Membantu Anak Merasa Termotivasi untuk Belajar

Orangtua di dalam masyarakat saat ini dihadapkan dengan tantangan yang semakin meningkat ketika anak-anak mereka ingin belajar dan belajar. Karena banyaknya berbagai gangguan yang dapat mempengaruhi anak-anak, orang tua sering mengeluh bahwa anak-anak mereka tidak termotivasi untuk belajar, mereka ingin menghabiskan waktu dalam kegiatan hiburan yang menyenangkan daripada belajar. Akan tetapi orangtua yang peduli memotivasi anak-anak mereka untuk ingin belajar, mampu menunjukkan bahwa anak-anak mereka belajar dapat menjadi hal yang menyenangkan. Setiap anak secara inheren termotivasi untuk belajar. Hal ini sebenarnya bagian dari sifat atau jiwa kita untuk belajar, seperti halnya semua makhluk di bumi, kita harus belajar untuk bertahan hidup dan berkembang. Kita hanya perlu menemukan kunci motivasi dan tetap bertahan hidup.

Salah satu cara terbaik untuk menggali motivasi anak anda untuk belajar adalah melihat ketika anak bermain dengan teman-teman atau bersenang-senang sendiri. Hal  macam apakah yang dia ingin lakukan? Hal-hal tersebut dapat anda gunakan untuk memotivasi dia agar merasa ingin belajar lebih banyak. Kuncinya terletak dalam kegemaran atau apa yang anak sukai dan saat dia bersenang-senang, dan kemudian memasukkan kegemaran anak tersebut menjadi bahan pembelajaran.

Sebagai contoh, katakanlah anak suka memanjat pohon. Anda dapat duduk-duduk dan melihatnya memanjat pohon, atau anda dapat mengambil kesukaan itu dan mengubahnya menjadi keinginan untuk belajar dengan menunjukkan sebuah buku tentang rumah pohon, dan kemudian membantunya membuatnya. Anda bisa mengajaknya ke toko matrial untuk membeli peralatan, sehingga membantunya untuk belajar tentang alat-alat dan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk membangun rumah pohon.

Membangun rumah pohon bersama-sama dapat membantu anak anda belajar banyak tentang bagaimana merencanakan, alat apa sajakah yang diperlukan, bagaimana menentukan tempat terbaik untuk menempatkan rumah pohon, cara merancang dan membangun, bagaimana membuatnya aman dan kokoh, dan yang terbaik dari semuanya, anda bisa membantunya menikmati pembelajaran. Anda dapat membuat hampir semua aktivitas kesukaan anak anda dan mengubahnya menjadi kesempatan untuk belajar, dan membuat dia ingin belajar lebih banyak lagi.

>>  Belajar Mencintai Diri Sendiri

Pastikan tidak mencoba untuk memaksakan ide-ide anda sendiri dan minat pada anak anda, karena hanya akan mengurangi motivasi anak anda untuk belajar. Belajar kreatif sedari dini dengan tujuan mengembangkan bakat anak anda.

,

Comments are closed.