Gejala Penyakit Jantung pada Wanita

Gejala penyakit jantung pada wanita lebih lama dapat diamati setidaknya 10 tahun kemudian jika dibandingkan dengan  gejala penyakit jantung yang terjadi pada pria. Wanita yang menderita penyakit jantung ini mungkin merasakan gejala seperti sakit di daerah dada, sesak nafas dan keringat berlebihan.

Banyak sekali macam kondisi yang mempengaruhi jantung manusia. Setiap gangguan pada jantung dan pembuluh darah dapat menjadi penyebab dari penyakit jantung. Meskipun semua ini terjadi baik pada pria maupun wanita, lebih dari 40% dari total kematian wanita disebabkan karena penyakit jantung.

Pada kaum hawa, gejala penyakit jantung terkait dengan masalah yang terjadi setelah menopause, yang terjadi sewaktu hormon estrogen tidak lagi melindungi pembuluh darah. Oleh karena itu, kaum wanita pasca menopause menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung daripada wanita yang masih berada dalam tahap menopause.

Menurut studi dari pakar ahli jantung yang telah dilakukan, ditemukan bahwa gejala penyakit jantung pada wanita lebih sulit untuk diprediksi dibandingkan dengan gejala penyakit jantung yang terjadi pada pria. Berikut ini adalah beberapa penyakit jantung pada wanita dan gejala yang terkait :

Gejala penyakit jantung pada wanita

Penyakit jantung koroner
Penyakit jantung koroner disebabkan karena terbentuknya plak di dinding arteri, yang akhirnya mengganggu sistem peredaran darah. Gejala penyakit jantung koroner pada wanita meliputi rasa terbakar pada perut bagian atas, seringkali merasa lelah, susah tidur, masalah pencernaan, stres, dan sesak nafas. Lebih dari 60% wanita mengatakan bahwa mereka mengalami setidaknya salah satu dari gejala-gejala penyakit jantung ini selama kurang lebih satu bulan sebelum terkena serangan penyakit jantung.

Serangan jantung
Serangan jantung dapat disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang memasok oksigen gejala sakit jantung wanitadalam darah ke jantung. Gejala serangan jantung yang paling sering terjadi pada wanita adalah merasa nyeri pada dada atau daerah bagian dada terasa seperti ditekan sebelum serangan jantung. Banyak wanita yang telah mengalami serangan jantung sebelumnya mengatakan bahwa munculnya tanda-tanda dapat berminggu-minggu sebelum mendapat serangan jantung. Gejala penyakit jantung pada wanita yang lain meliputi nyeri pada rahang, lengan, dan punggung, detak jantung yang tidak teratur, mual, lemah, berkeringat, dan sesak nafas.

>>  Tindakan Pencegahan Terhadap Penyakit Jantung

Angina kronis
Angina adalah nyeri pada dada yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Kondisi ini terjadi karena kurangnya pasokan oksigen ke jantung. Gejala angina yang seringkali terasa antara lain adalah dada yang terasa berat, dada terasa sakit, terbakar, dan nyeri yang tajam. Jika ada yang mengalami nyeri dada selama lebih dari lima menit, maka selalu dianjurkan untuk mencari bantuan medis secepat mungkin, karena hal ini dapat menjadi gejala serangan jantung.

Penyakit arteri perifer
Penyakit arteri perifer adalah jenis aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah akibat timbunan lemak pada lapisan arteri, yang membatasi peredaran darah di bagian kaki. Gejala penyakit jantung pada wanita ini dapat berkisar dari ringan sampai sakit pada kaki yang sangat parah. Pada kasus yang parah, penyakit arteri perifer dapat menyebabkan kematian pada jaringan di bagian kaki yang terpengaruh.

Tingkat kematian di kalangan wanita yang menderita penyakit jantung relatif tinggi. Hal ini karena wanita yang mempunyai penyakit jantung seringkali tidak menganggap masalah ini sebagai gangguan kesehatan yang serius. Jika seorang wanita mengalami salah satu gejala yang dicurigai sebagai ciri penyakit jantung, maka sebaiknya mencari bantuan dari ahli medis untuk dapat mengevaluasi faktor resiko dari gejala penyakit jantung yang dialami.

 
  Incoming Keywords: gejala penyakit jantung pada wanita, gejala penyakit jantung lemah pada wanita, sakit jantung pada wanita, penyebab sakit jantung pada wanita, artikel kenali penyakit jantung pada wanita, gejala lemah jantung pada wanita, gejala jantung koroner pada wanita, ciri sakit jantung pada wanita, ciri ciri penyakit jantung koroner pada wanita, suara perempuan seperti lelaki tansa tanda sakit jantung

, ,

Comments are closed.