Mangga dan Khasiatnya untuk Pengobatan Herbal

Buah mangga mempunyai zat besi, kalori, kalsium, vitamin A, dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Inilah mengapa buah mangga merupakan salah satu buah yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.  Buah mangga telah mulai dibudidayakan sejak 2000 SM. Secara bertahap, mangga liar berkembang menjadi buah yang sangat eksotis. Banyak orang menyukai buah mangga karena rasanya yang begitu lezat. Buah ini begitu cocok untuk mereka yang ingin menambah berat badan.

Buah mangga yang lezat, bukan hanya kelezatannya saja yang dicari. Dari berbagai macam jenis buah mangga, terdapat beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat buah mangga?

  • Mengurangi resiko terkena kanker
    Mangga mengandung serat makanan yang dikenal dengan nama pektin. Pektin mengurangi kandungan zat protein yang disebut galectin 9, yang berada dalam sel-sel kanker dan memainkan peran penting dManggaalam kanker. Kanker saluran pencernaan dapat dikurangi dengan banyak asupan serat. Sebuah senyawa dalam mangga, yang dikenal sebagai lupeol dapat menekan sel-sel tumor kanker prostat.

  • Mangga bermanfaat untuk mengobati anemia
    Mangga mengandung zat besi dan itulah sebabnya mengapa buah mangga bermanfaat bagi orang yang menderita anemia. Mangga juga dapat bermanfaat bagi ibu hamil karena memerlukan kandungan besi yang tinggi. Ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan kaya zat besi seperti mangga dalam pola makan sehat, yang menyediakan zat besi dan juga memenuhi selera.


  • Berat badan
    Salah satu manfaat buah mangga yang serbaguna yaitu dapat menambah berat badan. 100g mangga mengandung sekitar 85 kalori. Tidak hanya itu, mangga juga mengandung zat tepung yang diubah menjadi gula dan seperti yang kita tahu, gula pasti dapat membantu dalam proses penambahan berat badan.




  • Buah mangga kaya akan vitamin
    Pencegahan dari serangan penyakit jantung juga merupakan salah satu dari manfaat mangga bagi kesehatan. Mangga mengandung vitamin A, vitamin E dan selenium yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan kolesterol juga lebih rendah. Antioksidan dalam buah mangga juga berguna untuk mencegah penyakit jantung. Vitamin E pada mangga tidak hanya membantu jantung tetapi juga meningkatkan gairah seks. Secara teori adalah bahwa Vitamin E membantu sistem hormonal sehingga berfungsi dengan baik dan karenanya dapat meningkatkan gairah seks. Vitamin C  dengan kalsium, berguna untuk menyembuhkan dan mencegah perdarahan internal.


  • Melancarkan pencernaan
    Mangga mengandung enzim untuk membantu pencernaan. Ester, terpene dan aldehida adalah beberapa kandungan dalam mangga yang dapat meningkatkan nafsu makan dan juga melancarkan pencernaan.


  • Mengobati jerawat
    Mangga dapat membantu mengobati jerawat, ini berguna untuk membuka pori-pori yang tersumbat dari kulit. Untuk manfaat mangga yang satu ini, anda tidak perlu menyertakan mangga dalam menu makanan sehari-hari. Yang harus anda lakukan adalah mengoleskan daging atau ampas mangga pada kulit selama sekitar 10 menit dan kemudian mencucinya.


Kandungan nutrisi buah mangga

Mangga mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk jantung. Kandungan serat yang tinggi juga membantu mengurangi sembelit. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol darah. Selain itu juga berfungsi sebagai penguat kekebalan tubuh. Buah ini kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan mengandung enzim yang berguna untuk melancarkan pencernaan.

Nilai gizi mangga telah menunjukkan bahwa buah ini menjadi sumber dari tembaga dan kalium (156 mg). Mangga juga mengandung magnesium, mangan, selenium, kalsium, besi dan fosfor. Buah mangga tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Mangga hanya memiliki sekitar 0,6 g lemak. 100 gram mangga mengandung sekitar 17 g karbohidrat, 0,5 g protein dan sekitar 70 Kcal.

Mangga kaya akan vitamin seperti vitamin A dan vitamin C. Kadar vitamin C dalam mangga mentah lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam mangga matang. Mangga juga mengandung vitamin E, vitamin B, dan vitamin K. Sekitar 75 kalori terkandung dalam buah mangga (100 g mangga). Mangga juga kaya akan beta karoten (445 mg) dan alpha karoten (17 mg).

Kulit mangga juga merupakan sumber yang kaya antioksidan. Meski begitu kandungan senyawa urushiol pada kulit mangga juga dapat memicu reaksi alergi yang menyebabkan masalah kulit. Orang-orang yang hiper sensitif terhadap urushiol dapat mengalami ruam pada kulit saat mengupas buah mangga. Jika anda alergi terhadap urushiol, maka disarankan untuk mengupas kulitnya sampai bersih.

Meski mangga mempunyai khasiat dari nutrisi yang terkandung, penderita diabetes lebih baik untuk menjauhinya. Ini karena mangga mengandung zat tepung dan kalori tinggi. Sedangkan bagi anda yang tidak mempunyai masalah kesehatan, tidak perlu ragu untuk menikmati buah yang lezat ini dan menuai manfaatnya untuk kesehatan.

, ,

One Response to Mangga dan Khasiatnya untuk Pengobatan Herbal

  1. Helena Elisabet #

    Hello kanca Wedaran.com,
    Tepangaken kula Helena Elizabeth saka Karirpad.com, situs proyek panyedhiya informasi kanggo free (Online Portal proyek). Kita wis cooperated karo atusan Media Online minangka Media Partner saindhenging Indonesia, lan saiki aku arep kanggo kurban kerjasama karo Wedaran.com.

    Konsep kerjasama sing kita offer iku “Full Barter”, kang ditayangke ing lowongan info widget ing Karirpad.com ana ing partner media lan minangka pisungsung kanggo logo partner media lan link bakal katon ing homepage situs Karirpad.com.

    – Rapet Handshake –