Perbedaan Pneumonia dan Pneumonia Berjalan

Pneumonia merupakan salah satu gangguan pernapasan yang paling umum dan parah. Kondisi tersebut terjadi akibat peradangan pada paru-paru termasuk saluran pernapasan. Peradangan ini disebabkan karena bakteri, infeksi virus atau jamur.  Memang benar bahwa pneumonia dapat menyebabkan kematian, namun tidak semua jenis pneumonia mengarah ke sana. Pneumonia berjalan adalah salah satu jenis pneumonia yang tidak mengancam jiwa. Di sini kita akan tahu lebih banyak tentang dua kondisi dan juga mengetahui perbedaan antara keduanya.

Jenis Pneumonia

Sebelum melihat perbedaan antara kedua kondisi, kita harus tahu apakah sebenarnya pneumonia dan pneumonia berjalan. Sebagaimana disebutkan di atas, pneumonia atau pneumonia biasa adalah peradangan paru-paru yang disebabkan faktor eksternal. Hal ini dapat ringan dan juga berat, bahkan mengancam jiwa. Pneumonia biasa ditemukan pada anak-anak, dewasa dan orang tua(pada umumnya pada orang tua). Faktor-faktor tertentu seperti merokok, polusi udara, kekebalan rendah, rawat inap di ICU dan pembedahan dapat meningkatkan risiko seseorang untuk tertular pneumonia. Gejala pneumonia yang mirip dengan gejala gangguan pernapasan lain seperti bronkitis. Demam, panas dingin, sesak napas, batuk, nyeri dada, nyeri otot, kelelahan, dll adalah beberapa gejala utama pneumonia.

Di sisi lain, pneumonia berjalan juga dikenal sebagai pneumonia atipikal mycoplasma, adalah jenis ringan pneumonia. Seperti yang disebabkan karena bakteri yang dikenal sebagai mycoplasma pneumoniae, yang dikenal sebagai pneumonia mycoplasma. Anda pasti bertanya-tanya mengapa jenis pneumonia ini dikenal sebagai pneumonia berjalan. Berjalan adalah istilah orang awam yang digunakan untuk menggambarkan bentuk lebih ringan dari pneumonia. Hal ini dikenal sebagai  pneumonia berjalan seperti ketika menderita kondisi ini, seseorang bisa berjalan dan tidak harus dirawat di rumah sakit. Jenis pneumonia ditemukan biasanya pada anak-anak. Mari kita lihat perbedaan antara dua kondisi.

>>  Apa Itu Pneumonia?

Perbedaan Pneumonia dan Pneumonia Berjalan

Anda harus mengetahui bahwa pneumonia biasa dapat disebabkan karena bakteri, infeksi virus atau jamur. Parasit lainnya juga diyakini menyebabkan pneumonia pada orang. Penyebab pneumonia termasuk merokok, polusi udara, dll. Sebaliknya, pneumonia berjalan hanya disebabkan karena infeksi yang disebabkan karena bakteri mycoplasma pneumoniae. Oleh karena itu, dapat kita amati bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah faktor yang menyebabkan salah satu dari kondisi tersebut. Dengan membandingkan antara pneumonia dan pneumonia berjalan, perlu dicatat bahwa  pneumonia berjalan adalah bentuk lebih ringan dari pneumonia, sedangkan pneumonia biasa dapat ringan sampai parah bahkan mengancam jiwa, pneumonia berjalan tidak pernah mengancam jiwa dan tidak pernah memerlukan rawat inap.

Ketika berbicara tentang perbedaan antara pneumonia dan pneumonia berjalan, faktor lain yang layak disebutkan adalah tentang tanda-tanda dan gejala dari kondisi ini. Gejala pneumonia berjalan cukup ringan, kondisi ini sering diabaikan dan jarang didiagnosis dengan benar dalam tahap awal. Orang mungkin mengalami batuk selama beberapa minggu karena pneumonia berjalan, tetapi mungkin orang tersebut berpikir bahwa dia hanya menderita sakit tenggorokan biasa. Pneumonia berjalan diobati dengan bantuan antibiotik (seperti yang disebabkan karena infeksi bakteri), sedangkan pengobatan pneumonia tergantung pada penyebabnya.

Seiring dengan perbedaan dari kedua kondisi ini, terdapat juga beberapa kesamaan. Oleh karena itu, jika anda mengalami gejala yang tidak mereda dalam beberapa hari, Anda harus berkonsultasi segera dengan dokter dan melakukan perawatan yang tepat.

 
  Incoming Keywords: perbedaan pneumonia berat dan ringan

,

Comments are closed.