Tips Bersepeda Santai

Bersepeda benar-benar bermanfaat bagi kesehatan kita. Bersepeda juga sebagai pembakar kalori yang sangat baik, memperkuat kaki dan banyak lagi. Anda dapat  bersepeda untuk kesehatan anda, sebagai latihan untuk menurunkan berat badan secara efektif atau untuk bersenang-senang. Bersepeda adalah cara terbaik untuk melarikan diri dari kehidupan stres dan bersenang-senang di jalan. Berikut ini adalah beberapa tips bersepeda untuk pemula.

Memilih Sepeda
Salah satu tips dasar untuk pengendara sepeda pemula adalah harus memilih sepeda yang cocok, sesuai dengan tinggi badan anda (dari tanah sampai ke selangkangan), dan jarak dari sadel ke stang sepeda. Anda perlu memeriksa berbagai jenis sepeda seperti sepeda wanita yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka atau sepeda gunung jika anda ingin pergi untuk bersepeda gunung.

Memilih Sadel Sepeda
Anda mungkin mengalami sakit pada pantat karena bersepeda. Kemungkinan besar, anda akan menyingkirkan masalah ini karena dianggap tips bersepeda santaisudah terbiasa dengan bersepeda. Memilih sadel yang tepat memainkan peran penting dalam hal ini. Sadel secara khusus dirancang untuk pria dan wanita. Wanita mungkin merasa bahwa sadel lebar akan nyaman. Tapi yang terbaik adalah untuk memeriksa sebelum anda memilih salah satu yang tepat. Bantalan sadel yang lunak adalah yang terbaik bagi pemula. Naik di sadel bantalan keras bisa sangat tidak nyaman. Jadi jika anda seorang pemula, mulailah dengan bantalan yang lunak.

Mengatur Sadel
Banyak dari anda akan mengatur sadel terlalu rendah agar terasa nyaman. Cara terbaik untuk menentukan posisi yang tepat dari sadel adalah ketika anda duduk di atas sepeda, sementara salah satu kaki berada di atas pedal dengan pedal berada di posisi putaran bawah, harus ada sedikit lekukan pada lutut, jadi lutut tidaklah benar-benar lurus 100%. Dengan cara ini akan dapat memahami apakah setelan sadel terlalu tinggi atau terlalu rendah. Membuat penyesuaian dan memeriksanya untuk mengetahui sudut yang tepat.

>>  Naik Pesawat Bersama Bayi

Memeriksa Gerakan
Setelah anda mengatur sadel, saatnya untuk memeriksa gerakan anda saat naik sepeda. Anda dapat meminta seseorang untuk melakukan hal ini dengan naik di belakang anda. Salah satu tips yang paling penting adalah – sementara anda naik sepeda, tubuh bagian atas tidak harus bergerak, hanya kaki anda yang bergerak. Anda akan melihat pengendara sepeda yang bergerak dari sisi ke sisi, ini mungkin karena sadel yang terlalu tinggi. Lutut harus bergerak maju dan mundur, tidak keluar ke samping dan kaki anda tidak melebar, keluar pada pedal.

Aksesoris Sepeda
Botol air, pompa portabel, helm, dll adalah suatu perlengkapan ketika bersepeda. Aksesoris penting lainnya termasuk sarung tangan agar pegangan tidak terasa licin.  Kenakan pakaian bersepeda berwarna cerah. Memilih bahan tipis dan bahan yang fleksibel yang menyerap keringat. Pakaian anda juga harus ketat sehingga tidak terkepak karena angin.

Memeriksa Gear Sepeda
Anda kadang-kadang mungkin mengalami masalah sakit lutut saat naik sepeda. Jika anda menggunakan sepeda dengan variasi gigi, ini mungkin karena anda memilih gigi yang lebih berat. Pindah ke gigi lebih ringan dan lihat perbedaannya.

Salah satu tips penting adalah bahwa anda harus lambat ketika pertama mulai. Bersepeda menggunakan berbagai otot dan tubuh akan perlu waktu untuk membiasakan diri dengan jenis baru, jadi jangan terlalu cepat untuk mengerahkan tubuh anda.

Tips bersepeda untuk pemula tersebut akan membantu anda mendapatkan manfaat maksimal dari kegiatan bersepeda. Anda harus melakukan perawatan sepeda secara teratur. Apapun alasan anda untuk bersepeda, ikuti tips di atas dan jangan lupa untuk bersenang-senang saat bersepeda.

, ,

Comments are closed.