Daftar Masalah Lingkungan Hidup

Artikel lingkungan hidup ini bertujuan untuk memperkenalkan anda dengan masalah lingkungan hidup.

Masalah Lingkungan yang Berhubungan dengan Udara

Efek Rumah Kaca
Efek rumah kaca adalah suatu proses di mana radiasi termal dari permukaan planet diserap oleh gas-gas di atmosfer, dan kembali terpancar ke segala arah. Proses ini terjadi secara berulang-ulang. Ini adalah salah satu penyebab utama pemanasan global.

Pemanasan global menyebabkan gletser yang mencair, permukaan laut meningkat, dan banyak spesies flora dan fauna berada di ambang kepunahan.

Deplesi Ozon
Lapisan ozon di sekitar bumi yang menipis secara konsisten. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh efek pendingin halocarbon. Halocarbon yang lebih ringan dari gas-gas lainnya di atmosfer, meningkat jauh lebih tinggi di atmosfer, kemudian menjadi atom halogen menghancurkan ozon.

Penipisan ozon dapat mengancam kehidupan manusia dan kehidupan hewan lain juga. Lapisan ozon melindungi kita dari sinar ultraviolet matahari. Tanpa lapisan ozon, setiap orang akan menjadi rentan terhadap sejumlah penyakit kulit, termasuk kanker kulit.

Kualitas Udara
Kualitas udara yang kita hirup kian memburuk hari demi hari. Hal ini termasuk kualitas udara di luar rumah serta kualitas udara dalam ruangan. Bahkan, kualitas udara dalam ruangan telah ditunjuk sebagai salah satu masalah lingkungan terburuk, terutama di daerah perkotaan.

Kualitas udara yang buruk dapat menghambat anak-anak dan orang tua melakukan kegiatan sehari-hari. Kualitas udara yang buruk juga membuat anda merasa lelah dan letih sepanjang hari.

Polusi Udara
Polusi udara merupakan salah satu efek antropogenik paling berbahaya terhadap lingkungan, karena kita tidak bisa mengontrol udara yang kita hirup, meskipun kita mungkin dapat mengontrol kualitas air minum dan makanan. Asap yang dihasilkan oleh kendaraan dan pabrik berpengaruh terhadap polusi udara.

Polusi udara mempengaruhi segalanya termasuk mempengaruhi tanaman, hewan dan manusia. Menurut WHO, kualitas udara yang buruk dalam ruangan dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, penyakit jatung koroner, dan bahkan kanker paru-paru. Jika semua ini terjadi di dalam ruangan, tentu yang terjadi di luar ruangan pasti lebih buruk.

Masalah Lingkungan yang Berhubungan dengan Air

Hujan Asam
Gas seperti karbon dioksida, nitrogen oksida, sulfur dioksida dapat bereaksi dengan air untuk menghasilkan asam yang sesuai. Ketika hal ini terjadi di atmosfer, kita akan diguyur hujan asam. Gas-gas tersebut dilepaskan ke atmosfer oleh proses alam tertentu seperti petir, gunung berapi, dll. Namun, jumlah gas-gas yang dilepaskan dari cerobong asap pabrik, kendaraan dan industri yang berbeda melampaui hal-hal alami tersebut.

Hujan asam dapat mengikis barang yang keras seperti batu, baja, dan logam. Hal ini berarti dapat juga merusak bangunan. Mahkluk hidup seperti manusia dan hewan juga hanya akan berlindung karena jika terkena pasti kulitnya akan terkelupas.

>>  Penyebab & Dampak Polusi Cahaya

Air Limbah
Komponen air limbah berubah setiap tahun, bahan limbah yang tidak dapat dimusnahkan justru semakin bertambah ke air. Jika jumlah zat ini terus meningkat, maka makhluk hidup akan kekurangan air bersih dan populasi makhluk hidup di air semakin berkurang. Jika tidak dikelola secara efektif, pada akhirnya akan mempengaruhi semua jenis bentuk kehidupan.

Krisis Air
Bila jumlah air di suatu wilayah tidak dapat memenuhi permintaan dari semua kehidupan yang ada di wilayah itu, situasi ini disebut krisis air. Kelangkaan air yang dapat digunakan adalah alasan utama untuk krisis air. Kelangkaan ini telah timbul karena beberapa hal, termasuk pemborosan air, penggundulan hutan, urbanisasi.

Penyakit yang terbawa oleh air adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.  Air termasuk sumber kehidupan, tanpa air kita tidak mampu untuk hidup lama.

Masalah Lingkungan yang Berhubungan dengan Tanah

Masalah yang timbul dari penggunaan lahan yang tidak efisien

Perluasan Wilayah
Penyebab terbesar dari hal ini adalah kenyataan bahwa kita tidak menggunakan lahan yang dimiliki secara efisien. Di sisi lain, konsekuensi paling serius perluasan wilayah adalah peningkatan pembangunan, yang akhirnya menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih banyak, polusi udara lebih dan beberapa hal lainnya. Konsekuensi lainnya adalah pada kesehatan secara keseluruhan dari populasi manusia.

Fragmentasi Habitat
Fragmentasi habitat telah menyebabkan banyak spesies berada di ambang kepunahan. Dalam prosesnya, banyak jenis tanaman yang menghadapi kepunahan.

Perusakan Habitat
Keanekaragaman hayati yang hilang tidak pernah bisa digantikan. Keseimbangan rantai makanan juga tidak akan stabil.

Masalah yang timbul dari pencemaran tanah

Desertifikasi
Hal ini adalah salah satu prospek yang paling menakutkan dari pembangunan manusia, untuk membuat tempat yang indah, maka penggundulan hutan banyak terjadi.

Pencemaran Tanah
Hal ini disebabkan karena pembuangan limbah yang tidak efisien dan tidak memadai, mekanisasi meningkat dan penggunaan berlebihan dari pupuk kimia, pestisida di sawah, kebun, dan peternakan.

Polusi Tanah
Hal ini merupakan bagian dari pencemaran tanah, namun dengan konsekuensi yang lebih serius, dalam bentuk tanah dengan kualitas yang buruk untuk pertanian.

Hanya partisipasi dan kerjasama dari seluruh komunitas global, akan cukup untuk menyediakan lingkungan yang bersih dan aman di masa depan.

~ Artikel lingkungan hidup

 
  Incoming Keywords: artikel masalah lingkungan, masalah lingkungan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

,

Comments are closed.