Membuat Anak Lebih Bertanggung Jawab

Membesarkan anak-anak untuk menjadi orang yang baik dan bertanggung jawab tidak semudah kelihatannya, apalagi jika anak mempunyai sifat keras kepala dan terlalu dimanjakan oleh orang tua. Seberapa seringkah anda sebagai orangtua menghadapi situasi di mana anak anda menolak untuk pergi ke toko terdekat untuk membeli hal yang ia butuhkan? Ada situasi seperti itu dan anda mungkin harus berurusan dengan hal tersebut setiap hari. Dibutuhkan kesabaran dari orang tua untuk mengajarkan kebiasaan baik kepada anak-anak mereka. Dalam artikel ini kita akan membahas cara-cara di mana anda dapat membantu anak anda menjadi lebih bertanggung jawab untuk dirinya sendiri, pekerjaan dan hidupnya.

Membuat Anak Lebih Bertanggung Jawab

Tanggung jawab memiliki arti yang luas dan hal itu adalah sesuatu yang harus kita pelajari dan pahami. Anak-anak harus diajarkan pentingnya bertanggung jawab untuk membantu mereka menikmati masa depan yang lebih baik.

  • Untuk membuat anak lebih bertanggung jawab, orang tua harus berkaca pada perilaku mereka sendiri. Orang tua harus dapat mengatur waktu yang baik dan juga harus mengajari anak-anak mereka akan makna yang sama. Contoh tindakan tanggung jawab yang sederhana dapat seperti, mematikan lampu di kamar ketika tidak ada seorang pun di dalam ruangan, atau bangun tepat waktu dalam pekerjaan sehari-hari. Anak-anak adalah pengamat yang baik dan sadar atau tidak sadar mereka menyerap kebiasaan orang tua mereka dan orang tua di sekitar mereka.
  • Salah satu cara terbaik dan bisa diterapkan untuk mengajarkan tanggung jawab anak-anak anda adalah biarkan mereka merasakan akibat dari perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, jika anak tidak membuat pekerjaan rumah, maka keesokan harinya mungkin dia akan mendapat hukuman dari gurunya. Buatlah anak anda bertanggung jawab dan menyadari kesalahannya.
  • Tidak perlu menegur atau memarahinya jika anak bersalah. Hal ini tidak berpengaruh pada anak-anak dan dapat membuat mereka lebih bersifat memberontak. Cobalah mendorong dengan positif dalam cara anda berurusan dengan anak-anak anda.
  • Cara lain yang baik untuk mengajarkan kepada anak-anak lebih bertanggung jawab adalah melakukan hal-hal kecil dalam kehidupan mereka. Untuk mendorong mereka¬† agar melakukannya, anda bisa memberi mereka dengan sesuatu yang mereka sukai. Suruhlah anak anda seperti mencuci pakaian sendiri dan membersihkan taman, dll, katakan padanya pentingnya melakukan tugas-tugas sendiri.

Tanggung jawab adalah sesuatu yang kita pelajari selama kita tumbuh dan mendapatkan pelajaran hidup. Begitu juga pada anak, mereka akan belajar menjadi bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri saat mereka tumbuh dan menjalani hidup mereka.

 
  Incoming Keywords: cara simpel menjadi murid yang bertanggung jawab, cara simpel menjadi murid yang bertanggungjawab

Comments are closed.