Tindakan Pencegahan Terhadap Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di antara pria dan wanita. Tips pencegahan penyakit jantung yang diberikan dalam artikel ini dapat membantu anda untuk mencegah serangan jantung.

Penyakit jantung menghabisi jutaan nyawa setiap tahun di seluruh dunia. Ada ratusan ribu orang yang menderita penyakit jantung. Tingkat kematian dini sangat tinggi di antara orang yang menderita penyakit ini. Gaya hidup modern dapat dianggap sebagai penyebab utama penyakit jantung di seluruh dunia. Ada beberapa faktor risiko yang berhubungan dengan serangan penyakit jantung. Jika faktor-faktor risiko tersebut dihindari, maka penyakit jantung dapat dikendalikan pada tahap awal atau lebih baik dicegah sama sekali.

Pencegahan Penyakit Jantung

Mengurangi berat badan
Obesitas dianggap sebagai penyebab nomor satu penyakit jantung. Orang yang mengalami obesitas berada pada risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung daripada orang normal. Oleh karena itu, jika anda kelebihan berat badan, anda harus segera mengambil langkah-langkah untuk menjaga berat badan anda dalam kisaran normal. Lemak perut, terutama membuat anda rentan terhadap penyakit jantung, hipertensi dan diabetes. Untungnya, hal itu juga merupakan bagian termudah untuk menyingkirkan lemak dari tubuh anda.

Berhenti merokok
Merokok adalah satu lagi penyebab utama penyakit jantung. Selain itu juga menghadapkan anda untuk penyakit lain seperti kanker paru-paru. Merokok menyempitkan pembuluh jantung. Dengan demikian, jantung anda harus bekerja lebih untuk memompa darah dan mengedarkannya. Selain itu juga melepaskan racun dalam aliran darah, yang menghilangkan sel-sel jantung oksigen yang berharga. Oleh karena itu, berhenti merokok sedini mungkin untuk melindungi jantung anda.

Gaya hidup
Berjalan, bersepeda, jogging atau olahraga lain dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

>>  Gejala Serangan Jantung pada Pria

Diet sehat
Diet merupakan faktor penting yang menentukan kerentanan terhadap penyakit.  Tingginya tingkat kolesterol dari makanan meningkatkan kerentanan tubuh terhadap serangan jantung untuk sebagian besar. Diet rendah lemak yang kaya buah-buahan segar dan sayuran baik untuk jantung anda.

Hilangkan stres
Stres disebut sebagai membunuh secara perlahan. Setiap kali anda menghadapi situasi stres, anda memotong beberapa detik dari kehidupan anda. Stres memiliki dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan jantung. Oleh karena itu, cobalah untuk menghilangkan stres dari kehidupan anda. Jadilah bijak sambil menangani situasi stres jika tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindarinya.

Pemeriksaan rutin
Jika anda adalah orang di atas 40 tahun, sangat disarankan bahwa anda mendapatkan pemeriksaan medis rutin/ check up setiap kali. Orang yang menderita diabetes, hipertensi harus rajin lebih dengan pemeriksaan medis mereka. Pemeriksaan teratur dapat membantu anda mendeteksi adanya gejala penyakit jantung pada tahap awal. Ini akan memungkinkan anda untuk mencari pengobatan yang tepat.

Pikiran dan tubuh yang sehat adalah kunci agar berumur panjang.

,

Comments are closed.