yang Menyehatkan Badan

ginsengSecara keseluruhan, ginseng dianggap sebagai ramuan yang dapat meningkatkan kesehatan. Tetapi juga penting untuk mengkonsumsinya sesuai dengan dosis yang tepat. Dalam dosis tinggi, ramuan ini dapat menyebabkan gejala-gejala seperti; mulut kering, gangguan penglihatan, sakit kepala, sulit tidur, gatal, edema, mudah lelah, tekanan darah tinggi, penurunan detak jantung. Wanita hamil dan menyusui, anak-anak, orang dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular, harus menghindari mengkonsumsi obat ginseng ini.

Banyak orang yang menggunakan obat dari ramuan ginseng ini didukung oleh bukti ilmiah dan berhasil, namun banyak juga orang lain yang masih belum terbukti. Tidak ada bukti konklusif untuk hal yang sama. Tidak ada bukti yang cukup untuk membuktikan kemanjurannya dalam mengobati beberapa jenis kanker, demam, depresi dan fibromyalgia. Namun ada banyak pengguna ginseng yang menjamin keberhasilan ramuan ini.

 
  Incoming Keywords: manfaat daun gingseng, manfaat tanaman ginseng, fungsi dari daun gingseng, khasiat daun gingseng, manfaat daun ginngseng, manfaat daun ginseng, Manfaat daun ginseng dari korea, Manfaat tan gingseng, tanaman ginseng dan manfaatnya

, , ,

Comments are closed.