Penyebab Batuk setelah Makan

Penyebab batuk setelah makan dapat disebabkan karena beberapa alasan. Batuk ini disebabkan karena iritasi secara mendadak pada saluran udara atau gerak refleks. Batuk normal akan terlihat pada produksi dahak, di mana tanpa kita sadari tubuh akan mencoba untuk menghasilkan batuk berdahak. Orang mungkin juga menderita batuk setelah makan es krim atau setelah makan dan minum yang serba dingin.

Penyebab Batuk Setelah Makan

Ada banyak alasan bagi seseorang mengalami batuk setelah makan. Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, batuk tersebut dapat menjadi tindakan refleks karena beberapa partikel dari produk makanan yang dimakan bersarang di saluran pernapasan. Selain itu ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan batuk ketika makan siang atau makan malam dengan mendadak.

Alergi dan infeksi
Beberapa orang alergi terhadap makanan tertentu dan mengalami batuk kronis setelah mengkonsumsi produk-produk makanan tertentu. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang mengalami batuk setelah memakan es krim atau produk makanan lainnya yang dingin, pedas, atau mungkin makanan berminyak. Tubuh mungkin tidak terbiasa dengan dingin atau rasa pedas karenanya, dan membangkitkan respon imun yang mengakibatkan batuk setelah makan.

Setiap penyakit menular yang terkait dengan laring dan esofagus, dapat menyebabkan disfungsi organ sehingga menyebabkan kesulitan dalam menelan makanan dan minuman yang pada akhirnya menyebabkan tersedak. Kondisi ini dapat mengakibatkan batuk kronis setelah makan segala jenis makanan, terlepas dari makanan yang pedas ataupun hambar.

Kondisi medis
Gastroesophageal reflux disease atau yang dikenal dengan penyakit asam refluks, adalah suatu kondisi medis yang menyebabkan beberapa masalah dalam fungsi dan mekanisme dari lower esophageal sphincter. Setelah anda selesai makan, sphincter tidak mampu menahan makanan bersama dengan pencernaan, sehingga sebagian isi perut mendorong kembali ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh untuk mulai terbatuk. Kondisi medis yang lain adalah divertikulum zenker, di mana sebuah kantong kecil muncul pada bagian untuk menelan dan menyebabkan batuk setelah makan.

>>  Obat Batuk Berdahak, Penyebab Batuk Berdahak

Pengobatan

Pengobatan untuk kondisi ini memang tergantung pada faktor-faktor yang menyebabkan batuk. Jika batuk karena tersedak dan terjadinya sangat jarang, maka tidak benar-benar membutuhkan perawatan khusus. Masalahnya dapat diatasi dengan mengunyah dan menelan makanan perlahan-lahan. Namun jika masalahnya batuk terus-menerus, maka dapat berkonsultasi ke ahli penyakit dalam.

Batuk adalah gejala yang menunjukkan bahwa terdapat sesuatu yang tidak beres dengan tubuh anda. Mungkin adanya partikel asing yang tidak perlu berada di sana atau organ di daerah dada anda tidak melakukan apa yang seharusnya. Oleh karena itu jika batuk anda semakin parah, carilah bantuan medis dengan segera.

 
  Incoming Keywords: batuk setelah minum yang manis, pertanda jika batuk saat makan, penyebab habis makan berminyak langsung batuk, penyebab batuk ketika makan, kenapa tiap makan makanan yang asin jadi batuk, habis makan sering batuk-batuk, habis makan batuk langsung ngeluarin dahak itu penyakit apa, cara menatasi batuk saat makan, Berdahak sesudah minum, batuk saat sesudah memakan sesuatu

, , , ,

Comments are closed.