Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan di Era Digitalisasi

T eknologi memainkan peran penting dalam setiap bidang kehidupan, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Teknologi telah mengubah cara hidup kita. Tidak diragukan lagi, teknologi memainkan peran penting dalam setiap bidang kehidupan. Beberapa tugas-tugas bisa dilakukan secara otomatis berkat teknologi. Proses yang kompleks dapat dilakukan dengan mudah dan efisiensi yang lebih besar dengan bantuan teknologi modern. Berkat penerapan teknologi, hidup telah berubah ke arah yang lebih baik.

Dampak teknologi di bidang pendidikan

  • Akses ke semua informasi dengan lebih mudah dan lebih cepat
  • Mengembangkan minat belajar yang lebih besar
  • Lebih mudah dalam menyimpan informasi
  • Penyajian informasi yang lebih jelas dan menarik
  • Pembelajaran yang interaktif
  • Berbagi pengetahuan dengan lebih mudah

Pentingnya teknologi di sekolah tidak dapat diabaikan. Bahkan dengan adanya penggunaan komputer di bidang pendidikan, telah menjadi lebih mudah bagi guru untuk memberikan pengetahuan dan untuk siswa memperolehnya. Penggunaan teknologi telah membuat proses belajar mengajar menyenangkan.

Teknologi sebagai alat bantu
Komputer menawarkan media audio visual yang interaktif. Presentasi powerpoint dan software animasi dapat digunakan untuk menyajikan informasi dengan cara yang atraktif. Karena efek dari audio visual, maka akan menambah minat lebih besar dari siswa. Alat bantu mengajar telah membawa perhatian di kelas. Media interaktif telah terbukti berguna dalam meningkatkan tingkat konsentrasi murid.

Teknologi membuat lebih mudah
Siswa dapat menggunakan lebih dari sekedar kertas dan alat tulis untuk mengekspresikan diri atau menyajikan apa yang mereka pelajari. Mereka dapat menggunakan software untuk membuat presentasi. Hal ini membuat mereka lebih tertarik pada pelajaran. Dengan bantuan teknologi, mereka dapat membuat mudah catatan dan presentasi yang kreatif dari informasi yang telah mereka peroleh. Tidak akan salah untuk dikatakan bahwa penerapan teknologi telah membuat hidup siswa menjadi lebih mudah.

Menyimpan informasi lebih mudah
Komputer memungkinkan penyimpanan yang lebih baik. Komputer telah menggantikan kapur, spidol dan papan tulis. Perpustakaan digital tidak memerlukan banyak ruang, sementara itu siswa dan guru di berbagai belahan dunia dapat mengakses perpustakaan yang sama pada waktu yang sama. Ratusan halaman buku dapat dipadatkan ke dalam sebuah chip memori yang kecil. Menyimpan data menjadi lebih mudah karena adanya teknologi.

>>  Bagaimana Anak Mulai Belajar Membaca

Informasi yang mudah diakses
Internet adalah basis informasi yang sangat besar. Hal ini dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk memperoleh pengetahuan. Yang diperlukan pengguna internet  hanyalah mengetikkan kata kunci pada mesin pencari. Pengguna akan diberikan dengan ribuan hasil pencarian. Ada beberapa situs yang menawarkan informasi tentang segala sesuatu di dunia. Dan semua ini hanya dengan beberapa klik saja.

Menghilangkan jarak ruang dan waktu
Pendidikan online dan pembelajaran jarak jauh telah memberikan dimensi baru untuk pendidikan tinggi. Bahkan jika siswa secara geografis jauh dari satu sama lain, mereka dapat menjadi bagian dalam satu kelas. Meskipun tidak secara fisik melainkan secara virtual. Banyak lembaga  menawarkan kursus online, yang menghilangkan kendala akan waktu dan ruang dalam memperoleh pendidikan.

Pendidikan komputer merupakan bagian dari kurikulum sekolah dan perguruan tinggi. Mengingat keuntungan dari teknologi internet, penting bagi kita masing-masing untuk mendapatkan pengetahuan dasar tentang akses internet. Kita hidup di era teknologi dan karena itu penting bagi kita untuk menjadi sejajar dengan penemuan terbaru. Dengan pendidikan, kita memperoleh pengetahuan tentang fungsi dan penggunaan bagian yang berbeda dari teknologi. Dan dengan penerapan teknologi, kita dapat mendidik diri kita lebih baik.

,

Comments are closed.