Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Manfaat apel bagi kesehatan dikaitkan dengan fitonutrien, seperti epicatechin, quercetin dan procyanidin, serta mineral dan vitamin lain yang ditemukan dalam apel. Fitonutrien dalam apel melindungi kita dari berbagai penyakit seperti parkinson. Apel merupakan sumber antioksidan yang efektif dalam mencegah banyak masalah kesehatan. Kandungan nutrisi apel yang begitu tinggi membuat buah ini banyak digemari selain rasanya yang begitu segar.

Manfaat apel untuk kesehatan tulang, manfaat apel untuk diet, manfaat apel untuk sakit jantung, manfaat apel untuk diabetes, manfaat apel untuk kulit, manfaat apel untuk mengobati asma.


Manfaat buah apel

Apel sangat bergizi dan kaya akan vitamin C serta merupakan sumber terbaik flavonoid dan antioksidan. Buah apel juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Beberapa kegunaan dan manfaat apel bagi kesehatan sbb;

Kesehatan tulang
Apel mengandung flavonoid yang disebut phlorizin, yang berfungsi untuk mencegah osteoporosis pada wanita yang telah lanjut atau menopause.

Dietmanfaat apel untuk kesehatan
Apel adalah buah-buahan yang ideal untuk dikonsumsi ketika diet, karena tidak hanya membantu penurunan berat badan, tetapi juga memberikan nutrisi yang diperlukan  tubuh.

Kulit
Apel juga berfungsi untuk menunda proses penuaan. Sehingga menunda timbulnya keriput. Hal ini juga membantu melindungi kulit dari berbagai penyakit kulit. Selain itu juga membantu pertumbuhan rambut karena mengandung procyanidin B-2.

Diabetes
Isi nutrisi dalam apel dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Penyakit Jantung
Apel juga membantu untuk mengurangi kolesterol, sehingga melindungi tubuh dari penyakit jantung. 2 buah apel sehari bisa menurunkan kolesterol sebesar 15%.

Asma
Jus apel dapat mengurangi mengi pada penderita asma. Flavonoid yang tinggi dan antioksidan membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat, sehingga mengurangi frekuensi serangan asma dan alergi.

Kandungan nutrisi apel

Apel dikenal karena memiliki nilai gizi yang besar dan juga sebagai penyegar mulut alami. Sebuah apel memiliki kandungan 80 kalori, 21 gram karbohidrat, 4 gram serat makanan(larut dan tidak larut), 10 mg kalsium, 10 mg fosfor, 0,25 mg zat besi, 159 mg potasium, 8 mg vitamin C, 73 IU vitamin A dan 4 mcg asam folat.


Jus apel dan khasiatnya

Dengan membuat jus apel juga akan memperkaya tubuh dengan hampir semua jenis vitamin dan mineral penting seperti zat besi, fosfor, dan kalium.

