Perbedaan HIV dan AIDS

Salah satu penyakit yang paling ditakuti saat ini adalah AIDS. Ada lebih dari 25 juta orang terinfeksi HIV di seluruh dunia. Meskipun orang cenderung mengatakan bahwa HIV dan AIDS adalah sama saja, namun sebenarnya kedua kondisi ini berbeda satu sama lain.

HIV

Adalah penting bahwa seseorang memahami kondisi masing-masing secara khusus. HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Ini adalah kelompok virus tertentu yang ditularkan dari manusia yang terinfeksi ke individu yang sehat. Virus ini tidak dapat ditularkan oleh gigitan serangga seperti gigitan nyamuk. Setelah seseorang terinfeksi HIV, maka itu melemahkan sistem kekebalan tubuh. HIV menyerang limfosit CD4 dari sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan kerusakan besar pada tingkat kekuatan kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, menjadi sangat mudah untuk terinfeksi penyakit lain, menyebabkan organisme serta kanker menyerang tubuh. Jika seseorang terinfeksi dengan virus ini, maka akan dimungkinkan tetap berada dalam lingkaran itu selamanya. Tidak ada obat yang pasti. Namun ada perawatan yang membantu mengontrol perkembangan penyakit dan mengurangi infeksi HIV.

HIV merupakan penyebab di balik infeksi AIDS. Infeksi AIDS pertama kali diidentifikasi pada tahun 1981 di Amerika Serikat. Pada tahun 1984, terbukti bahwa HIV adalah penyebab AIDS. Penyebab HIV dapat ditularkan dari orang yang terinfeksi kepada orang yang sehat melalui cara berikut:

  • Hubungan badan dengan pasangan yang terinfeksi
  • Penggunaan jarum yang tidak steril untuk menyuntikkan obat-obatan atau berbagi obat dengan orang yang terinfeksi
  • Transfusi darah
  • Dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya sebelum atau selama proses persalinan dan menyusui

HIV tidak ditularkan melalui kontak biasa seperti; bersin, batuk, bermain dengan anak-anak yang terinfeksi HIV, berbagi makanan serta gigitan serangga. Hal ini hanya ditularkan melalui cairan tubuh seperti darah, air mani, air susu ibu dan cairan tubuh lainnya yang mengandung virus.

Seseorang yang terinfeksi HIV perlu untuk menghindari perilaku yang berisiko menyebarkan penyakit kepada oranglain. Jika seseorang terinfeksi HIV, dia harus jujur dengan pasangan mereka. Penggunaan kondom saat berhubungan badan akan membantu menghindari penyebaran infeksi ke pasangan yang sehat. Anda harus berbicara dengan dokter mengenai cara-cara yang berbeda untuk dapat mencegah penularan virus kepada pasangan yang sehat. Pastikan anda tahu semua tentang penularan HIV untuk menghindari merusak kehidupan orang lain.

Gejala HIV akut termasuk pembengkakan kelenjar getah bening, keringat malam, penurunan berat badan yang cepat, kehilangan nafsu makan, kelelahan, sesak napas, batuk produktif atau tidak produktif, sariawan, depresi, kebingungan, kesemutan di kaki, tangan, wajah, dll. Jika seseorang tidak mencari pengobatan HIV, penyakit ini akan berkembang menjadi AIDS.

>>  Gejala HIV + AIDS pada Wanita

AIDS

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immunodeficiency Deficiency Syndrome. Kondisi ini berkembang dari infeksi HIV. Kecuali seseorang tidak terinfeksi dengan infeksi HIV, maka dia tidak bisa terkena AIDS. Hal ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan penuruan dalam fungsi normal. Kondisi ini disebut sindrom karena ada banyak penyakit dan infeksi yang mempengaruhi seseorang bersama-sama. Ketika gejala berbagai penyakit yang berbeda terlihat, hal ini menunjukkan AIDS. Tidak ada tes khusus untuk mendeteksi AIDS. Jika seseorang tidak mematuhi pengobatan antivirus yang disarankan oleh dokter, HIV akan berkembang cepat menjadi AIDS. Ini fakta yang sangat penting tentang AIDS. Jangka waktu yang diambil untuk HIV berkembang menjadi AIDS dengan lebih cepat adalah orang yang terinfeksi dengan gizi buruk, usia tua serta stres berat. Menjalani gaya hidup sehat, mengikuti tindakan pencegahan yang disarankan oleh dokter serta sikap positif akan membantu mencegah perkembangan infeksi HIV menjadi AIDS.

Perbedaan HIV dan AIDS

Tabel di bawah ini akan menjelaskan perbedaan antara HIV dan AIDS. Dari informasi di atas, sekarang jelas bahwa HIV dan AIDS adalah dua kondisi yang berbeda.

HIV

AIDS

HIV membunuh limfosit CD4 dari sistem kekebalan tubuh

Jumlah CD4 pada orang dengan AIDS di bawah 200

HIV membuat orang rentan terhadap infeksi oleh berbagai patogen dan kanker

AIDS adalah suatu kondisi dimana seseorang menderita beberapa jenis infeksi, sarkoma kaposi, TBC, dll

HIV dapat dikendalikan dengan menggunakan antivirus

AIDS merupakan stadium lanjut yang terjadi setelah 2 sampai 15 tahun terinfeksi HIV

Hal ini sangat penting untuk mengetahui berbagai tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran HIV. Vaksin dapat membantu mencegah infeksi HIV. Namun vaksin ini masih dalam tahap awal dan tidak bisa dipastikan hasilnya. Sampai saat ini adalah tanggung jawab moral dari masing-masing individu terhadap keluarga mereka, masyarakat dan diri mereka sendiri untuk menghindari dan mencegah penyebaran HIV dan AIDS.

 
  Incoming Keywords: perbedaan hiv aids, perbedaan hiv dan aids, perbedaan hiv dengan aids

, , ,

Comments are closed.