Penyebab Batuk Darah di Pagi Hari

Batuk darah di pagi hari adalah tanda bahwa ada sesuatu yang rusak pada saluran pernafasan. Pada artikel kesehatan ini, kita akan belajar tentang berbagai penyebab batuk berdarah.

Batuk darah juga dikenal dengan istilah hemoptysis, ini adalah gejala serius yang harus benar-benar ditangani oleh praktisi handal. Batuk darah menunjukkan bahwa terdapat luka atau peradangan di paru-paru. Berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab utama batuk darah.

Penyebab Batuk Darah

Sinusitis
Penyebab yang paling mungkin dari batuk darah adalah sinusitis yang merupakan peradangan dan iritasi pada selaput lendir yang melapisi sinus. Peradangan atau iritasi sinus bisa disebabkan oleh alergi, infeksi viral seperti cuaca dingin, atau iritasi seperti debu, asap polusi. Peradangan ini dapat memblokir saluran sinus dan dapat menyebabkan peningkatan produksi lendir. Lendir biasanya mengalir dari hidung, tetapi dalam hal ini justru menuju ke bagian belakang tenggorokan.

Bronkitis
Bronkitis adalah peradangan saluran udara dalam paru-paru yang terjadi ketika trakea dan bronki di paru-paru meradang. Hal ini dapat terjadi karena merokok berlebihan. Ada dua jenis bronkitis: akut dan kronis. Bronkitis akut adalah infeksi pada bronkus atau tabung pada saluran pernapasan bagian atas yang membawa udara ke paru-paru, sehingga produksi lendir kental mempengaruhi pernapasan. Bronkitis kronis adalah jenis penyakit paru-paru kronik yang menyebabkan peradangan saluran pernapasan bagian bawah, sehingga menghasilkan jumlah lendir berlebihan.

Emfisema
Emfisema, penyakit yang timbul dari saluran pernapasan bagian bawah pada paru-paru. Sama seperti bronkitis, yang juga merupakan jenis penyakit paru-paru kronis yang terjadi sebagai akibat dari merokok, atau mungkin iritasi tertentu ke dalam paru-paru karena faktor keturunan.

Kanker paru-paru
Kanker paru-paru adalah pertumbuhan abnormal sel-sel dalam jaringan paru-paru. Pada umumnya terkait dengan merokok berlebihan, ini adalah salah satu jenis yang penyakit kanker yang paling umum. Beberapa gejalanya meliputi batuk kronis, batuk darah, sesak napas, nyeri di dada, penurunan berat badan.

>>  Penyebab Batuk setelah Makan

TBC
TBC adalah penyakit pernapasan menular dan mematikan yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang mempengaruhi paru-paru dan bagian terkait lainnya dalam tubuh. Gejala tuberkulosis dapat berupa demam, keringat di malam hari, batuk darah, nafsu makan rendah, penurunan berat badan dan dada terasa nyeri dan sesak saat bernapas.

Pneumonia
Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh sejumlah mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit.

Jika anda mengalami kondisi batuk darah di pagi hari, segera konsultasilah ke dokter untuk pemeriksaan menyeluruh.

 
  Incoming Keywords: batuk berdarah di pagi hari, dahak berdarah di pagi hari, batuk berdahak darah di pagi hari, penyebab dahak berdarah di pagi hari, batuk dan setiap bangun tidur mengeluarkan dahak berdarah, dahak bercampur darah pagi hari, sakit batuk hingga dahak berdarah setiap bangun tidur, batuk berdahak berdarah d pagi hari ngeluarin darah dikit2, batuj berdarah ketika bangun tidur wajar atau tidak, Batuk berdahak darah waktu pagi

, ,

Comments are closed.