Cara Sederhana Menyelamatkan Lingkungan Hidup

Memikirkan cara untuk menyelamatkan lingkungan hidup? Sudah saatnya kita lakukan, untuk planet bumi tempat tinggal kita. Kita menebang pohon, membunuh binatang, dan kita mengeksploitasi alam. Sumber daya bumi yang semakin menipis, menjadi ancaman bagi keberadaan manusia di planet ini. Sudah waktunya kita melakukan sesuatu untuk menyelamatkan planet ini.

Jika kita berbicara tentang menyelamatkan lingkungan hidup maka tidak luput dari melestarikan sumber daya alam. Pendidikan tentang lingkungan telah membuat kita menyadari kebutuhan untuk melestarikan kekayaan alam. Tapi hanya mengetahui dan berbicara tidak membantu. Kapan terakhir kali anda melakukan sesuatu untuk menyelamatkan lingkungan?

Menyelamatkan Lingkungan Hidup

  • Pilih area terbuka atau tempat yang paling dekat dengan tempat tinggal anda atau tempat kerja untuk menanam lebih banyak pohon. Menanam pohon setiap bulan, mendorong teman-teman anda untuk bergabung dengan anda.
  • Memilih untuk berjalan kaki dalam jarak pendek daripada memakai kendaraan berbensin setiap waktu. Dan setiap kali anda menghindari menggunakan kendaraan, anda juga telah berusaha untuk mengurangi polusi udara. Anda menghemat bahan bakar, menghemat uang dan juga berolahraga.
  • Merawat kendaraan dalam kondisi baik. Servis dengan rutin, bersihkan pipa knalpot, periksa tekanan udara di ban karena dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar, periksa oli mesin secara berkala. Dengan cara ini anda membatasi polusi udara.
  • Jika anda mengemudi, tidaklah sering mengemudi pada gigi rendah dengan tekanan gas yang tinggi, karena hal itu menyebabkan suplai bahan bakar menjadi lebih boros. Jangan terlalu sering mengerem dengan mendadak. Dengan demikian, anda menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi udara dengan cara ini. Tidak membunyikan klakson ketika itu tidak perlu, karena anda dapat menambah polusi suara.
  • Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting. Inilah yang sering kita sia-siakan, yaitu dengan mencemarinya. Cara paling sederhana untuk menghemat air ledeng seperti mematikan keran air setelah digunakan. Gunakan air sebanyak yang diperlukan. Jangan mencemari sungai dengan sampah atau bahan limbah lain ke dalamnya. Air begitu berharga, kita tidak boleh mencemarinya.
  • Ada begitu banyak alat listrik yang anda gunakan setiap hari – AC, komputer, setrika, lampu, dll. Matikan AC bila tidak digunakan. Matikan lampu di kamar anda sebelum meninggalkannya. Komputer adalah salah satu alat yang juga paling banyak digunakan di rumah. Jangan tetap dinyalakan saat tidak ada seorang pun yang menggunakannya.
  • Mendaur ulang apa pun dan kapan pun anda bisa. Ini adalah ukuran terbaik untuk menyelamatkan lingkungan. Cara mudah untuk melakukan ini adalah mengurangi penggunaan karet dan plastik. Sebaliknya, gunakan kantong kertas dan kardus.Menyelamatkan Lingkungan Hidup
  • Ketika di kantor, mencetak hanya bila benar-benar diperlukan. Mencetak setiap copian menyebabkan limbah kertas. Gunakan email untuk berkorespondensi. Jangan menggunakan gelas plastik dan piring sekali pakai ketika anda memiliki pilihan untuk menggunakan dari bahan lain.
  • Hindari penggunaan berlebihan dari pupuk kimia dan nutrisi sintetis. Pupuk alami adalah pilihan yang lebih baik untuk pertanian dan kebun. Cobalah dengan membuat pupuk alami dari bahan bekas seperti sayuran busuk, sisa makanan, kulit telur, teh, kulit buah, dan menggunakannya untuk membuat pupuk organik.
  • Memasang poster atau spanduk tentang lingkungan hidup, di sekolah atau tempat kerja. Membuat kampanye akan kesadaran lingkungan. Mengatur kegiatan kecil seperti menanam pohon, membersihkan wilayah seperti pada acara kerja bakti, mengunjungi tempat penampungan hewan atau sukarelawan untuk sebuah organisasi yang bekerja untuk menciptakan kesadaran lingkungan hidup.

Meskipun kita tidak menyadarinya, namun itu sebenarnya ada di tangan kita untuk menyelamatkan lingkungan. Perubahan kecil dalam kebiasaan dan cara berpikir bisa sangat berpengaruh dalam menyelamatkan alam. Sudah saatnya kita mengambil langkah-langkah untuk menciptakan kesadaran lingkungan dan cara yang sederhana seperti ini untuk menyelamatkan lingkungan hidup.

 
  Incoming Keywords: contoh naskah menyelamatkan lingkungan, hal kecil yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan, Sebutkanlah cara cara utk menyebarluaskan penyelamatan lingkungan hdp

Comments are closed.