Efek Samping Kelebihan Kalsium

Kalsium merupakan salah satu mineral yang paling penting bagi tubuh kita seperti yang diperlukan dalam pemeliharaan dan pengembangan gigi tulang dan kuku. Tetapi kalsium yang berlebihan juga dapat memiliki efek buruk pada tubuh kita.

Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan untuk mengatur saraf dan fungsi otot. Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi susu, sayuran, tahu, brokoli dan jeruk. Kalsium membantu mencegah timbulnya osteoporosis, mengurangi kemungkinan batu ginjal, dan membantu untuk mengatur pembekuan darah, serta kontraksi otot. Kalsium diserap di usus kecil dan kemudian dipecah oleh saluran pencernaan sebelum proses penyerapan. Akan tetapi terlalu banyak kalsium dalam tubuh juga dapat menyebabkan banyak komplikasi, menyebabkan hiperkalsemia, dan meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Tubuh dapat menyerap hingga 600 mg kalsium dalam jangka waktu maksimal 8 jam dan hanya 30% yang mampu diserap oleh tubuh. Terlalu banyak kalsium akan membawa beberapa potensi yang membahayakan.

Beberapa efek samping kelebihan kalsium

Sembelit
Salah satu efek samping yang paling umum dari kalsium berlebihan adalah sembelit. Sembelit untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan radang perut, rasa sakit dan kembung.

Batu ginjal
Jika terlalu banyak kalsium dalam darah, mungkin dapat menyebabkan kondisi yang disebut dengan hiperkalsemia. Kondisi ini ditandai dengan mual atau muntah, nafsu makan dan haus yang terus-menerus yang dapat berdampak negatif terhadap fungsi ginjal. Tingkat kalsium yang tinggi pada urin dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Masalah perut
Konsumsi kalsium terlalu banyak dapat menyebabkan masalah perut seperti kram, mual, muntah.

Plak di arteri
Terlalu banyak kalsium dalam darah dapat menyebabkan muncul plak pada arteri. Hal ini dapat menyebabkan efek samping hipertensi pada otot jantung yang meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

>>  Tingkat Oksigen Rendah dalam Tubuh

Kanker prostat
Beberapa studi telah menemukan hubungan antara asupan kalsium 600 mg per hari dengan peningkatan risiko kanker prostat. Meskipun penelitian ini tidak konklusif, ada baiknya untuk hati-hati dan membatasi asupan kalsium dalam makanan.

Toksisitas kalsium
Terlalu banyak kalsium dalam darah (lebih dari 2500 mg) dapat menyebabkan toksisitas kalsium.

Seperti yang anda lihat, ada efek samping yang merugikan dari mengkonsumsi kalsium terlalu berlebihan. Jika anda mengonsumsi suplemen kalsium, selalu mintalah anjuran dokter terlebih dahulu untuk dosis yang tepat. Kelebihan kalsium dalam tubuh dapat membawa banyak komplikasi kesehatan, maka itu akan memerlukan pengobatan yang tepat dari pakar medis.

 
  Incoming Keywords: kelebihan kalsium, akibat kelebihan kalsium, akibat kelebihan suplemen kalsium, dampak kalsium, dampak negatif kalsium selain pada kesehatan tubuh, dampak negatif kalsium, dampak kalsium berlebih, dampak buruk terlalu banyak calcium tonik pada cupang, balita kelebihan konsumsi kalsium, penyakit akibat kekurangan dan kelebihan kalsium

, , , ,

Comments are closed.