Gejala Penyakit Jantung & Jenisnya

Penyakit jantung adalah istilah yang luas yang berhubungan dengan sejumlah penyakit yang mempengaruhi jantung. Gejala-gejala penyakit jantung diantaranya adalah sesak napas dan mual.


Ada berbagai jenis penyakit jantung dan masing-masing memiliki tanda-tanda sendiri. Mereka terutama mengacu pada kerusakan otot jantung atau jaringan dan pembuluh darah. Penyebab penyakit jantung berbeda-beda dan semua bisa berakibat fatal jika tidak didiagnosis dan diobati pada waktunya. Hal ini sangat penting untuk mengetahui tentang penyebab dan gejala untuk dapat mengambil tindakan medis tepat waktu.

Jenis penyakit jantung ditilik dari gejalanya

Penyakit jantung koroner
Hal ini disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang memasok darah beroksigen ke miokardium. Penyumbatan ini terutama disebabkan oleh plak ateromatosa yang melapisi dinding bagian dalam pembuluh darah. Gejalanya meliputi nyeri dada, pembakaran di dalam rongga dada, bahu kiri terasa tidak enak termasuk lengan dan punggung, sesak napas, keringat dingin, gangguan pencernaan, mual, dan detak jantung tidak teratur. Pada wanita biasanya akan terasa terbakar di perut bagian atas dan dirasakan bersama dengan tanda-tanda lain.

Penyakit otot jantung (kardiomiopati)
Hal ini disebabkan karena penurunan fungsi miokardium atau otot jantung. Gejalanya mencakup sesak napas, jantung berdebar-debar, pusing, mudah lelah, irama jantung yang tidak normal, pembengkakan pada kaki, aritmia. Berbagai jenis termasuk kardiomiopati alkohol, penyakit jantung bawaan, kardiomiopati iskemik, hipertensi kardiomiopati, kardiomiopati hipertrofik. Kardiomiopati juga dapat menyebabkan pembesaran pada jantung.

Kardiovaskular
Penyakit jantung yang merujuk pada penyakit tertentu yang mempengaruhi sistem pembuluh darah yang kompleks. Penelitian mengungkapkan bahwa sementara sebagian besar wanita menderita penyakit jantung yang mempengaruhi sistem pembuluh darah, sedangkan pria menderita implikasi dalam otot jantung. Gejala berupa nyeri pada bagian dada tengah, nyeri pada bahu atau lengan, berkeringat, mual, tiba-tiba kehilangan penglihatan, sakit kepala parah.

Penyakit jantung iskemik
Penyakit ini dikarenakan pasokan oksigen yang kurang. Tanda-tanda dan gejala termasuk nyeri di daerah dada tengah dan lengan kiri, dada mengencang, berkeringat dan penebalan tendon achilles.

>>  Penyakit Jantung Koroner, Penyebab+Gejala+Pengobatan

Gagal jantung
Pada gagal jantung kongestif, kerusakan disebabkan karena gangguan fungsional jantung. gagal jantung bisa berupa sistolik atau diastolik. Gejalanya meliputi sesak napas, pembengkakan pada jantung dan kelainan dalam fungsi jantung.

Penyakit jantung hipertensi
Hal ini disebabkan oleh peningkatan tekanan darah yang terlokalisasi, terkait dengan penyakit jantung koroner, kardiomiopati hipertensi dan aritmia jantung.

Penyakit jantung inflamasi
Hal ini disebabkan karena peradangan pada otot jantung atau jaringan di sekitarnya. Penyakit ini menyebabkan peradangan endocardium dan katup jantung, dan peradangan pada otot jantung.

Penyakit katup jantung
Mempengaruhi katup jantung, trikuspid, pulmonic, mitral dan aorta. Gejalanya termasuk kelelahan, jantung berdebar, nyeri dada, batuk, sesak napas dan kaki bengkak.

Kardiomegali atau jantung hipertrofik
Ini merupakan pembengkakan yang terjadi pada jantung. Kondisi ini disebabkan oleh kardiomiopati. Gejala yang terkait adalah sakit perut, irama jantung tak teratur, detak jantung cepat, nyeri dada, dsb.


Hal ini penting untuk memberikan keterangan akan salah satu atau lebih dari gejala yang disebutkan pada waktu penanganan medis. Keterlambatan dalam pengobatan bisa mengancam jiwa.

 
  Incoming Keywords: Tipe atau gejala sakit jantung, macam macam penyakit jantung dan obat nya, macam dan gejala penyakit jantung, kelainan pada jantung, jenis-jenis penyakit jantung, jenis sakit jantung dan gejalanya, jenis penyakit jantung dan pengobatannya, jenis jenis penyakit jantung dan gejalanya, jenis jenis gejala penyakit jantung, iskemik kardiomiopati adalah

, , ,

Comments are closed.