Cara Menulis Review Film

Kebanyakan orang lebih memilih untuk membaca review film sebelum akan menonton film. Review memberikan masyarakat apakah film ini layak untuk ditonton. Jika anda ingin menulis review film sebagai sebuah profesi, adalah penting bagi anda untuk memahami dasar-dasar dari profesi ini.

Meskipun anda adalah penggemar film, tetapi mungkin terlihat sebagai tugas yang sulit. Akan tetapi, menulis review film ini tidak begitu sulit seperti yang anda bayangkan. Apa yang anda butuhkan adalah beberapa pengetahuan dasar tentang struktur review film. Berikut adalah beberapa tips yang harus diingat sebelum menulis review film.

Cara Menulis Review Film

Penelitian
Sebelum anda menonton film, sangat penting untuk melakukan beberapa penelitian. Cobalah untuk memahami konteks film, kapan dan di mana cerita tersebut, karakter utama, sutradara, penulis naskah. Cobalah untuk mengetahui apakah itu cerita asli, cerita kehidupan, diangkat dari sebuah novel, atau sekuel dari beberapa film lainnya. Anda juga harus melakukan riset tentang karya-karya awal dari sutradara dan aktor.

Menonton Film
Langkah yang jelas berikutnya adalah menonton film. Untuk membuat penilaian yang tepat, selalu akan direkomendasikan untuk menonton film lebih dari sekali. Ini akan membantu anda memahami nuansa tertentu dari film dengan baik. Sambil menonton film, mencatat beberapa poin penting yang anda ingin sebutkan dalam review. Setelah menonton film, penting untuk membentuk opini tertentu dari film, karena ini adalah apa yang orang cari dalam review film. Anda juga harus menganalisis film untuk fakta-fakta dasar seperti komedi, tragedi, sejarah, aksi.

Mulai Menulis
Untuk memulai menulis review film, anda bisa memulai dengan garis signifikan tertentu yang diambil langsung dari film, atau anda dapat berbicara tentang trailer film. Menulis awal yang baik pasti akan membantu dalam menarik minat pembaca. Anda juga dapat membandingkan film ini dengan beberapa film lain atau dari novel.

>>  Tips Membuat Pidato Perkenalan Diri

Sinopsis Film
Tinjauan utama film harus diikuti dengan sinopsis cerita. Anda harus menggambarkan alur cerita dasar, namun tidak menyebutkan adegan penting yang membentuk inti dari film.

Menulis Review
Setelah anda selesai dengan sinopsis singkat, mulailah menganalisis film. Di sini, anda harus berbicara tentang poin positif dan negatif dari film tersebut.

Membuat Review Menarik
Kita telah membahas bahwa awal review film harus menarik, namun juga penting untuk menulis sisa dari artikel dengan cara yang sama. Anda dapat menggunakan kreativitas dengan bantuan kata sifat, metafora, analogi, kata keterangan, agar pembaca tertarik pada review film.

Kejujuran
Kejujuran adalah kualitas penting untuk menulis review film. Artikel harus mencerminkan apa yang anda rasakan tentang film. Anda harus ingat bahwa setiap manusia dapat memiliki pendapat yang berbeda tentang hal yang sama dan tugas anda hanyalah untuk menulis dari sudut pandang anda sendiri.

Anda mungkin dapat melihat-lihat contoh review melalui imdb.com. Sebuah review film yang baik akan menjadi sesuatu yang menggoda pembaca untuk menonton film.

Comments are closed.