Efek Samping dibalik Khasiat Buah Manggis

Manfaat buah manggis banyak sekali dirasakan oleh para penggemar buah manggis. Artikel tentang buah-buahan berikut akan sedikit membahas tentang khasiat dan efek samping buah manggis bagi kesehatan.


Penduduk dunia yang bertempat tinggal di daerah Asia Tenggara telah lama mengenal khasiat manggis sebagai obat herbal selama berabad-abad. Bukti ilmiah telah menyatakan bahwa buah manggis mengandung sifat penyembuhan. Minum jus manggis dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.  Buah manggis merupakan salah satu buah tropis yang paling populer, yang tumbuh terutama di iklim panas. Pohon manggis seperti pohon cemara kecil, sering dijumpai di kepulauan Pasifik, Afrika dan Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Manggis bentuknya bundar, berdiameter sekitar 5-6 cm, kulitnya berwarna ungu gelap dengan daging yang lembut berwarna putih.

Manggis memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Mengkonsumsi manggis dalam bentuk jus akan lebih baik daripada mengkonsumsi dalam bentuk buah yang utuh, ini karena nutrisi manggis dapat dengan mudah diserap oleh tubuh ketika dikonsumsi dalam bentuk jus.

Khasiat manggis

Buah manggis dikenal karena rasanya yang lezat serta nilai gizi yang tinggi. Buah manggis kaya akan serat dan karbohidrat. Buah ini juga mengandung sejumlah vitamin berlimpah seperti vitamin A, vitamin B2 dan B6 dan efek samping manggisvitamin C serta mineral seperti zat besi, kalsium dan potasium. Buah manggis adalah sumber  xanthone. Xanthone adalah kelompok senyawa polifenol alami. Antioksidan yang terkandung ini dapat membantu memperlambat proses penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan penyakit seperti arthritis. Manggis juga dapat secara efektif digunakan untuk mengobati penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, penyakit jantung iskemik, trombosis dan hipertensi. Buah manggis juga populer sebagai obat anti jamur, anti bakteri, dan antihistamin. Karena sifatnya yang anti alergi, maka dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai alergi.

Buah manggis dapat secara efektif digunakan untuk mencegah penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, penyakit syaraf parkinson, migrain, penyakit jantung serta kondisi kesehatan kronis lainnya seperti demam, nyeri, dan depresi. Buah manggis baik untuk menjaga kesehatan usus, mengontrol sistem pernapasan yang sehat dan memberikan dukungan mental yang positif.

Selama berabad-abad, buah manggis telah digunakan untuk keperluan obat-obatan seperti obat tradisional Cina untuk mengobati berbagai penyakit. Manggis dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan mengobati infeksi yang berbeda-beda. Kulit pada buah ini kaya akan tannin. Tanin dikenal memiliki sifat antiseptik dan astringent. Kulitnya dibuat menjadi bubuk dan digunakan sebagai obat disentri. Buah manggis dapat digunakan dalam bentuk salep untuk menyembuhkan penyakit eksim, ruam kulit, dan gangguan kulit lainnya.

>>  Manfaat Nutrisi Buah Nanas Obat Bau Mulut

Efek samping jus manggis

Buah manggis mempunyai efek samping dalam penggunaan yang berlebihan dan berkepanjangan antara lain:

  • Asidosis atau kondisi peningkatan keasaman plasma darah akan dialami jika seseorang terus-menerus meminum jus manggis.
  • Diare merupakan salah satu efek samping dari jus manggis yang terjadi pada orang yang menderita sindrom iritasi usus besar. Orang-orang ini menjadi sangat sensitif terhadap hampir semua jenis jus buah, terutama yang mengandung sifat antioksidan.
  • Orang yang hipersensitif dapat terserang alergi kulit karena jus manggis. Alergi kulit meliputi gatal-gatal, ruam kulit, pembengkakan, dan kemerahan pada kulit.
  • Efek samping manggis membuat gangguan tidur atau insomnia, nyeri sendi, nyeri otot, sakit perut, muntah, mual, dan sakit kepala. Terkadang hal ini dapat mengganggu pengobatan kanker yang sedang berlangsung.
  • Kandungan xanthone dalam buah manggis dapat mengganggu proses pembekuan darah. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam mengkonsumsi buah yang satu ini.

Beberapa macam kondisi disaat jus manggis tidak boleh dikonsumsi adalah ketika masa kehamilan,  hemokromatosis, penderita kanker, kemoterapi, penderita polisitemia rubra vera, penerima transplantasi organ, dan pada bayi. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping manggis. Meskipun terdapat efek samping, buah manggis tidak diragukan lagi khasiatnya karena merupakan sumber yang sempurna dari semua nutrisi penting. Jika anda sedang mencari minuman untuk mengoptimalkan kesehatan, maka jus manggis dapat menjadi cara terbaik.

 
  Incoming Keywords: khasiat kutu busuk, pengobatan asidosis, efek makan jus daging manggis

, ,

Comments are closed.