Teori Kepemimpinan Dalam Organisasi

Kepemimpinan dapat disebut sebagai aspek yang paling relevan dari semua aspek organisasi. Teori kepemimpinan  dibuat berdasarkan pertimbangan situasi, perilaku, kekuasaan, karisma, kecerdasan dan fungsi.

Teori kepemimpinan dalam organisasi, telah ber-evolusi dari waktu ke waktu ke dalam berbagai jenis. Setiap teori menyediakan gaya yang efektif dalam organisasi. Banyak penelitian manajemen telah menemukan solusi kepemimpinan yang sempurna. Hal ini menganalisis sebagian besar teori terkemuka dan mengeksplorasinya.

Teori kepemimpinan

Teori kepemimpinan Great Man (Pemimpin Besar)
Teori Great Man menyatakan bahwa ada dua asumsi dasar, bahwa pemimpin dilahirkan dan tidak dibuat, dan asumsi kedua adalah bahwa pemimpin besar akan muncul ketika dibutuhkan.

Teori kepemimpinan ini dikembangkan dari penelitian awal yang mencakup studi pemimpin besar. Para pemimpinteori kepemimpinan berasal dari kelas yang istimewa dan memegang gelar turun-temurun. Sangat sedikit orang dari kelas bawah memiliki kesempatan untuk memimpin. Teori great man didasarkan pada gagasan bahwa setiap kali ada kebutuhan kepemimpinan, maka munculah seorang manusia yang luar biasa dan memecahkan masalah. Ketika teori great man diusulkan, sebagian besar pemimpin adalah laki-laki dan hal itu tidak bisa ditawar. Bahkan para peneliti adalah laki-laki, yang menjadi alasan untuk nama teori tersebut ‘Great Man’.

Teori kepemimpinan sifat
Teori sifat tersebut mengasumsikan bahwa para pemimpin telah mewarisi sifat-sifat di dalamnya yang membuat orang cocok untuk menjadi pemimpin. Banyak yang mengatakan bahwa pemimpin adalah orang yang dapat sepenuhnya mengekspresikan diri sementara yang lain tidak bisa, dan ini adalah apa yang membuat mereka berbeda dari orang lain. Seorang pemimpin memiliki kombinasi yang tepat dari sifat-sifat yang membuatnya menjadi pemimpin yang baik.

Teori kepemimpinan perilaku
Setelah teori sifat, para peneliti mulai mengeksplorasi perilaku para pemimpin dan membuat asumsi bahwa sifat-sifat dan kualitas kepemimpinan tidak diwariskan, tapi dapat dipelajari dan dikuasai oleh setiap orang. Dengan demikian, teori ini berarti bahwa para pemimpin tidak dilahirkan tetapi justru para pemimpin dapat dibuat. Dalam teori perilaku, anda perlu menilai seorang pemimpin yang sukses bersama dengan tindakan pemimpin. Sebagai seorang pemimpin yang sukses, kegagalan dari seorang pemimpin juga harus dinilai dan dipertimbangkan

>>  Aktivitas Kepemimpinan pada Anak-anak

Teori kepemimpinan situasional
Para peneliti menemukan bahwa para pemimpin muncul sebagai akibat dari situasi yang berbeda. Oleh karena itu, para peneliti berasumsi bahwa kualitas kepemimpinan yang dikembangkan tergantung pada situasi. Namun, ada orang-orang yang percaya bahwa ada gaya kepemimpinan yang berbeda yang mengubah situasi. Ada tiga hal dasar dalam kepemimpinan situasional, hal pertama adalah bahwa hubungan antara pengikut dan pemimpin harus sehat. Para pengikut harus mendukung pemimpin dengan tujuannya. Hal kedua adalah bahwa tugas yang harus diselesaikan harus diketahui dengan jelas, dan pemimpin harus menetapkan tujuan sesuai tugas yang harus dilakukan. Seiring dengan tugas-tugas yang harus diselesaikan, metode dan standar untuk menyelesaikan tugas juga harus ditetapkan secara rinci, karena hal ini akan membuat dampak pada para pengikut. Hal ketiga yang penting adalah bahwa organisasi harus memberi tanggung jawab pada tugas pemimpin, karena hal ini akan memperkuat posisi pemimpin.

Teori kepemimpinan transaksional
Pemimpin transaksional tahu apa yang dia inginkan dari pekerjaan dan memastikan bahwa para pengikutnya melakukan dengan baik untuk memberikan hasil yang diharapkan. Ketika hasil yang diharapkan dicapai oleh orang-orang dalam organisasi, pemimpin harus menukarnya atau memberikan janji-janji masa depan atas usaha pengikutnya.

Teori kepemimpinan transformasional
Dalam teori kepemimpinan transformasional, orang-orang atau pengikut terinspirasi oleh pemimpinnya, dan pemimpin harus memiliki gairah dengan kepemimpinannya. Singkatnya, pengikut akan terdorong karena terinspirasi dari pemimpin dan menjadi pengikut yang berpotensi.

Di atas ini adalah semua tentang berbagai teori kepemimpinan.

 
  Incoming Keywords: teori kepemimpinan, teori kepemimpinan dalam organisasi, tentang teori kepemimpinan teori sifat, teori great man dalam kepemimpinan, teori kepe, teori kepemimpinan yang relevan, teori teori kepemimpinan

, , ,

Comments are closed.