Apa Itu Pneumonia?

Pneumonia adalah kondisi pernapasan yang terjadi sebagai akibat dari bakteri, virus atau jamur. Dengan setiap napas yang anda ambil, selalu ada risiko yang menyebabkan penyakit memasuki tubuh anda. Sementara tubuh manusia memiliki mekanisme sendiri dalam menghadapi situasi seperti itu. Ada saat-saat, ketika tubuh kita tidak mampu untuk melawan bakteri penyebab penyakit, virus atau patogen lain.

Ketika patogen masuk ke paru-paru dan mulai berkembang biak, ada kemungkinan besar paru-paru kita terinfeksi. Pneumonia merupakan salah satu kondisi pernapasan seperti yang terjadi ketika paru-paru yang terkena patogen. Setiap kali patogen penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh kita, sistem kekebalan tubuh akan diaktifkan. Sebagai respon imun, sel-sel darah putih dikirim ke tempat infeksi.

Penyebab pneumonia

Seperti disebutkan sebelumnya, pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh racun-racun lingkungan, bakteri, virus atau jamur. Beberapa patogen muncul di lingkungan kita. Streptococcus pneumoniae adalah salah satu bakteri seperti yang dapat ditemukan di bagian belakang hidung, mungkin membuat jalan ke dalam paru-paru dan menyebabkan pneumonia. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang melemah akibat penyakit lain, kemampuan untuk melawan infeksi tersebut sangat berdampak. Tinggal dekat dengan orang yang terinfeksi mungkin membuat rentan juga.

Berbagi pakaian dari orang yang terinfeksi juga akan menempatkan pada peningkatan risiko mengalami kondisi ini. Hal ini lebih mungkin terjadi pada kasus orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Influenza A dan B, respiratory syncytial virus, herpes simpleks, varicella zoster virus, adenovirus atau virus parainfluenza adalah beberapa virus yang dapat menyebabkan pneumonia.

Beberapa virus atau bakteri mungkin juga diperoleh dan didapat di rumah sakit. Jadi, berhati-hatilah jika anda pernah mengunjungi rumah sakit. Pneumonia dapat mengancam jiwa bagi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah tanpa kompromi.

>>  Perbedaan Pneumonia dan Pneumonia Berjalan

Gejala dan pengobatan pneumonia

Seperti disebutkan sebelumnya, pilek atau flu mungkin bertambah buruk dan berkembang menjadi pneumonia. Pada saat ini, gejala pneumonia mungkin mulai muncul. Pernapasan yang pendek, menggigil, batuk, berkeringat, sakit kepala, nyeri otot, mual, muntah, demam, kelelahan atau malaise adalah beberapa gejala pneumonia umum. Jika infeksi paru-paru tersebut dikarenakan oleh bakteri maka pengobatan akan menggunakan antibiotik.

Kita juga harus tetap terhidrasi dengan baik setiap saat. Berbagai bakteri mungkin telah menjadi kebal terhadap antibiotik, sehingga perlu mengambil tindakan pencegahan seperti imunisasi dengan vaksin pneumonia, yang akan memberikan perlindungan terhadap penyakit pernapasan. Jika seseorang menderita radang paru-paru, penggunaan obat anti virus mungkin dianjurkan.

Ini adalah beberapa informasi tentang apa itu pneumonia dan bagaimana anda mendapatkannya. Karena patogen yang menyebabkan penyakit ini dapat menyebar ke orang lain melalui kontak langsung dan tidak langsung, seseorang harus mengambil semua langkah yang mungkin untuk menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi. Merokok juga dapat membuat rentan terhadap penyakit pernapasan, karena itu penting sekali untuk berhenti merokok.

 
  Incoming Keywords: apa itu pneumonia

, ,

Comments are closed.