  • Apel mengandung vitamin A yang membantu untuk meningkatkan penglihatan mata, membantu dalam penyesuaian sewaktu pencahayaan rendah. Antioksidan yang ditemukan dalam apel melindungi tubuh dari kerusakan sel.
  • Jus apel mengandung vitamin C yang membantu memperbaiki keausan sel-sel tubuh, selain itu berguna untuk meningkatkan tingkat kekebalan tubuh.
  • Pektin yang terdapat pada jus akan menenangkan usus dan juga mengatasi sembelit.
  • Jus apel berkhasiat untuk membantu meningkatkan proses pencernaan. Hal ini juga berguna menghilangkan racun yang merugikan dari tubuh kita. Sebagai akibat akan mengurangi penyakit pada hati dan ginjal.
  • Apel dan jus mengandung gula alami yang mempunyai manfaat meningkatkan tingkat energi kita.
  • Kandungan serat dalam apel juga mengurangi resiko serangan jantung.
  • Manfaat jus apel yang lain adalah tidak memungkinkan kolesterol untuk terbentuk dalam pembuluh darah.
  • Jus apel terdiri dari senyawa yang disebut fitonutrien. Senyawa ini mengurangi dampak dari LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh. LDL menyebabkan plak di dalam dinding arteri jantung yang menyebabkan aterosklerosis.
  • Karena apel kaya akan kalium, maka akan bermanfaat bagi orang tua karena mengurangi penyakit rematik atau nyeri arthritis.
  • Apel yang matang akan meningkat kandungan nutrisinya terutama di bagian kulit apel.
  • Manfaat jus apel bagi kesehatan yang lain adalah dapat dicampur dengan jus lainnya seperti wortel atau seledri.
  • Ketika apel dicampur dengan wortel dan seledri, ini tidak hanya meningkatkan penglihatan, tetapi juga mencegah tulang dari kerapuhan.
  • Penelitian menunjukkan bahwa apel mengandung sejenis ion poliatomik organik yang membantu dalam memperbaiki memori.
  • Kandungan serat dalam apel membantu memudahkan buang air besar secara teratur dan mengurangi resiko kanker usus besar.
>>  Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Apel mengandung sorbitol, sejenis gula beralkohol. Setelah sorbitol mencapai usus besar, ini bertindak dengan menarik air ke dalam usus besar, sehingga membuat tinja lebih lunak dan lebih mudah untuk keluar. Sistem pencernaan orang dewasa dapat memproses sorbitol dengan mudah, akan tetapi pada bayi dapat mengalami kesulitan untuk mencernanya. Oleh karena itu, memberikan jus apel pada bayi harus benar-benar dijaga di bawah 2 ons. Ini juga berlaku bagi orang dewasa yang mempunyai masalah karena sorbitol, sehingga harus berkonsultasi dengan dokter dahulu.

  1. Jika anda menderita sembelit ringan, minumlah jus apel dan pir segera setelah anda bangun tidur di pagi hari dan satu jam sebelum anda tidur. Buah pir memberikan serat tambahan dan mineral, vitamin, dan bahan kimia di dalamnya untuk membersihkan usus, ginjal dan juga meregenerasi sel-sel darah.
  2. Jika anda menderita sembelit kronis, campur jus apel dengan jus prune dan minum setidaknya 3 hingga 4 gelas setiap hari.
  3. Jika anda ingin mempercepat efek dari jus apel, minumlah 1 cangkir jus apel setengah jam sebelum makan dan satu jam sesudah makan.
  4. Dengan memakan apel tanpa mengupas kulitnya, hal ini berguna untuk membantu gerakan usus karena jumlah serat yang tinggi pada bagian kulit apel. Meski begitu, anda harus selalu mencuci dan membersihkannya karena kebanyakan mengandung jejak pestisida.
Sembelit pada bayi

Apakah anda tahu bahwa bayi juga mungkin saja menderita sembelit? Hal ini biasanya tidak akan terjadi pada bayi yang masih menyusu, karena ASI dapat dicerna sepenuhnya, tetapi ketika mulai makan makanan padat, masalah sembelit mungkin timbul. Penyebab lain bayi anda mengalami sembelit adalah pola makan yang memiliki kadar serat rendah. Konsumsi susu berlebihan juga dapat menyebabkan sembelit pada bayi. Yang perlu diingat bahwa sistem pencernaan bayi belum berkembang seutuhnya dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk proses pencernaan makanan.


Untuk mendapatkan khasiat buah apel untuk kesehatan secara keseluruhan, seseorang harus mengkonsumsi buah apel bersama dengan kulitnya dan tidak perlu kulitnya dibuang.  Maka itu wajib mencucinya dengan bersih sebelum dimakan, mengingat penggunaan pestisida yang sering digunakan dalam pemberdayaan buah apel.

Terlalu banyak menkonsumsi apel juga akan menyebabkan masalah. Jus apel memang dapat meringankan sembelit, namun terlalu banyak sorbitol dapat menghambat kemampuan usus untuk menyerap air dan justru menjadi penyebab diare. Oksalat yang tinggi pada apel juga berarti juga lebih mungkin untuk mendapat resiko mengembangkan batu ginjal. Namun, tingginya nutrisi dan serat makanan dalam apel, maka ini sangat bermanfaat bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan harus dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat buah dan jus apel bagi kesehatan jangka panjang.

, , ,

Comments are closed.